Orientasi seksual itu ternyata ada bermacam-macam. Mungkin salah satu yang paling familiar di telinga kita adalah orientasi heteroseksual, isitilah untuk mendeskripsikan orang-orang yang tertarik dengan gender berlawanan jenis. Selain itu ada satu lagi yaitu orientasi monoseksual atau tertarik hanya kepada satu jenis kelamin seperti gay atau lesbi.

Namun selain dua jenis itu, ada lagi yang namanya orientasi poliseksual atau ketertarikan terhadap beberapa gender seperti biseksual, panseksual, dan queer. Ada pula orientasi aseksual atau tidak mengalami ketertarikan dan/atau hasrat seksual terhadap orang lain, terlepas dari gender yang dimiliki.

Beberapa nama itu mungkin masih terasa asing di telinga kita. Ya wajar saja, kita kan cuma sekumpulan “sobat sumbu pendek” yang hobinya mengutuk keras terhadap sesuatu yang sama sekali berbeda dengan prinsip kita. Hasilnya, ya kita jadi gak open minded deh.

Baca Juga: Fakta Aneh Tentang Penis Ini Pasti Kamu Gak Tahu!

Berbeda dengan kita yang tergabung dalam paguyuban sobat sumbu pendek. Banyak banget loh orang-orang di luar sana yang pinternya bukan main. Ada yang ahli robotik, kuliah di Ivy League dan jadi lulusan terbaik, sampai fasih berkomunikasi dengan tiga bahasa. Nah, orang-orang jenius ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang diidentifikasikan sebagai sapioseksual.

“Nah loh apaan lagi tuh sapioseksual? Gak boleh ini bahas beginian, dosa besar. Bahaya ini artikel pemecah bangsa!” Sabar bung sabar. Dengerin dulu baik-baik.

Sapioseksual, Cuma Suka Sama Orang PintarSource: bhub.com.ua
Sapioseksual memiliki ketertarikan khusus terhadap orang yang pintar.



Mengutip pernyataan Diana Raab, Ph.D. dari laman tirto.id, mereka yang mengaku sapioseksual akan mengatakan dirinya terangsang oleh pikiran seseorang dan cenderung terlena oleh ide-idenya. Seseorang yang digilai individu sapioseksual biasanya mempunyai pemikiran yang tajam, rasa ingin tahu yang tinggi, dan cenderung lugas saat berpendapat. Sederhananya, sapioseksual ini memiliki ketertarikan khusus kepada orang-orang pintar saja.

Baca Juga: Ini 5 Tradisi Seks Paling Nyeleneh di Dunia yang Bisa Bikin Kamu Melongo!

Saya membayangkan orang ini mungkin doyan dengan obrolan intelek seperti membahas pergerakan saham gabungan, membicarakan evolusi manusia, serta mengutip kalimat Jean Paul Sartre dengan tiga bahasa sekaligus dalam kencan pertama. Huft, kalah deh anak Jaksel.

2014 lalu, aplikasi kencan OKCupid mendaftarkan sapioseksual sebagai salah satu pilihan orientasi seksual penggunanya. Dikutip dari Vice.com Bernadette Libonate, juru bicara OkCupid mengatakan bahwa dengan memasukkan sapioseksualitas “akan menjadi cara yang menarik bagi pengguna kami yang cukup intelek untuk mencari tahu, dan menampilkan diri mereka sendiri, ke bagian lain dari situs ini.”

Ia juga mengklarifikasi secara luas bahwa penambahan opsi itu bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan tidak dimaksudkan sebagai “deklarasi luhur dari apa yang kami kenali sebagai orientasi ‘resmi’.”

Baca Juga: Yuk, Intip Perubahan Bra Cewek dari Zaman ke Zaman!

Sapioseksual, Cuma Suka Sama Orang PintarSource: www.ecosalon.com
2014 lalu, aplikasi kencan OKCupid mendaftarkan sapioseksual sebagai salah satu pilihan orientasi seksual penggunanya.


“Loh emang kenapa kalau aku cuma mau pacaran sama  cewek / cowok yang pintar?” Ya gak ada yang salah juga sih. Lagian konsep sapioseksual ini memang masih banyak diperdebatkan dan mendapat kritik. Banyak juga loh yang menganggap kalau sapioseksual bukanlah orientasi seksual beneran.

Ada yang bilang bahwa sapioseksual itu merupakan tren terburuk dalam dunia kencan. Ada juga yang bilang ukuran intelektualitas bukanlah hal satu-satunya dalam menjalin relasi.

Baca Juga: Kesalahan Mandi Ini Sering Kamu Lakukan, Tinggalkan Mulai Sekarang!

Yah begitulah, kalau saya sih setuju-setuju aja dengan kalimat terakhir. Bahwa intelektualitas itu memang penting, tapi hal itu bukanlah satu-satunya faktor untuk bisa dapetin si doi. Yang penting itu kamu bisa berlaku baik dan menunjukkan kalau kamu emang pantes buat menjalin hubungan dengannya. Udah ah saya mau lanjut swipe right swipe left dulu~