Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Wajib Ditiru! 7 Negara Kecil yang Hidup Makmur Tanpa Lilitan Utang

Aji Wibowo Sep 3, 2019 12:00 PM
Meski wilayahnya kecil, tapi 7 negara ini paling anti buat ngutang ke negara lain lho!

Bukan rahasia lagi bahwa hampir semua negara di dunia ini punya utang untuk menjalankan pemerintahannya, termasuk Indonesia. Tapi mesti diingat, utang yang didapat bukan berarti jadi sumber dana utama untuk membangun sebuah negara ya.

Terus, bisa gak sebuah negara hidup tanpa harus punya utang? Percaya atau tidak, ada beberapa negara yang ternyata masih bisa hidup makmur tanpa bantuan utang meski jumlahnya gak banyak. Bahkan kebanyakan dari negara-negara itu punya wilayah yang kecil banget.

Nah daripada penasaran dan nebak-nebak negara mana yang dimaksud, mendingan kalian langsung simak ulasan 7 negara kecil yang hidup makmur tanpa lilitan utang.


1. Anguilla


Anguilla

Source: travelandleisure.com
Anguila bisa hidup makmur tanpa lilitan hutang.

Nama negara yang satu ini memang gak familiar di telinga orang Indonesia, bener gak? Ya, negara ini letaknya ada di kawasan Karibia. Anguilla merupakan negara kepulauan yang terdiri dari lima pulau utama. Ibu kotanya sendiri bernama The Valley yang terletak di pulau Anguila. Meski ukuran wilyahnya kecil, tapi Anguila bisa hidup makmur tanpa lilitan utang dengan mengandalkan industri perikanan dan pariwisata. Keren!

Baca Juga: Negara-Negara Berikut Ini Ternyata Berada di Dalam Negara, Kok Bisa?


2. British Virgin Island


British Virgin IslandSource: uncommoncarribean.com
Untuk datang ke negara ini kalian gak perlu visa lho

Negara paling kaya di Kepulauan Karibia ini jadi terkenal setelah disebut-sebut dalam kasus Panama Papers. Dalam kasus tersebut kabarnya banyak orang yang bikin perusahaan di negara ini. Gak heran kalo sekarang British Virgin Island jadi negara paling tajir. Saking kayanya, di sana orang-orang gak perlu lagi buat bayar pajak. Bukan cuma itu, untuk datang ke negara ini kalian gak perlu visa lho.


3. Liechtenstein

LiechtensteinSource: independent.co.uk
Liechtenstein juga dikenal sebagai negara dengan tingkat pengangguran paling rendah di dunia

Negara berpenduduk hanya 35 ribu orang ini letaknya ada di perbatasan antara Austria dan Swiss. Nah luas negaranya ternyata cuma 62 mil persegi yang membuatnya jadi negara terkecil keenam di dunia.Tapi kecil-kecil cabe rawit guys. Soalnya Liechtenstein juga dikenal sebagai negara dengan tingkat pengangguran paling rendah di dunia. Bukan cuma itu, pendapatan per kapita penduduk di sana mencapai 95 ribu dollar Amerika Serikat. Jadi jangan heran kalo Liechtenstein gak butuh ngutang buat menjalankan pemerintahannya.

Baca Juga: Tahu Gak Sih? 6 Negara Ini Dulunya Punya Nama Lain


4. Macau


MacauSource: lawyer-monthly.com
Macau punya pendapatan sebesar USD 40 miliar dalam setahun

Suka lihat film-film mandarain gak guys? Kalo iya, kalian pasti udah gak asing lagi dengan Macau. Negara tetangga Hongkong ini dikenal dunia sebagai pusat judi di Asia. Bahkan banyak yang menyebut Macau sebagai Las Vegas-nya China. Gak heran perputaran uang yang sangat tinggi di sana membuat Macau punya pendapatan sebesar USD 40 miliar dalam setahun.


5. Palau


PalauSource: worldtravelguide.com
Palau dikenal sebagai surganya para snorkeling dari seluruh dunia

Palau dikenal sebagai surganya para snorkeling dari seluruh dunia. Yang bikin unik dari negara ini lantaran punya 300 pulau yang pemandangannya dramatis banget. Artinya, negara berpenduduk 21 ribu orang itu hanya mengandalkan industri pariwisata saja untuk menjalankan pemerintahannya tanpa harus punya utang ke negara lain. Luar biasa!

Baca Juga: Bisa Dicontoh Indonesia, Inilah Cara Berbagai Negara Mengolah Sampah!


6. Niue


NiueSource: consumer.southpasificislands.travel
Negara ini hanya dihuni 2.000 orang saja

Negara kepuluan ini terletak di Samudera Pasifik dan punya julukan Karang Polinesia. Negara ini hanya dihuni 2.000 orang saja. Dulunya mereka punya utang USD 14 juta ke pemerintah Selandia Baru. Tapi belum lama ini pemerintah Niue berhasil melunasi semua utangnya dan gak tertarik buat pinjam lagi ke Selandia Baru atau negara lainnya. Mantap bener!


7. Wallis and Futuna


Wallis and FutunaSource: polynesia.com
Meski kecil, negara ini paling anti buat bikin utang ke negara lain

Negara kepulauan ini letaknya ada di Samudera Pasifik, atau dengan kata lain letaknya masih tetanggaan dengan Fiji dan Samoa. Negara ini hanya punya tiga pulau vulkanis yang bernama Wallis (Uvea), Futuna, dan Alofi. Meski kecil, negara ini paling anti buat bikin utang ke negara lain.