Selama ini banyak orang mengetahui kondom atau alat kontrasepsi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan kelahiran sekaligus membantu mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Gak sedikit orang Indonesia bahkan menganggap membicarakan kondom merupakan hal yang tabu, padahal mengetahui informasi tentang kondom juga merupakan hal yang penting, khususnya untuk pendidikan seksual.

Sebagai alat kontrasepsi, kondom memiliki sejarah cukup panjang loh, Guys! Kondom mengalami evolusi dari tahun ke tahun hingga mencapai bentuk yang ada seperti sekarang. Nah berikut ini adalah penjelasan singkat tentang evolusi kondom dan fakta sejarahnya. Yuk, intip infonya!

 

1. Kondom Sudah Ada Bahkan Sebelum Masehi

Source: www.Spafe.com

Sejarah mencatat, sebuah gambar atau lukisan organ vital pria bersarung pernah ditemukan di sebuah gua. Namun masih belum jelas bahan apakah yang digunakan masa zaman tersebut untuk membungkus organ vital. Namun lukisan di goa tersebut telah memberi petunjuk bahwa kondom telah digunakan oleh manusia purba.

 

2. Kondom Berbahan Linen di Zaman Romawi

Source: www.Youngisthan.In

Ketika memasuki era akhir Masehi, sejarah mencatat bahwa kondom terbuat dari potongan linen yang kemudian dijahit dan dibentuk agar dapat menutupi organ vital pria. Kondom berbahan linen mulai dikenalkan pada zaman Romawi dan menjadi populer di zamannya.

Baca Juga: Yuk, Intip Perubahan Bra Cewek dari Zaman ke Zaman!

 

3. Kondom Pertama yang Diproduksi Massal

Source: www.pictures.4ever.eu

Kondom mulai diproduksi secara massal untuk pertama kalinya pada 1855. Nah, uniknya nih Guys kondom produksi massal pertama tersebut memanfaatkan bahan material setebal ban dalam sepeda, gak setipis yang ada sekarang.

 

4. Wajah Ratu Victoria Pernah Dipajang di Bungkus Kondom

Source: www.bigpicez.pw

Kebayang gak sih wajah seorang waktu kok bisa muncul di bungkus kondom? Kalau di Indonesia pasti udah dianggap sebagai "penistaan Ratu" tuh! Tapi hal ini memang benar terjadi loh, Guys! Jadi wajah Ratu Victoria dipajang di bungkus kondom dengan alasan sebagai sindirian dari pihak produsen kondom kepada Ratu, karena salah satu anaknya mengalami penyakit menular seksual. Kondom yang bungkusnya terpajang wajah Ratu Victoria ini diproduksi di tahun 1897.

Baca Juga: Kesalahan Mandi Ini Sering Kamu Lakukan, Tinggalkan Mulai Sekarang!

 

5. Epidemi HIV Mulai Menyebar

Source: www.medicalnewstoday.com

Epidemi HIV/AIDS yang mulai menyebar di Amerika Serikat pada 1985 memunculkan perdebatan tentang pentingnya kondom, terlebih lagi virus HIV dapat menyebar ke sesama manusia melalui hubungan seksual. Pada masa-masa ini permintaan produksi kondom semakin meningkat demi menghambat penyebaran epidemi HIV/AIDS yang sulit dikendalikan.

 

6. Terobosan Baru

Source: www.allthatsinteresting.com

Permintaan kondom yang meningkat di era 80-an memaksa produksi kondom kala itu melakukan terobosan, yakni dengan menawarkan jenis kondom baru bagi para konsumen. Mereka mengubah kondom yang sebelumnya berbahan dasar lateks, dengan variasi warna beragam, tekstur bahkan memiliki rasa.

Baca Juga: Inilah Orang Satu-satunya di Dunia yang Tercatat Sebagai Manusia Kerdil dan Raksasa Sekaligus!