Ini nih tempat mainstream dan ga mainstream yang harus kamu kunjungi kalo lagi ke Sumatera Barat. Nah kalo kamu, baik urang awak atau bukan pastinya kalo ke Padang butuh referensi tempat seru disana dong sobat Dagelan.  Mulai dari pemandangan laut sampe pemandangan gunung semua ada di Padang. Mau ke landmark-landmark di Sumatera Barat, mau ke museum-museum. Ada banyak deh sobat Dagelan destinasi yang kamu bisa datengin di Sumatera Barat. Yuk langsung aja cari tau kamu mau kemana!

 

Jam Gadang

Yaelah, destinasi ini mah ga harus orang padang yang tau, orang bule juga tau. HAHA… Tapi emang sih landmark Sumatera barat yang satu ini wajib kamu kunjungi kalo lagi mampir ke Sumatera Barat. Disana nanti kamu juga bisa mengunjungi Benteng Fort de Kock. Dibalik megahnya bangunan ini ada arsitek asli Minangkabau, Jazid Rajo Mangkuto Sutan Gigi Ameh. Pembangunannya secara resmi selesai pada tahun 1926 dengan menghabiskan dana mencapai 3.000 Gulden loh.

Bukit Langkisau

Langkisau bukik, langkisau.Bukit ini ada lagunya loh. Mungkin kenapa sampe dibuatkan lagu karena bukit ini emang mempunyai pesona yang indah. Emang bener sih, mimin kan juga pernah kesana ya, jadi ya emang Bukit Langkisau itu pemandangannya bagus banget. Kalo kita udah di puncak bukit kita bakalan liat hamparan laut luas Sumatera Barat. Ada juga pemandangan bukit-bukit lainnya. Lebih asyiknya lagi, kamu juga bisa main paralayang loh, mungkin kamu haru ngerogoh kocek lebih dalem, tapi trust me it worth. So, kalo kamu lagi ke Padang jangan lupa ke Bukit Langkisau ya.

 

Danau Maninjau

Next, kamu bisa jalan lebih ke atas lagi untuk menyambangi danau Maninjau. Danau ini berada di Agam, Sumatera Barat. Danau ini terbentuk karena aktivitas vulkanik dari gunung Sitinjau sobat dagelan. Jadi ya emang danau ini terbuat dari alam, dan pastinya punya pemandangan yang menakjubkan!
 

Danau Singkarak

Pernah denger Tour de Singkarak? Yap itu adalah event olahraga sepeda yang emang diadain di tiap-tiap negara dan daerah. Seperti Tour de Franc, Tour de Singkarak juga menyiapkan lintasan sepeda yang dibalut dengan pemandangan indah danau Singkarak. Danau ini emang menjadi ikon Sumatera Barat juga selain danau Maninjau sobat Dagelan. Jadi kalo kamu emang mau nikmatin suasana alam khas Sumatera Barat yuk langsung aja ke danau Singkarak.

 

Kelok 9

Nah ini nih destinasi  yang agak unik dan kamu bisa kunjungi di Sumatera Barat. Pernah liat poster-poster di tembok rumah makan Padang? Kadang di poster-poster ini suka nunjukin keindahan alam pemandangan dari Kelok 9. Pemandangan alam yang indah ditambah dengan konstruksi ruas-ruas jalan yang keren, makin membuat Kelok 9 indah untuk di pandang. Kelok 9 itu berada 30 km dari kota Payakumbuh dan menuju ke provinsi Riau. Jalanan  disini emang banyak berbelok gitu dan selintas terlihat berbahaya. Tapi kalo kamu jalannya santai aja kamu bakal bisa menikmati pemandangan indah alam Payakumbuh dan kota-kota di perbatasan provinsi Sumatera Barat dan provinsi Riau.

 

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung adalah peninggalan sejarah dari kerajaan Pagaruyung di Sumatera Barat. Tapi kalo kamu ke Sumatera Barat harus banget nih dateng kesini. Karena di area Istana Pagaruyung ini menyediakan penyewaannya baju adat minang dan kamu bisa berfoto di area istana dengan baju minang itu. Gimana? Padang banget kan?