Teknologi dibuat untuk membantu segala aktivitas kita jadi lebih mudah. Tapi ironisnya seiring perkembangan teknologi yang pesat, banyak kemampuan manusia yang menurun karena ketergantungan pada teknologi-teknologi ini.

Berikut adalah 5 kemampuan manusia yang pelan-pelan berkurang karena perkembangan teknologi seperti smartphone, pda, komputer, dan banyak teknologi canggih lainnya.


1. Menulis


Menulis dengan tangan akan semakin jarang kita temui di masyarakat luas apalagi kalo pekerjaan kita udah berkaitan dengan bidang komputer

Source: www.bostonglobe.com

Menulis dengan tangan akan semakin jarang kita temui di masyarakat luas apalagi kalo pekerjaan kita udah berkaitan dengan bidang komputer.


Menulis dengan tangan akan semakin jarang kita temui di masyarakat luas apalagi kalo pekerjaan kita udah berkaitan dengan bidang komputer. Untuk menulis aja udah jarang ditemui apalagi menulis sebuah surat legal dengan tangan Kamu sendiri, mungkin kemampuan itu udah hilang mulai hilang di berbagai wilayah.

Di beberapa negara, bahkan buku tulis udah gak digunakan sama sekali. Para siswa mencatat dan mendapatkan materi dari komputer atau laptop. Kalo dibandingkan dengan jaman dulu, anak-anak diwajibkan menulis sepanjang kegiatan belajar mengajar. Bahkan ada mata pelajaran khusus menulis sambung. Sekarang, setelah terbiasa menggunakan teknologi, mungkin tangan kita akan gampang pegal saat menulis dengan tangan.

Baca Juga: Kalian Udah Tau Belom Nih? 8 Teknologi Aneh yang Tidak Diketahui Banyak Orang


2. Mengeja


iPhone Autocorrect, Microsoft Word, Google adalah sedikit dari banyaknya teknologi yang menyediakan fitur memperbaiki ejaan kita

Source: www.cikancah-cyber.com

iPhone Autocorrect, Microsoft Word, Google adalah sedikit dari banyaknya teknologi yang menyediakan fitur memperbaiki ejaan kita.


iPhone Autocorrect, Microsoft Word, Google adalah sedikit dari banyaknya teknologi yang menyediakan fitur memperbaiki ejaan kita. Teknologi-teknologi ini emang banyak membantu kita dalam mengetik berbagai kata dan kalimat. Berhati-hatilah karena kalo kita terlalu mengandalkan teknologi-teknologi ini, kamu akan kehilangan kemampuan mengeja. Kita akan mulai merasa aneh dan mempertanyakan: "Apakah kata ini benar-benar dieja seperti ini?"

Bentuk sederhana lainnya di bahasa Indonesia adalah penggunaan kata baku, seperti contohnya Apotik dan Apotek, Pebruari dan Februari, walikota dan wali kota, dan seterusnya. Yakin Kamu udah benar mengeja kata-kata tersebut?


3. Kemampuan Navigasi


Kamu bisa aja tahu tempatnya tapi sayangnya Kamu gak tahu gimana memberikan arahan karena biasanya Kamu cuma perlu melihat arah yang diberikan GPS Kamu

Source: www.ramblers.org.uk

Kamu bisa aja tahu tempatnya tapi sayangnya Kamu gak tahu gimana memberikan arahan karena biasanya Kamu cuma perlu melihat arah yang diberikan GPS Kamu.


Yang dimaksud kemampuan navigasi di sini adalah seperti kemampuan membaca peta, menghafalkan tempat, mengetahui serta bisa menunjukkan arah. Beberapa dari Kamu pasti udah mendapatkan gambaran, teknologi apa yang membuat kemampuan navigasi mulai hilang dari daftar kemampuan kita. Ya, gak lain dan gak bukan adalah karena teknologi GPS baik yang ada di mobil ataupun dengan mudah bisa Kamu temukan di smartphone seperti Google Maps.

Baca Juga: PC Keren Ini Terinspirasi Dari Bentuk Gundam, Keren dan Unik Banget!

Membaca GPS emang mudah. Kamu cuma perlu mengikuti jalur atau pengarahan yang diberikan oleh aplikasi GPS. Lalu gimana kalo tiba-tiba selagi Kamu di jalan, GPS Kamu mati atau rusak? Kamu akan tersesat di jalan yang benar-benar asing bagi Kamu karena Kamu ada di sana justru karena GPS tersebut. Kasus lainnya bisa kita temukan juga saat ada orang lain yang menanyakan jalan ke Kamu, Kamu bisa aja tahu tempatnya tapi sayangnya Kamu gak tahu gimana memberikan arahan karena biasanya Kamu cuma perlu melihat arah yang diberikan GPS Kamu.


4. Matematika


Sejak kemunculan kalkulator aja, kemampuan menghitung matematika manusia udah mulai berkurang apalagi dengan banyaknya aplikasi canggih di smartphone-smartphone Kamu

Source: hardwicke.co.uk

Sejak kemunculan kalkulator aja, kemampuan menghitung matematika manusia udah mulai berkurang apalagi dengan banyaknya aplikasi canggih di smartphone-smartphone Kamu.


Ada banyak sekali aplikasi kalkulator yang bisa Kamu download, dimulai dari untuk melakukan perhitungan biasa, hingga perhitungan yang lebih kompleks. Tapi kapan sih terakhir kalinya Kamu menghitung sesuatu tanpa menggunakan kalkulator? Bagi Kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, matematika pasti akan sering Kamu temui tapi percayalah seiring Kamu terlepas dari status 'pelajar' maka Kamu akan mulai jarang melakukan perhitungan, paling cuma untuk menghitung duit dan itupun juga bisa dilakukan dengan mudah melalui debit atau kartu kredit.

Baca Juga: Mau Punya Gambar Bagus Tapi Gak Bisa Menggambar? Pakai Aplikasi Ini Saja!

Lalu gimana kalo udah mulai untuk menghitung uang kas, pajak, persentase komisi, uang tips, konversi valas, investasi balik, dan perhitungan yang lebih kompleks lainnya? Sejak kemunculan kalkulator aja, kemampuan menghitung matematika manusia udah mulai berkurang apalagi dengan banyaknya aplikasi canggih di smartphone-smartphone Kamu. Padahal kalo kita terus mempraktikkannya ternyata ada banyak cara singkat dan mudah untuk melakukan sebuah perhitungan aritmatika kompleks.


5. Mengingat Nomor Telepon


Kita bisa dengan mudah memasukkan semua nomor ke dalam aplikasi buku kontak pada ponsel kita

Source: www.techdonut.co.uk

Kita bisa dengan mudah memasukkan semua nomor ke dalam aplikasi buku kontak pada ponsel kita.


Sekarang ini rasanya repot kalo harus menghafalkan banyak nomor telepon. Kita bisa dengan mudah memasukkan semua nomor ke dalam aplikasi buku kontak pada ponsel kita. Hal ini gak ada salahnya karena emang untuk menghafalkan semua nomor telepon gak memungkinkan, tapi sadarkah Kamu bahwa sama sekali gak menghafal nomor telepon adalah hal yang sangat berbahaya?

Baca Juga: Buat Para Millennials yang Hobby Travelling, Inilah Gadget yang Wajib Kalian Miliki!

Bayangkan kalo Kamu dalam situasi yang buruk seperti tas Kamu hilang karena dicuri orang atau battery ponsel Kamu habis. Kalo Kamu menghafal beberapa nomor telepon orang terdekat Kamu maka Kamu bisa dengan mudah meminjam ponsel orang lain dan menghubungi teman atau keluarga Kamu. Tapi gimana jadinya kalo ternyata Kamu sama sekali gak mengingat nomor telepon orang lain? Cobalah untuk selalu menghafalkan segaknya 5 nomor telepon orang-orang terdekat Kamu.