Buat kalian yang generasi 90an, coba cuung tangaan? Nggak seperti zaman sekarang yang semakin canggih dengan perkembangan teknologi alias gadget, di zaman generasi anak 90an masih bebas bermain di luar ya gengs. Pokonya, bahagia itu sederhana, memainkan permainan tradisional bersama teman-teman.

Nah, kira-kira kengkawan masih inget nggak ya permainan masa kecil apa aja yang biasa dimainkan anak generasi 90an? Kalau lupa, nih simak aja ulasannya di bawah ini. Dijamin bikin kangen berat, plus bikin kita mikir "Ohh, bahagia sesederhana itu yaa". :D

1. Balon tiup
permainan masa kecil

Sumber: tokopedia

Siapa yang pernah mainin balon tiup ini? Kalau pernah dan jadi mainan favorite kengkawan, bisa jadi kita seumuruan gengs. Mainan ini biasa dijual abang-abang keliling. Dan cara mainnya gampang, tinggal keluarin cairan balonnya ke sedotan kecil, terus tiup pelan-pelan deh soalnya balonnya agak rapuh gengs kayak hati.

2. Tepok tazos

permainan masa kecil

Sumber: jempoler.blogspot.com

Kalau permainan tepok tazos ini mayoritas dimainin sama kaum adam alias laki-laki yaa gengs. Tazos ini banyak macam gambarnya gengs, jadi cara mainnya kita haris saling tepok tazos dengan kuat. Kengkawan akan kalah kalau tazosnya terbalik, dan harus menyerahkan tazosnya kepada yang menang.

3. Barbie kertas

permainan masa kecil

Sumber: vemale.com

Para ciwi-ciwi generasi 90an pasti pernah mainin boneka barbie kertas ini dong? Apa sering? Banyak yang sebut ini mainan orang-orangan kertas. Jadi ada gambar orang, bisa berwujud sailormoon atau barbie dan bisa dipakaikan baju. Bajunya macam-macam gitu deh. Kamu pernah punya?

4. Ular tangga

permainan masa kecil

Sumber: mistercheeto.wordpress.com

Nah, kalau permainan ini mungkin masih ada ya gengs, cuma pasti udah langka ditemuin. Permainan yang menggunakan dadu ini memang jadi favorite di kalangan generasi 90an. Kengkawan masih punya dan nyimpan mainan ini  nggak?

5. A B C lima dasar

permainan masa kecil

Sumber: liputan6

Kalau permainan masa kecil ini masih ada yang mainin nggak ya gengs? Padahal seru ya kalau lagi main ini. Mengasah kemampuan berpikir, siapa cepat dia dapat. Topik nya juga bisa kita yang tentukan, mau nama hewan, tumbuhan, apa artis? Sok dipilih, asal setiap orang nggak boleh nyebutin nama yang sama.

6. Layangan

permainan masa kecil

Sumber: sangnaanang.wordpress.com

Siapa nih yang pernah jadi anak layangan waktu kecil? Bahagia itu sederhana gengs, main layangan di lapangan, kalau layangan putus dikejar rame-rame keliling kampung. Main siang-siang sampai keling kulit. Tapi seru ya gengs.

7. Congklak

permainan masa kecil

Sumber: porosbumi.com

Siapa yang masih punya congklak? Biasanya sih yang main ini anak-anak perempuan ya gengs, tapi anak laki-laki juga suka kok. Main ini ga perlu strategi yaa, biar bisa menang. Asal menangnya nggak pake curang.

8. Masak-masakan

permainan masa kecil

Sumber: porosbumi.com

Cuma perlu alat-alat sederhana kita bisa main masak-masakan. Cari aja taneman liar di kebon belakang atau samping rumah, ambil terus ditumbuk-tumbuk pake tanah, air, dan batu alus. Kotor sih, tapi seru kok bagi anak perempuan.

9. Gundu

permainan masa kecil

Sumber: porosbumi.com

Permainan gundu ini biasanya yang mainin anak-anak cowok ya gengs. Kelereng alias gundu ini biasa jadi permainan favorite kapanpun. Biasanya nih cowo-cowok kalau mau main gundu, di dalem kantong celananya ada banyak gundu. Yaiyalah hahaha. Siapa yang pernah punya gundu sampe banyak?

10. Bola Sepak Kampungpermainan masa kecil

Sumber: porosbumi.com

Nah, yang terakhi ada permainan bola sepak kampung. Soalnya alat-alatnya sederhana aja, bola, sama sendal yang dijadiin gawang. Kalau nggak ada sendal bisa pakai batu atau kaleng. Terus mainnya di lapangan deh. Main sampe sore, selesai kalau udah dsuruh pulang emak. Iya kan?

Seruu banget yaa gengs permainan anak generasi 90an? Bahagia itu sederhana, main sama teman-teman di luar tanpa kendali gadget. Iya kan iya kan? Btw, kengkawan paling sering mainin permainan yang mana aja?