Wah, ayo ngaku siapa yang kalo tidur mulutnya terbuka alias mangap? Kebiasaan tidur seperti itu emang ngga kita sadari ya guys.Walaupun ngga mengganggu orang disekitar, tapi tetap aja kan malu. Nah, kebanyakan orang berfikir tidur mulutnya mangap itu karena terlalu lelah beraktivitas. Ternyata, ada beberapa alasan nih guys kenapa sih orang kalo tidur mulutnya mangap? Simak disini yuk penjelasannya.

1. Hidung Tersumbat

tidur mangap

Sumber : merdeka.com

Salah satu alasan kenapa tidur mangap ya karena hidung tersumbat. Ko bisa? Yup, saat lo sedang flu berat, maka saluran hidung jadi tersumbat dan bikin udara yang masuk ngga maksimal sesuai kebutuhan. Nah, untuk memenuhi kebutuhan udara, jadinya mulut terbuka deh supaya bisa bernapas lewat mulut.

2. Alergi Sesuatu

tidur mangap

Sumber : pengobatanalergi.com

Sama halnya dengan hidung tersumbat nih guys, buat kalian yang ternyata punya alergi nih, misalnya alergi debu, ternyata bisa jadi penyebab tidur mangap lho. Saat sehat kalian pasti bernafas lewat hidung, tapi kalo lagi kena alergi, hidung pasti akan mengalami gangguan. So, untuk menghindari kekurangan oksigen, maka tubuh akan secara otomatis membuka mulut deh supaya udara masuk.

3. Punya Amandel Besar

tidur mangap

Sumber : healthbenefits

Yuk, coba deh dicek kalian punya amandel sebesar apa? Karena ternyata punya amandel yang cukup besar bisa bikin lo tidur mangap. Amandel yang besar akan jadi sumber masalah karena bisa menyumbat saluran pernapasan. Why? Amandel yang besar ngga akan mendapatkan udara yang cukup kalo bernapas pake hidung. Nah, secara ngga sadar lo akan membuka mulut deh supaya dapat udara.

4. Punya Kebiasaan Mengisap Jari

tidur mangap

Sumber : viva.co.id

Kebiasaan mengisap jari sebenarnya banyak dilakuin sama anak-anak. Mungkin lo punya kebiasaan mengisap jari guys dari kecil? Kalo udah dewasa gini sih harusnya di ilangin yah. Mengisap jari waktu tidur juga bisa berpeluang untuk menimbulkan masalah pernapasan waktu tidur guys. Duh, masa udah gede masih ngempeng sih.

5. Kaku Otot Saat Mengunyah
tidur mangap

Sumber : finspi.com

Makanya guys kalo makan tuh ngunyahnya jangan kelamaan. Ternyata, kebiasaan tidur mangap juga bisa karena aktivitas mengunyah atau menggigit makanan terlalu lama. Lho ko bisa? Yup, hal itu akan membuat otot yang berfungsi untuk mengunyah jadi kelelahan, kaku dan kram. Nah, untuk mengistirahatkan otot, biasanya kita merilekskannya dengan melemaskan otot-otot, sehingga membuat rahang ngga menutup dan mulut terbuka deh.

6. Gusi Bengkak

tidur mangap

Sumber : sakitgigi.org

Lebih baik sakit hati apa sakit gigi? Eits, kata siapa mendingan sakit gigi? Karena ternyata sakit gigi atau ada infeksi di gusi akan membuat sel-sel dari gusi itu jadi radang dan bengkak. Nah, waktu gusi bengkak pasti terasa nyeri dong, kita pasti akan berusaha untuk mengurangi nyeri itu, nah caranya dengan merilekskan otot-otot rahang, sehingga itu lah yang bikin mulut terbuka.

Itulah alasan kenapa tanpa lo sadari ternyata lo sering tidur dalam keadaan mulut terbuka alias mangap. Kalo ada beberapa dari kalian yang mengalami dan lagi kurang sehat sebaiknya langsung periksa ke dokter, supaya tidur lo bisa lebih nyaman dan berkualitas.