Jamu perah gak ngerasa ragu kalo mau tidur dengan keadaan lampu kamar yang mati? Mulai dari yang takut gelap, suka halusinasi ada hantu, merasa sesak, atau malah jadi pusing. Itu semua beberapa hal yang bikin orang jadi males tidur dengan lampu mati. Tapi kamu tahu gak sih kalo tidur dengan mematikan lampu itu banyak banget loh manfaatnya!

Manfaat mematikan lampu kamar ketika tidur antara lain mulai dari kesehatan tubuh hingga berpengaruh juga dengan kesehatan psikologis. Mau tahu apa saja manfaat dari tidur dengan lampu kamar yang mati, Simak info lengkapnya berikut yuk, Guys!

 

1. Menambah Kekebalan Tubuh

Source: www.InfoKesehatan.com
Tidur dalam keadaan lampu kamar yang mati akan membatu tubuh memproduksi hormon melatonim untuk kekebalan tubuh.

Manfaat pertama yang bisa kamu dapetin ketika tidur dalam keadaan ruangan gelap adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh akibat dari peningkatan produksi hormon melatonin yang berdampak pada kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Melatonin merupakan hormon kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memerangi berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan prostat.

Hormon melatonin bakal diproduksi oleh tubuh secara maksimal hanya jika dalam keadaan gelap. Dengan tidur tanpa lampu, kamu gak hanya menghemat energi tetapi juga membantu meningkatkan kekebalan tubuhmu sendiri. Jadi gak perlu suplemen penambah kekebalan tubuh, cukup dengan tidur sambil matiin lampu aja udah cukup loh menambah kekebalan tubuh kamu.

 

2. Menghindari Depresi

Source: magazine.job-like.com
8 dari 10 orang yang terbiasa tidur dalam keadaan gelap memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dibanding yang tidur dalam keadaan terang.

Tidur dengan lampu yang gak menyala membuat tubuh menjadi lebih rileks. Keadaan ini membuat tubuh sepenuhnya beristirahat karena tubuh kita seharian telah beraktivitas. Sebaliknya, dengan menyalakan lampu bakal beresiko buruk terhadap perubahan stuktur otak yang dapat menimbulkan depresi. Bahkan nih kalo menurut penelitian, 8 dari 10 orang yang terbiasa tidur dalam keadaan gelap memiliki tingkat depresi yang lebih rendah dibanding yang tidur dalam keadaan terang.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Minum Air Putih atau Minum Air Mineral? Ini Faktanya!

 

3. Mencegah Obesitas

Source: www.HelloSehat.com
Tidur dalam keadaan kamar yang gelap akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Bagi yang memiliki masalah dengan berat badan, disarankan untuk menerapkan pola tidur tanpa pencahayaan, karena menurut penelitian, tidur dalam keadaan gelap ternyata dapat membantu membakar kalori yang ada di tubuh sehingga mengurangi atau mencegah obesitas. Lagi-lagi hal tersebut karena munculnya hormon melatonin yang bersifat merangsang produksi lemak beige. Lemak beige sendiri adalah jenis sel lemak yang lebih bersifat membuang kalori dibanding menyimpannya. Tak perlu susah-susah diet ketat kan? Cukup mematikan lampu kamarmu kalo mau tidur.

Baca Juga: Cokelat Bisa Memperburuk Kondisi Batuk, Mitos Atau Fakta?

 

 4. Mencegah Pikun di Usia Tua

Source: www.detikHealth.com
Tidur dalam keadaan ruangan yang terang akan membuat otak terus menerus menerima respon cahaya yang diterima mata, sehingga otak jadi kurang istirahat,

Tidur yang nyenyak serta rileks membuat kerja otak menjadi meningkat. Saat tidur dalam keadaan terang, otak cenderung bekerja terus-menerus menerima respon cahaya yang diterima mata. Itulah sebabnya otak jadi kurang istirahat. Berbeda dengan tidur dalam keadaan gelap, istirahat yang cukup bagi otak dapat meningkatkan kualitas kerja dan menghambat terjadinya pikun pada usia lanjut.

Baca Juga: Mitos Menstruasi yang Sering Diyakini Banyak Cewek, Bener Gak Sih?

Bagaimana nih, Guys masih terbiasa tidur dengan lampu kamar yang menyala? Kalo kamu takut karena matiin lampu, Kamu langsung aja inget manfaatnya tidur matiin lampu, pasti kamu tergiur deh sama manfaat-manfaatnya.