Kamu sering merasa bahwa hidup kamu kurang bahagia dan ada aja yang ga berjalan mulus seperti yang kamu harapkan. Stop nyalahin hidup kamu dan berpikir bahwa hidup kamu ga bahagia. Bisa jadi, kebiasaan-kebiasaan dan sifat negatif kamu adalah hal yang sesungguhnya menjadi penyebab hidup kamu ga bahagia. Cek beberapa kebiasaan yang bisa bikin hidup kamu terasa kurang hepi. Kalau salah satunya ada dalam diri kamu, segera tinggalkan geng!

1. Terlalu menginginkan kesempurnaan pada apapun

Source: videoblocks

Segala hal memang harus dikerjakan sebaik mungkin, tapi bukan berarti kamu jadi terbebani dengan sifat perfeksionis dan menginginkan segalanya memberikan hasil yang sempurna. Inget gaes, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Keinginan untuk membuat segala hal jadi sempurna justru hanya akan nyiksa diri kamu sendiri. Saat kamu merasa ga puas, di situ kamu juga ngerasa kurang bahagia. Coba deh bersyukur atas apa yang kamu dapatkan dan hargai diri kamu sendiri. Ini bisa bikin kamu jadi lebih bahagia lho.

2. Ga bisa bilang engga
Source: crosswalk
Aduh, yang begini ini namanya penyakit dan ga boleh kamu pelihara. Kebiasaan nge-iya-in keinginan orang lain cuma akan nambah beban kamu dan tanpa sadar kamu jadi lupa memprioritaskan diri sendiri. Selalu utamakan kebahagian dan kenyamanan diri kamu sendiri terlebih dahulu dibandingkan orang lain. Ga ada salahnya kamu bilang “nggak” saat orang lain meminta bantuanmu kalo emang kamu ga bisa. Cukup bilang “iya” untuk hal-hal yang bikin kamu ngerasa nyaman. Dengan begini hidup kamu akan jauh lebih enteng dan nyaman.

3. Berpikir kamu engga bisa melakukan sesuatu yang belum kamu coba

Source: serenitylodge

Saat kamu dalam keadaan harus mencoba sesuatu yang baru, kebiasaan ini bisa bikin kamu ga berkembang dan kehilangan rasa percaya diri. Bisa jadi kamu cuma takut doang padahal sebenernya kamu bisa. Coba ganti kata “ngga bisa” dengan “belum bisa”, jadi kamu masih bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu sebenernya bisa atau ga bisa.

4. “Nanti, nanti, dan nanti” alias menunda sesuatu

Source: govloop

Kamu harus tau kalo kebiasaan menunda sesuatu cuma bakal bikin keberhasilan kamu jadi tertunda. Gimana engga, tiap kamu harus mengerjakan sesuatu kamu selalu bilang “nanti” atau “ntar dulu ah”, padahal kalau kamu menunda sesuatu, lama-kelamaan pekerjaan tersebut akan numpuk dengan pekerjaan lainnya. Ujung-ujungnya kamu jadi stress dan ga bahagia. Belajarlah untuk lebih menghargai waktu kamu agar segala hal berjalan dengan baik dan tanpa kendala. Kamu ga mau kan, pikiran kamu terus-terusan dihantui dengan kewajiban-kewajiban yang kamu tunda melulu?

5. Membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain

Source: halomoney
Stop membandingkan apa yang kamu miliki dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Stop membandingkan apa yang orang lain alami dengan apa yang kamu alami. Kebiasaan ini hanya akan bikin kamu selalu merasa kurang dan akhirnya ga bahagia. Belum tentu orang lain yang lebih dari kamu secara kasat mata hidupnya juga bahagia. Bisa jadi ia memiliki masalah besar yang tidak kamu alami dan belum tentu kamu bisa berada di posisinya. Kamu juga ga tau perjuangan apa yang sudah ia lalui sehingga ia bisa memiliki apa yang ga kamu miliki. Bisa jadi usahanya 3 kali lebih keras daripada kamu. Dan kamu juga belum tentu bisa menjalani perjuangan yang orang lain jalani. Daripada membandingkan hidup kamu dengan hidup orang lain, lebih baik kamu interospeksi kekurangan yang ada pada diri kamu supaya kedepannya kamu bisa jadi lebih baik.