Kalimantan, salah satu pulau yang ada di Indonesia dengan banyak keindahan alam, bahkan hutan di Kalimantan disebut sebagai surga para flora dan fauna loh. Ternyata banyak tumbuhan dan hewan langka di dalam hutan Kalimantan. Tapi, tumbuhan dan hewan ini terancam punah karena isengnya manusia buat praktek ilegal. Ini dia gue kasih tau hewan langka yang ada di hutan Kalimantan.

1. Hewan Hantu (Tarsius Bancanus)

Sumber: mistiss666

Waduh, gimana tuh yak bentukannya? Keliatan lewat kasat mata gak tuh yak? Yak, ternyata ada gengs di Kalimantan, hewan ini juga bisa lo temuin di Sumatera, Bangka Belitung, dan Kepulauan Natuna. Hewan ini ternyata sejenis Karnivora yang suka makan hewan lain, kayak kepiting, laba-laba, kadal, atau serangga lainnya.

2. Katak Kepala Pipih (Barbourula kalimantanensis)

Sumber: calphotos.berkeley

Hewan yang satu ini sejenis katak Bombinatoridae, yaitu satu-satunya katak yang gak punya paru-paru. Katak ini suka ngumpet di batuan sungai, populasinya sekarang terbatas di Nanga Pinoh, Kalimantan Barat. Katak ini juga disebut akan segera punah.

3. Kucing Merah (Pardofelis Badia)

Sumber: majalahhewan

Wadaw, kayak gimana tuh kucing merah? Kalau gue sih taunya cuma nasi merah hehe. Tapi, ternyata Borneo punya kucing merah, salah satu kucing hutan yang jarang banget ditemuin. Penelitian mengatakan kalau kucing ini terancam punah karena penurunan populasi yang dipredisksi lebih dari 20% tahun 2020 karena hilangnya habitat.

4. Tupai Peminum Darah (Rheithrosciurus macrotis)

Sumber: korrespondent

Wah, jangan-jangan doi keluarga Twilight nih gengs hehe. Ternyata hewan ini adalah yang terlangka di Kalimantan, hewan ini bisa ngebunuh seekor kijang. Tupai ini berhasil terekan sebuah kamera pada malam hari di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Sampai saat ini belum diketahui hewan ini beneran suka minum darah hewan lain apa gak. Menurut lo gimana gengs?

5. Gajah Pygmy (Saintifiknya Elephas Maximus Borneensis)

Sumber: wwf

Gajah yang disebut Gajah Kerdil Borneo ini merupakan salah satu sub spesies gajah asia yang masih hidup di Kalimantan. Dari penelitian, menyebutkan Gajah ini punya kesamaan gen dengan Gajah Asia dan Gajah Sumatera. Gajah ini bisa lo temuin di wilayah Sabah bagian timur dan di utara pulau Kalimantan. Katanya, Gajah ini bisa bertahan sampe 70 tahun dan hidup secara berkelompok. Wow!

6. Ikan Ulang Uli (Eirmotus Insignis)

Sumber: spiegel

Ikan yang satu ini merupakan salah satu dari 17 ikan baru ditemukan di Pulau Kalimantan. Panjangaya 1.5 inchi bisa lo temuin di sungai kapuas, ikan ini juga susah dicari soalnya cuma ada di daerah tertentu aja.

Itu dia hewan-hewan langka yang ternyata berasal dari hutan Kalimantan. Penasaran gak sih sama bentuk aslinya gimana? Kalau gue sih pengen banget liat tuh hewan-hewan langka. Mana hewan yang pengen lo temuin gengs? Coba tulis di kolom komen :D