Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Sering Menggunakan Softlens? Hati-Hati ini beberapa bahaya Softlens!

Adrian Pratama Jan 31, 2019 8:30 AM
Softlens itu menjadi alternative tiap orang ketika ga mau menggunakan kacamata.

Softlens itu menjadi alternative tiap orang ketika ga mau menggunakan kacamata. Penggunaan softlens bisa dibilang simple dan ga merubah penampilan kita makanya banyak orang memilih menggunakan softlens.

Nah untuk penggunaan softlens itu kamu harus sadar loh bahaya-bahayanya. Makanya nih dagelan kasih tau ya beberapa bahaya penggunaan softlens untuk mata kita!

 

1. Infeksi Mata

Source : hellosehat.com
Dampak buruk softlens, menyebabkan infeksi pada mata.

Nih yang pertama itu adalah yang paling serem dari penggunaan softlens yang sembarangan. Karean penggunaaan softlens yang sembarangan itu bikin mata kamu jadi infeksi loh. Karena mata adalah organ dari tubuh yang rentan banget, kalo kamu ga hati-hati dan cermat dalam menggunakan softlens, dampaknya pun bisa parah.

Misalkan nih ketika kamu mau menggunakan softlens, kamu lua cuci tangan dan tangan kamu tuh ga steril, hal ini bisa banget menyebabkan terjadinya iritasi pada mata dan berujung infeksi. Makanya nih kalo kamu mau menggunakan softlense jangan lupa ya cuci tangan dulu atau lebih amannya, gausah pake softlens lah mendingan kacamata aja biar lebih aman.

Baca Juga: Punya Asam Lambung? Ini Cara Menjaganya Biar Gak Kambuh!

 

2. Menimbulkan Penyakit Edema

Source : alodokter.com
Penyakit edema pada mata ditandai dengan munculnya bengkak.

Penyakit ini terjadi ketika mata kita merah dan berair nih pas kamu lagi ngelepas softlens itu. Penyakit ini tuh ga nyerang mata doang loh, tapi juga bisa nyerang pembuluh darah pada mata. Penyakit ini tuh disebabkan karena mata kuranng oksigen dan kelelahan jadi bisa bikin penglihatanmu kabur pas lagi menggunakan softlens. Nah kalo kamu lagi ngalamin kondisi ini guys, kamu mendingan cepet-cepet mengistirahatkan mata kamu deh dari penggunaan softlens. Awas loh guys, jangan di anggap remeh kalo lama kelamaan dipaksain nantinya bakal merusak mata kamu. Ga mau kan pasti?

Baca Juga: Penyuka Mie Instan Wajib Baca! Inilah Mitos dan Fakta Tentang Mie Instan

 

3. Mata Terasa Kering

Source : alodokter.com
Penggunaan softlens juga menyebabkan mata kering.

Penggunaan softlens setiap hari juga akan meningkatkan kemungkinan kondisi mata terasa kering. Hal ini terjadi karena adanya penguapan air mata atau kelenjar mata yang mengering dan hal ini sering banget terjadi nih guys bagi banyak pengguna softlens. Caranya mengatasinya adalah mungkin kamu harus mengatur jangka waktu kamu dalam menggunakan softlens dan malah kamu harus mengatur juga waktunya kapan aja kamu pake softlens. Jangan tiap hari ya guys kalo bisa!

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik, Minum Air Putih atau Minum Air Mineral? Ini Faktanya!

 

4. Alergi

Source: hellosehat.com
Alergi pada mata itu gaenak guys, nah ini bisa disebabkan oleh softlens.

Ada yang makan udang terus ngerasa gatel-gatel di badannya terus dia berhenti makan udang itu. Pastinya itu karena dia sadar tubuhnya itu ga cocok untuk makan udang karena adanya indikasi dari gatal-gatal itu. Nah kalo alergi menggunakan softlens ini kadang bisa aja kamu ga sadar loh, Guys. Biasanya tuh ditandai oleh mata merah dan berair. Tapi nih, kalo itu dibiarin aja bisa bikin mata kamu jadi iritasi loh guys. Jadi kalo bisa kamu harus peka ya sama mata kamu sendiri kira kira mata kamu alergi karena menggunakan softlens itu.

Baca Juga: Perlu Gak Sih Menganti Air Rebusan Mie Instan dengan yang Baru? Ini Penjelasannya!

Nah untuk kamu yang suka pake softlens mendingan kamu gunainnya di beberapa kepentingan aja deh. Kan lumayan tuh kamu kasih waktu mata kamu istirahat dari penggunaan softlens itu.