Kadang, kamu mungkin gak membersihkan bekas kencing di kamar mandi dengan benar karena terburu-buru, atau mungkin emang karena kamu jorok. Barangkali kamu berpikir bahwa lantai kamar mandi kamu bisa bersih dengan sendirinya setelah kamu mandi. Tapi, bener gak sih?

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa air seni itu steril, sehingga Kamu bisa buang air kecil dan secara teknis masih bersih. Tapi apa bener kalo kencing di kamar mandi dan gak dibersihin itu gak papa? Ini dia penjelasannya.

Apa sih yang ada dalam air kencing?

Air kencing mengandung air, urea, urokrom, kreatinin, dan amonia

Source: www.vox.com

Selain mengandung air, air kencing manusia juga mengandung banyak hal lain, seperti urokrom, urea, kreatinin dan amonia.

Kencing kamu sebagian besar terdiri dari air, menurut Mayo Clinic. Tapi, kencing juga mengandung banyak hal lain, juga, kata Stephanie Kielb, M.D., seorang ahli urologi di Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg dalam sebuah wawancara. Beberapa kandungan kencing diantaranya adalah urea (produk limbah yang terbentuk saat tubuh kamu memecah protein), urokrom (pigmen yang memberikan warna kencing), kreatinin (produk limbah yang terbentuk karena kerusakan otot yang normal), dan amonia (senyawa yang menyebabkan kencing Kamu bau saat terlalu terkonsentrasi). Kalo kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau mengonsumsi vitamin yang bisa larut dalam air, kencing Kamu juga bisa mengeluarkannya, kata Dr. Kielb.

Baca Juga: Fakta Aneh Tentang Penis Ini Pasti Kamu Gak Tahu!

Lebih dari sekadar cairan, berbagai komponen ini bergerak dari ginjal Kamu melalui dua tabung tipis yang disebut ureter dan masuk ke kandung kemih Kamu, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional A.S. Kencing Kamu menggantung di sana sampai Kamu siap melepaskan aliran itu.


Faktanya, kencing itu gak steril

Kencing bisa aja mengandung bakteri dari kandung kemih

Source: microbiologyinfo.com

Dulu, banyak ilmuwan yang menganggap bahwa air kencing itu steril.

Dulu, banyak ilmuwan yang menganggap bahwa air kencing itu steril. Gagasan ini berasal dari kepercayaan bahwa saluran kemih (yang termasuk kandung kemih) dianggap steril, kemungkinan besar karena teknik yang digunakan untuk mendeteksi bakteri di daerah ini masih terbatas. Tapi, penelitian yang muncul menunjuk pada keberadaan microbiome pada kandung kemih, atau bakteri yang biasanya hidup dalam organ ini, kata Dr. Kielb. Sama seperti usus dan vagina Kamu yang punya mikrobioma, begitu juga saluran kemih Kamu, yang berarti beberapa bakteri ini bisa berakhir di kencing Kamu. Sebenarnya, bakteri dalam saluran kemih Kamu benar-benar bisa membantu menjaga bagian tubuh Kamu tetap sehat, seperti halnya bakteri pada usus dan vagina Kamu.

Tapi, kalo Kamu punya masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih (ISK), bakteri itu juga bisa masuk ke kencing Kamu, David Kaufman, MD, direktur Central Park Urology, sebuah divisi dari Maiden Lane Medical dan asisten profesor Urologi Klinik di Sekolah Kedokteran Weill Cornell.

Baca Juga: Mitos atau Fakta? Kebiasaan Jorok Ini Sering Dilakukan Berdasarkan Zodiak


Apa bakteri yang keluar bersamaan dengan kencing itu berbahaya?


Bakteri dari kencing Kamu bisa masuk ke kulit terbuka di daerah kaki Kamu dan menyebabkan infeksi

Source: www.thoughtco.com

Bakteri dari kencing kamu bisa masuk ke kulit terbuka di daerah kaki dan menyebabkan infeksi.

Bakteri dari kencing kamu bisa masuk ke kulit terbuka di daerah kaki dan menyebabkan infeksi. Misalnya, selulitis, infeksi kulit bakteri umum yang biasanya mengenai kaki, bisa terjadi saat bakteri Staphylococcus masuk ke sistem tubuh Kamu melalui kerusakan pada kulit Kamu, menurut Mayo Clinic. Dan, bakteri tertentu juga diketahui bisa menyebabkan ISK.

Kamu mungkin berpikir kalo Kamu gak punya luka di kaki kamu, tapi setelah kamu menggosok kulit Kamu dengan exfoliator, itu bisa menyebabkan luka super kecil yang gak berasa tapi bisa jadi pintu masuk bakteri. Begitu juga selepas melakukan waxing di kaki.

Baca Juga: Seberapa Sering Kamu Harus Mandi? Ini Dia Penjelasannya!


Gimana cara mencegah masuknya bakteri dari kencing ke dalam tubuh?

Bersihkan bekas kencing dan sabuni kaki setelah kencing

Source: www.rd.com

kamu harus membiasakan membersihkan bekas kencing kamu.

Untuk mencegah hal-hal tersebut di atas, kamu harus membiasakan membersihkan bekas kencing kamu. Bahkan kalo kamu kencing di atas closet, kamu juga perlu membersihkan area lantai di sekitarnya karena bisa aja terkena cipratan air kencing.

Selain itu, sabuni kaki dan anggota tubuh lain yang terkena air kencing. Jangan sampai kamu menjaga kebiasaan jorok kamu ya.

Baca Juga: Kesalahan Mandi Ini Sering Kamu Lakukan, Tinggalkan Mulai Sekarang!