Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Selamat Hari Pramuka! Ini 10 Tali Temali Pramuka yang Berguna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Harsodo Widhastomo Aug 14, 2017 8:18 AM
Tali temali didalam pramuka adalah salah satu teknik atau cara untuk kita mengenal lebih jauh tentang cara untuk memanfaatkan tali saat mengikat pada suatu benda.

Tali temali memang gak lepas dari kehidupan seorang manusia gengs. Kalo gak pernah ngiket-ngiket barang, minimal seorang manusia dalam hidupnya pasti pernah membuat simpul tali di sepatu.

Dalam kegiatan Pramuka, tali temali gak bisa lepas gengs. Tali temali didalam pramuka adalah salah satu cara untuk kita mengenal lebih jauh tentang cara untuk memanfaatkan tali saat mengikat pada suatu benda dengan teknik ikatan khusus yang menjadikan fungsi dan kegunaan tali pada benda menjadi lebih maksimal.

Nah memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada 14 Agustus, ada info bagus buat kengkawan semua nih. Gue bakal ngasih tau beberapa simpul tali temali Pramuka yang berguna buat kehidupan sehari-hari. Cekidot gengs! :D

1. Simpul Barrel Hitch

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini digunakan untuk mengangkat benda berupa tong, ember, dll. Dimana tong tersebut memiliki tempat pengikat di lehernya.

2. Simpul Bowline (Simpul Tiang)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul Bowline atau simpul tiang telah digunakan di seluruh dunia gengs. Jenis simpul ini mudah berubah dan mudah untuk membukanya ketika tidak ada beban (terutama di beberapa tali sintetis), apabila salah membuatnya dapat membahayakan.

Dalam membuat simpul ini, penting untuk membuat simpul kancingan di ujung bebas untuk menjaga kemungkinan simpul ini terbuka.

3. Simpul Clove Hitch (Simpul Pangkal)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini di Indoneisa dikenal dengan simpul pangkal. Simpul ini merupakan simpul yang mudah untuk mengikat sesuatu, dan merupakan salah satu simpul yang paling sering digunakan terutama sebagai jangkar, pembuatan tenda, pembuatan pionering dan simpul di belay-up.

Yang perlu diingat jangan membuat simpul dua atau lebih ke satu Carabiner. Cara yang benar untuk klip pada simpul adalah dengan beban tali terdekat dari belakang Carabiner.

4. Ikatan Diagonal (Cross) Lashing (Ikatan Silang)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Di Indonesia dikenal dengan istilah ikatan silang. Kegunaan dari ikatan ini adalah untuk menautkan dua buah tongkat atau kayu yang psosisinya bersilangan.

5. Simpul Figure 8 (Simpul Delapan)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini bisa dibilang sebagai simpul pengunci karena sulit sekali untuk dibuka, apalagi dengan tali yang tepat. Simpul ini kadang-kadang digunakan mengikat barang biar tidak gampang lepas gengs.

6. Simpul Double Fisherman’s (Simpul Nelayan)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini sebenarnya paling berguna buat kehidupan gengs, tapi jarang banget orang lain tau. Simpul inidigunakan untuk menggabungkan dua tali. Biasanya digunakan para pendaki gunung dan yang paling sering untuk menyambung senar pancing.

7. Simpul Marlinspike Hitch

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini digunakan untuk membuat tangga sederhana. Biasanya anak-anak pramuka menggunakannya untuk post pemantau, sebagai alat bantu naik dan turun.

8. Simpul Midshipman’s Hitch

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Simpul ini banyak digunakan untuk menarik sesuatu. Misalnya menarik mobil yang mogok dan lain sebagainya.

9. Ikatan Round Lashing (Ikatan Canggah)

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Ikatan canggah digunakan untuk menyambung dua buah tongkat secara lurus.

10. Simpul Square Knot

tali temali pramuka

Sumber: animatedknots.com

Sama seperti sebelumnya simpul ini digunakan untuk menyambung 2 utas tali, bahkan yang tidak sama besarnya gengs.

Nah itu tadi beberapa simpul tali temali Pramuka yang berguna buat kehidupan sehari-hari gengs. Gimana? Udah ada bayangan mau ngiket apa? Ngiket pacar biar gak disikat orang lain juga bisa. :D