Selamat hari batik nasional kengkawan yang ada di nusantara. Untuk memperingati salah satu warisan budaya asli Indonesia, berikut ini kita kasih buat kalian semua 6 motif batik yang paling populer di tanah air. Hmmm kira-kira kayak apaan penampakannya? Kuy langsung aja kita simak sama-sama yang berikut ini.

1. Batik Pekalongan 

batik

Sumber : indonesiaheritage

Yang pertama ada batik motif dari kota Pekalongan. Ciri khas yang paling kentara dari batik Pekalongan adalah dominasi bentuk-bentuk flora dan fauna.

2. Batik Solo

batik

Sumber : spiritofjava

Berikutnya ada batik Solo. Untuk mengetahui batik Solo gampang banget gengs. Hal itu terciri dari warnanya yang kecoklatan dan gambarnya yang bergelombang layaknya sungai Bengawan Solo yang memberikan ketenangan. Siaaap

3. Batik Keraton

batik

Sumber : historyofbatik

Nah batik yang satu ini gak bisa dipake sama rakyat jelata cuy. Yang boleh menggunakan batik keraton hanya Sultan dan keluarganya saja. Namun ente jangan bekecil hati dulu, belakangan, peraturan tersebut dicabut dan rakyat biasa sudah boleh memakai motif ini.

4. Batik PGRI

Batik

Sumber : tokopedia

Batik populer berikutnya adalah batik PGRI cuy. Gimana gak populer, orang batik ini biasa dipake sama guru-guru di semua jenjang pendidikan.

5. Batik SD

batik

Sumber : tokopedia

Buat kengkawan yang menjalani sekolah dasar pasti udah gak asing sama batik yang satu ini. Yup, batik SD adalah salah satu batik populer karena dipake hampir oleh seluruh anak sd di Indonesia.

6. Batik Bola

batik

Sumber : tokopedia

Walau usianya masih muda dibanding batik-batik yang sebelumnya, namun batik bola ini langsung populer karena banyaknya pecinta sepakbola di tanah air. ngaku deh, siapa diantara kalian yang pernah punya batik bola?

Nah itu barusan 6 jenis batik yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dari 6 batik tersebut, mana yang jadi favorit kengkawan?