Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Sebentar Lagi Bulan Ramadhan, Ini Dia 6 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama

Yasmin Shafiyyah May 20, 2017 3:00 AM
Nih, tengok nih deretan negara di berbagai dunia yang punya waktu puasa terlama! Kalau di Indonesia cuma butuh waktu sekitar 14 jam.

Halloo gengss! Siapa di sini yang sudah nggak sabar mau puasa? Sabar gengs, tinggal hitungan hari kok kita masuk bulan Ramadhan. Tapi kalau sudah masuk bulan Ramadhan, puasanya jangan males-malesan ya, jangan banyak ngeluh haus lah, laper lah. Jangan sampai akhirnya siang-siang tengah hari bolong melipir ke warung tegal alias warteg. Jangann!

Biar tetap semangat dan nggak ngeluh, mending simak dulu ulasan di bawah ini. Ulasan apa tuh? Nih, tengok nih deretan negara di berbagai dunia yang punya waktu puasa terlama! Kalau di Indonesia cuma butuh waktu sekitar 14 jam, kalau negara ini butuh waktu berapa lama ya untuk buka? Kuy dapetin jawabannya di bawah, cekidot!

1. Turki (18 jam)

puasa terlama

Sumber: pexels.com

Turki ini waktu sahurnya nggak beda jauh sama Indonesia gengs, yaitu pukul 3 dini hari. Tapi, yang membedakan adalah waktu berbukanya. Kalau di Indonesia sudah berbuka pada sekitar pukul 6 sore, kalau di Turki pukul 9 malam! Jadi, waktu puasa di sana sekitar 18 jam gengs! Lumayan lama ya. Kengkawan kira-kira kuat nggak ya?

2. Jerman (18 jam)

puasa terlama

Sumber: pexels.com

Senada dengan Turki, Jerman juga memiliki waktu sahur yang sama kayak di Indoesia gengs, yakni dimulai sekitar pukul 4 pagi. Tapi, lagi-lagi yang membedakan adalah waktu berbukanya. Kalau di Indonesia berbuka puasa pukul 6 sore, di Jerman baru bisa berbuka pukul 10 malam gengs. Duh, kita mah jam segitu udah kekenyangan ya.

3. Alaska (20 jam)

puasa terlama

Sumber: unplash.com

Kalau Turki dan Jerman harus menunggu 18 jam untuk berbuka, lain lagi dengan Alaska yang memiliki waktu 20 jam berpuasa! Lama banget yaa gengs. Saat musim panas, warga muslim harus berpuasa dalam waktu 20 jam. Tapii katanya kalau sedang musim dingin, puasa di Alaska hanya butuh waktu 5 jam loh gengs!

4. Swedia (20 jam)

puasa terlama

Sumber: pexels.com

Warga muslim yang tinggal di Swedia harus menjalani puasa dengan tantangan yang cukup berat loh gengs! Kenapa ya? Karena waktu puasa di Swedia bisa memakan waktu hingga 20 jam! Nggak cuma itu, populasi umat muslim di sana juga hanya berjumlah 5% dari total populasi. Perjuangan banget ya puasa di sana.

5. Islandia (22 jam)

puasa terlama

Sumber: pexels.com

Ada lagi yang lebih lama gengs, yakni Islandia. Negara yang terkenal dengan Auroranya yang indah plus dinginnya ini memiliki waktu puasa selama 22 jam! Jadi kalau kengkawan mau liburan ke Islandia mendingan jangan pas bulan puasa yaa. Tapi, kalau kuat puasa 22 jam sih nggak apa-apa.

6. Finlandia (23 jam)

puasa terlama

Sumber: helsinki.fi

Yang terakhir ada Finlandia gengs. Finlandia disebut sebagai salah satu negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Di negara ini kengkawan bisa puasa hingga 23 jam 5 menit! Hampir seharian! Umat muslim di sini harus sahur mulai pukul 1 dini hari dan berbuka pukul 12 dini hari! Kebayang dong betapa sulitnya puasa di negara ini?

Mulai dari 18 hingga 23 jam waktu puasa terlama di dunia gengs! Kalau di Indonesia masih banyak yang budim alias buka diem-diem, gimana kalau puasa di negara-negara atas ya gengs. Nggak boleh begitu yaa!