Indonesia emang terkenal banget dengan keindahan alamnya dan kekayaan budayanya. Selain ada berbagai macam keindahan alam seperti gunung dan laut, ternyata ada juga danau yang indah. Ini dia gue kasih tau danau terindah dan unik yang ada di Indonesia. Kira-kira ada danau dari kampung lo gak nih gengs? Coba yuk lokit!

1. Danau Labuan Cermin

Sumber: KSMTour

Pemandangan danau ini bakal memanjakan mata lo gengs, bayangin aja lo bisa ngaca di airnya sangkin jernihnya. Danau ini ada di desa Batu Putih, Berau Kalimantan Timur. Airnya beneran kinclong mengkilap, danau ini juga disebut Mirror Lake. Selain jernih, danau ini punya dua jenis air, yaitu air tawar dan air asin. Hebatnya dua jenis air ini gak kecampur loh.

2. Danau Satonda

Sumber: ntbtimes

Danau yang ada di tengah pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat ini juga gak kalah indah gengs. Bahkan sampe ilmuwan asal Eropa meneliti danau ini, mereka menyebutkan danau ini memiliki fenomena langka karena airnya yang asin banget dan disebut jauh beda dengan air laut pada umumnya. 

3. Danau Sentarum

Sumber: nuswantaranews

Danau yang terletak di sebelah cekungan sungai Kapuas ini membentang menuju laut China Selatan. Danau ini disebut sebagai danau musiman karena saat musim hujan danau ini akan terendam air, kalau musim kemarau danau ini jadi kering banget sampe ditumbuhi rerumputan.

4. Danau Diatas dan Danau Dibawah

Sumber: vebma

Lah begimana ceritanya ini nih? Yak, ternyata emang ada! Danau ini ada di pinggir jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kawasan ini ada dua danau yang disebut danau diatas dan danau dibawah. Buat lo urang awak, lah pai ka danau ko? hehe sok ngarti dah gue.

5. Danau Pagaralam

Sumber: pinterest

Danau yang satu ini beda dengan danau lainnya, danau ini memilik air berwarna merah darah, serem yak. Tapi, tenang aja itu bukan darah asli kok gengs, kalau lo coba ciduk airnya, airnya tetep kayak warna air pada umumnya. Danau ini berlokasi di perbukitan Raje Mandere, perbatasan antara kota Paragalam dan Kaur, Propinsi Bengkulu. Orang Bengkulu ada yang pernah main ke danau ini?

6. Danau Kakaban

Sumber: pinterest

Kalau yang satu ini disebut air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, Derawan, Kalimantan Timur. Danau ini merupakan prasejarah zaman peralihan Holosin. Danau dengan dinding karang setinggi 50 meter ini yang ngejebak air laut jadi gak bisa balik lagi ke laut. Letaknya pun disekeliling laut loh, coba yang orang Kalimantan pernah main kesana gak?

7. Danau Kelimutu

Sumber: vebma

Keindahan danau ini juga gak kalah keren dengan danau lainnya. Letaknya di Taman Nasional Kelimutu, Bali. Wilayah ini punya danau yang warna airnya indah banget, bisa jadi warna biru, hijau, bahkan hitam, kadang bisa juga jadi warna putih, merah, dan biru, sampe ke coklat tua. Unik banget kan danau ini:D

Ternyata banyak juga danau indah yang ada di Indonesia ya, emang deh bangga banget tinggal di Indonesia yang punya kekayaan dan keindahan alam menakjubkan. Ada danau dari kampung lo gak disini? Kalau ada, ajak-ajak dong main ke danau, asal bukan danau taman mini aja yak hehe.