Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Sahabat-Sahabat Kamu Berantem? Gini Caranya Biar Tetep Netral dan Masalahnya Selesai

Nurus Sobah Feb 4, 2019 4:15 AM
saat sahabat berantem.

Sama seperti semua jenis hubungan lainnya, persahabatan juga bisa mengalami krisis. Pasti ada saatnya kamu dan sahabatmu berantem. Alasannya bisa macam-macam, mulai dari hal remeh temeh, sampai hal yang menyangkut prinsip.

Berantem dengan sahabatmu emang gak pernah menyenangkan, tapi itu pasti terjadi. Yang lebih buruk lagi adalah saat dua teman baik Kamu berantem dan Kamu terjebak di antaranya. Gak. Nyaman. Banget. Akan mudah untuk memihak atau mengabaikan keduanya, tapi itu cuma akan membuat masalahnya jadi lebih rumit. Itu juga bisa membuat teman-teman kamu merasa tersakiti.

 

1. Selalu Ada Untuk Keduanya

Source: lorileoauthor.com

Salah satu hal terburuk yang bisa Kamu lakukan dalam situasi ini adalah memilih salah satu pihak.

Salah satu hal terburuk yang bisa kamu lakukan dalam situasi ini adalah memilih salah satu pihak. Jangan lakukan itu, bahkan kalo kamu udah mengenal salah satu dari mereka lebih lama atau lebih menyukainya. Kunci untuk tetap netral dalam perkelahian adalah mendengarkan cerita dari kedua belah pihak. Kamu harus memastikan bahwa kamu gak pernah mengatakan hal buruk tentang salah satu dari mereka pada yang lain. Itu Cuma membuat mereka semakin marah karena dibicarakan di belakangnya.

 

2. Beritahu Mereka Gimana Pendapatmu tentang Situasi Itu

Source: thoughtcatalog.com

Kalo pertengkaran mereka membuat Kamu gak nyaman, bicaralah.

Kamu harus jujur pada mereka. Kalo pertengkaran mereka membuatmu gak nyaman, bicaralah. Karena mereka adalah temanmu, mereka juga pasti mau kamu bahagia, sama seperti yang kamu harapkan untuk mereka. Bicara pada mereka tentang perasaan kamu, beri tau mereka bahwa kamu terluka karena mereka berantem. Membuat mereka bicara tentang perasaan mereka dengan cara yang positif adalah hal yang baik.

Baca Juga: Lagi Berantem Sama Temen? Ini Cara Minta Maaf yang Baik ke Temanmu

 

3. Jangan Menghindar

Source: www.shawmindfoundation.org

Tetap netral bukan berarti Kamu cuma diam, rileks, dan membiarkan mereka berantem.

Tetap netral bukan berarti kamu cuma diam, rileks, dan membiarkan mereka berantem. Melakukan hal itu membuktikan bahwa kamu bukan teman yang baik. Gimana perasaan kamu kalo Kamu berantem dengan salah satu dari mereka dan kemudian yang lain benar-benar mengabaikan perasaan kamu saat kamu membutuhkan bantuan? kamu kesel, kan? Kembali ke poin ke 1, kamu harus ada untuk mereka berdua. Mereka mau membicarakannya, jadi jadilah pendengar yang baik.

Baca Juga: Apa yang Harus dan Jangan Kamu Katakan Pada Teman yang Baru Putus

 

4. Jangan Jadi Provokator

Source: nchschant.com

Kamu gak boleh jadi provokator bagi keduanya, karena akan semakin memperburuk keadaan.

Walaupun kamu mau mendengarkan dan ada untuk mereka, kamu gak boleh jadi kompor, nambah masalah jadi lebih rumit. Kamu mungkin menganggap argumen kamu gak berpengaruh, tapi itu bisa berubah jadi sesuatu yang lebih kalo kamu gak meredam pertengkaran secepat mungkin. kamu harus selalu bicara positif tentang masing-masing dari yang lain. Mereka akan segera menyadari bahwa mereka berdua sama-sama salah dan sadar.

Baca Juga: Kehilangan Teman dan Sahabat dalam Hidup Itu Wajar, Ini 5 Alasannya!

 

5. Ajak Mereka Hang out atau Sekedar Nongkrong Bareng

Source: thismumslife.com

Minta mereka untuk hang out bareng-bareng

Kalo semuanya gagal, minta mereka untuk hang out bareng-bareng. kamu mungkin harus memaksa supaya mereka mau, tapi lakuin aja dengan santai. Undang mereka berdua untuk nongkrong di tempat Kamu tanpa memberi tahu yang lain. Mereka pasti akan marah pada kamu, tapi seenggaknya kamu bisa berada di sana untuk menengahi dialog antara mereka berdua. Mintalah mereka untuk membicarakannya dan mengingat masa-masa bersama mereka.

Baca Juga: Jangan Takut Keluar Dari Lingkaran Pertemanan Yang Memberikan Pengaruh Negatif