Siapa sih yang gak suka makan mie instan? Apalagi kalau cuaca lagi turun hujan atau langit lagi mendung-mendung syahdu. menyantap mie instan dengan kuah yang hangat pasti jadi tambah nikmat! Tapi ada dua jenis orang ketika memasak mie instan, khususnya yang berkuah, ada yang membuang sisa air rebusan mie dan menggantinya dengan air rebusan baru, ada juga yang gak mengganti air rebusan mie. Nah kalau kamu termasuk yang mana, Guys?

Mitos mengganti air rebusan sisa mie instan dengan air rebusan yang baru udah banyak berkembang di masyarakat, bahkan gak sedikit yag percaya kalau air sisa rebusan ini memiliki kandungan lilin yang bisa memicu penyakit kanker kalu dikonsumsi. Apa bener kayak begitu?

Source: www.cookpad.com
Ada dua pendapat yang berbeda dari para ahli mengenai perlu atau nggaknya mengganti air sisa rebusan mie instan ketika kita memasaknya.
 

Baca Juga: Daftar Mie Instan Paling Enak di Dunia, Nomor 1 dari Indonesia!

Ada dua pendapat dari para ahli yang berbeda mengenai hal ini, ada yang mengatakan air rebusan mie instan sebaiknya diganti, ada pula yang mengatakan air sisa rebusan mie instan itu masih aman untuk dikonsumsi. Pakar kesehatan dan nutrisi bernama Leona Victoria Djajadi, MND mengatakan ada baiknya kita membuang air yang direbus bersama mie instan dan menggantinya dengan ar rebusan baru, menurutnya hal ini dikarenakan air rebusan sisa mie instan dikhawatirkan mengandung sisa pewarna, sehingga membuat air rebusan tambah lebih kuning.

Pendapat berbeda diutarakan oleh Prof. Dr. Hardinsyah, MS, selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor, menurutnya air rebusan mie instan ada baiknya jangan dibuang dan diganti dengan yang baru sebelum dinikmati. Pasalnya ada beberapa vitamin di dalam terigu yang larut ke dalam air ketika dimasak.

Sementara itu Julia Atman, General Manager Noodle Division mengatakan, bila mie instan yang dikonsumsi merupakan jenis mie goreng, otomatis air rebusan memang harus dibuang. Namun di dalam bumbu terdapat vitamin tambahan sebagai pengganti vitamin yang terbuang dengan air rebusan tersebut.

Baca Juga: Berani Makan Kuliner Ekstrem dari China Ini? Ada Cakar Buaya Juga!

Source: www.jungle-jack.com
Menambahkan sayuran ke dalam mie nstan dianggap dapat melengkapi gizi dan protein tubuh ketika mengkonsumsi mie instan. 

Prof Hardinsyah menambahkan, memang idealnya ketika seseorang mengonsumsi mie instan harus dilengkapi dengan sayuran dan protein. Agar gizi dalam tubuh dapat terpenuhi. Juga, selama produk tersebut sesuai dengan izin BPOM aman dikonsumsi sampai batas masa kedaluwarsanya habis.

Baca Juga: Pecinta Bakmi Wajib Coba, 7 Rekomendasi Bakmi Enak dan Melegenda di Jakarta!

Kalau kamu termasuk tipe yang mana nih, Guys ketika membuat mie instan? Tipe yang mengganti air rebusan mie dengan yang baru, atau membiarkan air rebusan mie instan untuk tetap kamu konsumsi? Yang pasti sih, makan mie instan emang enak banget kalau lagi hujan-hujan, setuju?