Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Perhatikan Baik-Baik, Ini 5 Cara Mudah Bikin Foto Bagus!

Evi Elfira May 10, 2017 4:00 AM
Karena dunia fotografi makin banyak penggemarnya, banyak juga yang selalu nyoba bikin foto bagus. Engga perlu ikut kelas fotografi kok, ada 5 cara mudah buat bikin foto yang bagus.

Karena dunia fotografi makin banyak penggemarnya, banyak juga yang selalu nyoba bikin foto bagus. Engga perlu ikut kelas fotografi kok, ada 5 cara mudah buat bikin foto yang bagus. Ikut kelas fotografi emang jadi solusi yang tokcer buat jadi fotografer handal. Tapi kalau kamu cuma berharap bisa bikin foto yang bagus, simak nih 5 cara mudah bikin foto yang bagus. Cekidot :D

1. Beralih Ke Prioritas Aperture

foto bagus

Sumber : digital-photography-school.com

Tombol utama di atas kamera kamu pasti ada pilihan yang disebut 'Av' atau 'A', tergantung kamera kamu. Ini dikenal sebagai 'aperture priority'. Mode ini ngasih kamu kombinasi foto bagus nan sempurna dari eksposur yang layak dan kontrol yang kreatif. Satu-satunya momen buat ngindarin pengaturan yaitu pas pemandangannya lagi cerah banget, atau gelap banget. 

Kalau kamu engga puas sama pencahayaannya, kamu bisa pakai pengaturan kamera eksposur biar jadi lebih terang atau lebih gelap. Ini biasanya dikontrol pakai tombol +/- atau roda putar yang besar, tapi periksa juga di buku petunjuk gimana cara pakainya buat model kamera kamu. Kamera cenderung bikin gambar yang terang banget atau terlalu gelap.

Sebagian besar kreativitas dalam fotografi yaitu nyesuaiin aperture buat mastiin kurang atau lebihnya fokus foto. Keindahan prioritas ap aperture yaitu kamu bisamilih aperture yang dimau, dan kamera bakal milih speed yang sesuai buat ngedapatin eksposur yang tepat. Walau cahayanya berubah pas kamu lagi nyusun foto, aperture engga bakal berubah, cuma speednya yang berubah. 

Yang perlu kamu ingat, semakin rendah angka aperture (f / 4 misalnya), semakin sedikit gambar yang bakal fokus. Kamera malah punya cara yang beda buat ngelakuin hal yang sama. Pas kamu mulai fotografi, penting buat ngejaga biar tetap sederhana. Artinya, mahamin apa yang engga perlu kamu khawatirin. Terus pakai prioritas aperture berarti kamu punya satu tombol yang engga perlu dikhawatirin.
 
2. Gimana Caranya Ngindarin Foto Buram

foto bagus

Sumber : digital-photography-school.com

Salah satu masalah yang paling umum dialami fotografer baru yaitu foto buram yang disebabin sama speed focus yang lambat. Buat ngatasinnya, speed kamu perlu lebih cepat daripada panjang fokus lensa Anda. Jadi, kalau kamu pakai lensa 17-70mm dan kamu ngatur lensa ke 70mm, berarti kamu butuh speed rana minimal 1/70 detik. Kalau kamu kecilin ke ukuran 17mm, kamu butuh speed 1/14 detik. Perhatiin, karena ini speed paling lambat ini bisa kamu pakai selama kamu dan subjek engga bergerak. 

Jelas banget kalau speed kamu bisa selama yang kamu suka kalau pakai tripod, kecuali subjek kamu bergerak. Kamu bisa bikin efek foto bagus pakai tripod buat moto pemandangan di mana bagian dari lansekap bergerak. Misalnya: air mengalir, pepohonan di angin, lampu mobil, awan dan lain-lain.

Kalau speed kamu terlalu lama, kamu bisa bikin aperture yang lebih besar buat bikin lebih banyak cahaya masuk ke kamera. Pilih 'f number' yang lebih kecil (f / 4 dan bukan f / 8 misalnya). Kalau kamu udah dapat nomor terkecil, atau kamu engga mau nurunin karena sedikit dari foto kamu bakal fokus, maka kamu butuh opsi lain. Pilih ISO yang lebih tinggi dan simpan aperture yang sama seperti sebelumnya. Sekali lagi, prioritas aperture bakal mastiin eksposur tetap benar kecuali pemandangan secara keseluruhan sangat gelap atau sangat terang.

3. Semakin Dekat Tapi Rapi

foto bagus

Sumber : digital-photography-school.com

Hampir setiap fotografer mulai motret sesuatu dari tempat yang jauh banget. Mereka bakal bikin potret di mana orang tersebut punya area kosong yang luas di sekitar mereka. Mungkin ini karena kebanyakan orang engga nyaman dipotret, dan kebanyakan fotografer baru ngerasa gugup berdiri di dekat orang yang dipotret. Lensa yang lebih panjang bisa ngebantu banget. 100mm atau lebih ngasih kamu buat berdiri di luar ruang pribadi seseorang, tapi masih dapat gambar yang rapat.

Tepat sebelum kamu nekan tombol shutter, ingat buat meriksa apa hal yang engga dimauin dan pertimbangin apa subjek utama kamu bagus dan menonjol di gambar. Otak kita sering nipu kalau kita senang sama sesuatu, dan bikin itu kelihatan besar dari yang sebenarnya. Lihat latar belakang dan pertimbangin apa bisa lebih rapih. Kalau kamu engga bisa memindahin diri atau subjek kamu buat latar belakang yang lebih bersih, pakai F stop yang lebih rendah (f / 5 atau lebih rendah, misalnya) buat bikin foto bagus jadi blur. 

4. Cari Bentuk Geometris

foto bagus

Sumber : digital-photography-school.com

Kalau kamu ngelihar foto bagus, kamu pasti ngelihat komposisinya sering muncul dari bentuk yang jelas. Segitiga, berlian, lingkaran, kotak, parallelograms dan trapezium, semuanya kaya satu kesatuan pola yang seru. Otak kita suka sam ahal yang dipesan. Coba kamu pikirin hal yang nenangin dari kamar hotel yang bagus. Itu terbentuk dari bentuk geometris dari yang kelihatan rapi. Mulai dari tumpukan handuk sampai lembaran tisu toilet dan seprai tempat tidur. 

5. Kenali Perasaan Kamu

foto bagus

Sumber : digital-photography-school.com

Kapan pun kamu punya dorongan buat motret, pikirin kenapa kamu megang kamera duluan. Apa yang menginspirasi kamu buat ngambil kamera segitu cepatnya? Kalau kamu motret seseorang, kira-kira apa fisik atau kepribadian mereka yang bikin kamu tertarik buat motret dan bikin foto bagus.

Bayangin kamu ngelihat teluk pesisir yang berbatu seakan-akan matahari terbenam di sebelah kanan kamu. Ada mercusuar lurus ke depan di sisi yang jauh dari teluk dan awan badai menggelegear di belakangnya. Gelombang ombak ngegulung bebatuan di bawahnya. Kebanyakan orang bakal ngeluarin lensa sudut lebar dan nyoba buat motret keseluruhan pemandangan dalam satu kali jepret.. Masalahnya, matahari terbenam bakalan jauh, dan ombak, batu dan mercusuar hampir engga kelihatan. 

Di situasi kaya gini ini kamu direkomendasikan buat bikin lebih dari satu foto. Pertama, kamu bisa jalan ke pantai berbatu dan turun ke deburan ombak yang abakal indah pas matahari terbenam. Terus,, kamu bisa bikin siluet dari mercusuar yang ngelawan awan badai. Dengan bikin dua foto, pesan kamu jadi kelihatan lebih jelas. Jadi, sebelum kamu menet tombol jepret, pertimbangin kamu udah nyusun foto bagus yang bisa nyampaiin pesan kamu secara jelas. 

Langsung aja deh gengs ambil kamera kamu dan coba ngehasilin foto-foto yang kece. Gut Luck :D