Jerawatan emang keadaan yang paling gak enak buat cewek maupun cowok. Mana obat jerawat yang “katanya” ampuh kok ya mahal-mahal banget ya? Terus, mau deketin gebetan kok jadinya takut si doi ilfeel, mau foto selfie buat profile baru malah jerawatnya keliatan banget…huft pusing deh!

Eits jangan khawatir, obat jerawat gak selamanya mahal kok. Masih banyak obat-obat tradisional yang gak perlu butuh duit banyak. Bisa ditemuin di pasar swalayan sampe pasar tradisional lagi! Nah, dibawah ini adalah 8 murah menghilangkan jerawat yang biasa dilakuin anak kosan. Cekidot! :D

1. Bawang Putih

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: manfaat.co

Salah satu bahan pembuatan sambel ini harusnya lo miliki di kost-an. Kenapa? Karena bawang putih merupakan salah satu cara efektif yang bisa lo pake untuk ngilangin jerawat.

Getah pada bawang putih memiliki kandungan yang dapat membuat jerawat lo kering dan bersifat antiseptik sehingga dapat menangkal bakteri pada jerawat, mencegah jerawatmu lebih melebar maupun infeksi. Cukup potong bawang putih dan gosokan pada jerawat yang ada di muka lo. Mudah kan?

2. Buah Jeruk Nipis

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: bp.blogspot.com

Buah Jeruk Nipis tidak hanya berguna untuk mendetoks tubuh lo aja loh! Dengan vitamin C nya yang tinggi, buah ini bisa membuat jerawat lo hilang dalam sekejap. Cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan madu dan oleskan pada jerawat. Lakukan dengan rutin sehingga lo bisa bilang BYE JERAWAT!

3. Scrub Gula

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: kesehatan-kulit.info

Cara murah menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan gula putih dan campurkan dengan madu, air dan minyak zaitun. Oleskan selayaknya lo pake scrub mahal yang beli di toko dan jerawat lo bakalan hilang deeeh

4. Uap

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: mentimun.com

Lo tenang aja, uap yang gue maksud itu bukan yang pake mesin dan mahal itu kok! Rebuslah air panas dan biarkan hingga tidak terlalu panas. Lalu, lakukanlah posisi seperti gurah biarkan air-air mengalir dari muka.

Uap akan membantu membuka pori-pori bagian muka dan tentunya dapat membantu agar kulit lo lebih bisa bernafas sehingga dapat membantu menghilangkan minyak, bakteri dan kotoran yang ada dalam pori-pori penyebab jerawat. Kulit pasti jadi lebih fresh dan awet muda deeh

5. Daun Pepaya

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: bp.blogspot.com

Daun yang rasanya pahit ini memiliki banyak khasiat dan salah satunya adalah jerawat. Caranya adalah dengan jemur daun yang lo ambil, keringkan dan campur dengan air. Aduklah hingga berbentuk seperti pasta.

Nah, daun pepaya telah siap untuk dipakai! Kalo yang diatas cara yang menggunakan “benda” untuk prakteknya. Beberapa tips dibawah ini berhubungan dengan gaya hidup lo dan sangat mudah dijalankan tentunya :

6. Jangan Letakan Tangan yang Kotor pada Wajah

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: ngegas.com

Meletakan tangan yang belum lo cuci pada wajah, apalagi pas di jerawatnya merupakan hal yang sangat tabu! Bagaimana tidak? Bakteri-bakteri dan kuman yang ada di tangan lo itu bisa menempel di wajah dan bisa mengakibatkan jerawat makin melebar dan lebih parahnya lagi….infeksi! Gak mau kan muka lo makin rusak karna kebiasaan jorok lo ini?

7. Hindari Seringnya makan Junkfood

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: daysoftheyear.com

Cara murah menghilangkan jerawat selanjutnya adalah jangan makan junkfood. Junkfood mengandung bahan-bahan yang gak baik buat tubuh salah satunya adalah untuk jerawat.

Mulai dari lemak hingga bahan pengawet bisa bikin jerawat lo makin parah! Makannya coba kurang-kurangin deh makanan yang gak sehat dan ganti dengan buah juga sayur-sayuran. Lebih murah juga lohh.

8. Cuci muka minimal 2 kali sehari

cara murah menghilangkan jerawat

Sumber: cewekbanget.id

Setelah seharian berkegiatan diluar dan muka terpapar sinar matahari dan debu, kotoran dari polusi, yakin gak mau cuci muka? Jorok loh! Segala kotoran yang numpuk itu bisa bikin jerawat kronis dan juga muka kusam. Duh gak banget deh!

Nah, diatas ini adalah beberapa cara murah menghilangkan jerawat ala anak kost, bisa dari gaya hidup bisa juga dari buah-buahan seperti jeruk nipis! Mudah dan murah kan? :D