Kamu sedang stres, cemas, dan banyak pikiran? Menemukan teknik untuk relaks dan santai bisa jadi hal yang sulit saat kamu dalam keadaan seperti itu. Tapi, tanpa kamu sadari, menghilangkan penat gak serumit yang kamu pikirkan loh. Yang penting, kamu harus menyediakan waktu untuk me time, itulah kuncinya.

Inilah 7 hal teratas yang bisa kamu lakukan untuk melepas penat, stress, dan pikiran negatif.


1. Makan & Minum Sehat dan Tepat Waktu


Makanan super ini bisa membantu mengurangi ketegangan, menstabilkan kadar gula darah dan mengangkat suasana hati

Source: www.drmanishjain.com

Makanan sehat dapat mengurangi ketegangan karena menstabilkan kadar gula darah serta memperbaiki suasana hati.


Saat kita stres, kita sering tergoda untuk mengkonsumsi makanan siap saji seperti pizza dan es krim cokelat, tetapi ada cara yang lebih baik untuk membantu tubuh dan pikiran kita bersantai. Makanan super ini bisa membantu mengurangi ketegangan, menstabilkan kadar gula darah dan mengangkat suasana hati. Apa itu? Makanan sehat yang dimakan tepat waktu!



2. Liburan yang Menyenangkan


Pastikan Kamu memilih lokasi yang benar-benar akan membantu Kamu bersantai

Source: www.orbitz.com

Walaupun liburan udah jelas bisa melepas stress, sebenarnya yang penting justru adalah memikirkan ke mana Kamu akan liburan.


Walaupun liburan udah jelas bisa melepas stress, sebenarnya yang penting justru adalah memikirkan ke mana Kamu akan liburan. Ada kota-kota sibuk di seluruh dunia yang bisa kita kunjungi. Tapi berkunjung kesana gak membuat kita santai sama sekali, tetapi ada juga tempat yang benar-benar bisa membantu kita bersantai. Dari pantai sampai pegunungan, bisa juga pemandian air panas dengan pemandangan alam. Pastikan Kamu memilih lokasi yang benar-benar akan membantu Kamu bersantai.

Baca Juga: Lakuin Hal Ini Untuk Mengurangi Stres Saat di Kampus/Sekolah


3. Tidur yang Nyenyak

Selain membantu konsentrasi dan produktivitas harian Kamu, tampaknya tidur nyenyak juga bisa membantu mengatasi stres

Source: blog0r.com

Selain membantu konsentrasi dan produktivitas harian Kamu, tampaknya tidur nyenyak juga bisa membantu mengatasi stres..


Bahkan pada 2017, masih banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa tidur bisa membantu kita bersantai. Selain membantu konsentrasi dan produktivitas harian Kamu, tampaknya tidur nyenyak juga bisa membantu mengatasi stres. Emang sih, tidur nyenyak itu susah, apalagi buat kamu yang lagi stress. Untuk itu, kamu harus menemukan dan mengatur segala hal yang bisa membuat kamu tidur nyenyak. Contoh, suhu pendingin ruangan, keterangan lamupu, dan lain lain.


4. Yoga / Olahraga / Gym


Olahraga mengurangi intensitas hormon stres tubuh, yaitu kortisol dan adrenalin

Source: www.besthealthmag.ca

Olahraga mengurangi intensitas hormon stres tubuh, yaitu kortisol dan adrenalin..


Kita semua menganggap semacam latihan fisik sebagai cara untuk membantu tubuh kita tetap bugar dan sehat, tetapi sekarang kegiatan seperti ini secara luas diakui punya manfaat mental yang cukup besar juga. Olahraga mengurangi intensitas hormon stres tubuh, yaitu kortisol dan adrenalin. Tetapi lebih dari itu, olahraga sebenarnya meningkatkan produksi endorfin, yang merupakan bahan kimia di otak yang bisa memperbaiki suasana hati dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami. Siapa pun yang berolahraga setiap hari akan mengalami perasaan gembira.

Baca Juga: 8 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Karena Kamu Lagi Stress, Tiati Gengs!


5. Temukan Hobi Baru


Kalo Kamu punya hobi baru, baik itu merajut, main bola, atau bahkan berkebun, maka Kamu punya waktu untuk mengalihkan pikiran dari stress

Source: leftbankleeds.org.uk

Hobi bermanfaat untuk mengalihkan pikiran dari stress dan pada dasarnya memberikan kebebasan pada pikiran Kamu.

Saat pikiran Kamu sibuk dengan masalah pekerjaan atau keluarga, maka sangat sulit untuk menemukan ruang kosong di mana ia bisa bersantai. Kalo Kamu punya hobi baru, baik itu merajut, main bola, atau bahkan berkebun, maka Kamu punya waktu untuk mengalihkan pikiran dari stress dan pada dasarnya memberikan kebebasan pada pikiran Kamu.


6. Meditasi


Meditasi harian memungkinkan kita memproses apa yang telah terjadi, apa yang sedang terjadi, dan bagaimana kita bisa mempersiapkan diri untuk hari-hari atau minggu-minggu ke depan

Source: www.rd.com

Dalam kehidupan kita yang sibuk, meluangkan sedikit waktu untuk menenangkan pikiran kita itu penting. 


Belum lama ini, banyak orang mengira meditasi adalah sesuatu yang dilakukan para biksu untuk memperoleh pencerahan di atas gunung. Tapi, ternyata bisa ngilangin stress lho. Dalam kehidupan kita yang sibuk, meluangkan sedikit waktu untuk menenangkan pikiran kita itu penting. Meditasi harian memungkinkan kita memproses apa yang telah terjadi, apa yang sedang terjadi, dan bagaimana kita bisa mempersiapkan diri untuk hari-hari atau minggu-minggu ke depan. Kalo kamu bingung mulai dari mana, kamu bisa banget kok download aplikasi panduan meditasi di smartphone kamu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jenuh di Tempat Kerja Tanpa Harus Resign


7. Berendam atau Pijat


Berendam (idealnya setelah pijat) akan meringankan otot-otot yang sangat kaku saat tubuh kita stres

Source: www.essentials.co.za

Pijat akan meringankan otot-otot yang sangat kaku.

Ini adalah perawatan kuno, tapi berendam (idealnya setelah pijat) akan meringankan otot-otot yang sangat kaku saat tubuh kita stres. Kalo Kamu berendam dengan air panas sambil menghirup aromaterapi, efeknya bisa lebih baik lagi.