Putusnya hubungan dalam berpacaran adalah hal yang wajar, karena kecocokan antar pasangan memang gak bisa dipaksakan. Ketika kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan dengan pasanganmu, pastikan keputusan itu telah dipikirkan secara matang, bukan karena emosi dan ego semata.

Ketika nantinya pasanganmu dan kamu sudah menjadi mantan, tetap ada etika-etika yang masih harus dijaga loh, Guys! Semisal, ada hal-hal yang gak boleh kamu ucapkan ke mantan, karena apabila diucapkan akan berdampak buruk pada hubungan kalian yang memang sudah berkahir. Gak mau dong kalau hubungan kalian yang sudah berakhir dengan mantan, justru malah jadi bermasalah. Mau tahu ucapan apa saja yang sebaiknya jangan diucapkan ke mantan kamu? Simak ulasannya berikut ini!

 

1. “Aku Kangen Sama Kamu”

Source: www.videoblocks.com

Mengucapkan kangen ke mantan, apalagi kamu yang mutusin dia akan membuatmu terlihat seperti pecundang.

Bahkan kalo kamu bener-bener ngebet balikan, jangan pernah ucapkan dua kata ini! gak penting siapa yang memutuskan hubungan kalian. Kalo dia yang mutusin kamu, dia akan merasa ngeri atau menganggap kamu pecundang kalo kamu mengatakan kalimat tersebut. Kalo kamu yang mutusin dia, dia akan bertanya pada teman-temannya tentang alasan kamu mengatakan hal itu, “Kenapa dia ngomong gitu?”, “Apa dia mau balikan?”, “Terus kenapa dulu dia mutusin aku?”, alhasil, dia bisa aja malah kesel dan dipermainkan sama kamu. Nah loooo…

 

2. “Kamu Kok Kurusan”

Source: www.pausecafein.fr

Kalimat “kamu kok kurusan” bisa memicu salah penafsiran, apalagi kalau yang ngucapinnya itu cowok

Kalimat ini punya potensi salah penafsiran, apalagi kalau yang ngucapin cowok. Cewek tuh gampang berfikir macam-macam saat denger kata “kurus”, mereka bisa berfikir “Berati dulu aku gendut?”, “Oh, jadi maksud kamu aku terlalu sedih abis diputusin kamu jadi sekarang kurus, gitu?”, “Sok care”, dan masih banyak lagi. So, just don’t!

Baca Juga: Mengalami Hal Ini? Tandanya Lo Harus Move On Dari Mantan Sekarang Juga!

 

3. “Aku Gak Pernah Sebahagia Dulu…”

Source: www.psikologid.com

Kalimat seperti ini jika kamu ucapkan ke mantanmu akan membuatmu terlihat seperti pecundang

Kecuali pengen balikan, jangan pernah ucapkan kalimat ini. apalagi saat doi udah punya pasangan baru atau keluarga (dan anak, mungkin?) yang ada kamu akan keliatan menyedihkan, terpuruk dan jadi pecundang. Gak mau kan kayak begitu?

 

4. "Aku Sekarang Bisa Jadi Diriku Sendiri"

Source: www.blogcampuradukmm.blogspot.com

Satu-satunya orang yang menghalangimu menjadi diri sendiri adalah dirimu sendiri, bukan orang lain.

K.E.J.A.M! kalimat ini bener-bener kejam. Satu-satunya orang yang bisa menghalangi kamu untuk jadi kamu yang apa adanya adalah diri kamu sendiri, bukan orang lain. Sedominan apapun mantan kamu, kamulah yang berhak menentukan untuk jadi seperti apa. Kamu “jadi orang lain” demi dia juga keputusan kamu loh. Lagian, gimana pun juga doi cukup layak, buktinya kalian pernah ada dalam satu hubungan kan?

Baca Juga: Kehilangan Teman dan Sahabat dalam Hidup Itu Wajar, Ini 5 Alasannya!

 

5. “Aku Pernah Selingkuh”

Source: www.umthunywa.co.zw

Gak ada yang perlu diklarifikasi dari sebuah hubungan yang sudah berakhir.

 

Gak ada yang perlu diklarifikasi dari hubungan yang udah berakhir. Mungkin kamu merasa bersalah dan merasa dia berhak tahu yang sebenarnya, tapi percaya deh, jangan ucapin kalimat satu ini. Kalo kamu merasa bersalah, mengatakan hal itu malah membuat kamu jadi orang yang lebih kejam lagi karena mengusik hidup mantanmu yang mungkin sudah menjalani kehidupan baru. Sedangkan kalo kamu merasa dia berhak tahu, well, mungkin niat kamu baik, tapi bukan gitu caranya.

 

6. “Kita Gak Pernah Cocok”

Source: www.style.tribunnews.com

Mengucapkan kalimat, "kita gak pernah cocok" justru akan memberi kesan kalau kamu hanya membuang waktu saat masih menjalin hubungan dengan mantanmu.

Yap, bener! Itu sebabnya kalian putus! Kamu dan mungkin dia juga tahu itu. Mengucapkan kalimat ini hanya akan membuat kesan bahwa kamu hanya membuang waktu saat berpacaran dengan dia. Ya, kalopun itu yang kamu rasain, cukup simpen sendiri aja dan bersyukurlah hubungan kalian udah berakhir.

Baca Juga: Pacaran Sama Mantan Teman Sendiri, Kenapa Nggak? Ini Alasan Logisnya!

 

7. “Eh, Boleh Gak Minta Nomor Si Anu? Facebooknya Si Itu? Atau IGnya Si Ini?”

Source: www.dhgate.com

Berniat membuat mantanmu cemburu dapat menjadi bumerang buatmu, karena akan memberi kesan kalau kamu belum bisa move on dari dia.

Hmmm, jadi apa maksud kamu mengucapkan kalimat ini? Mau bikin cemburu? Atau mau buktiin kalo kamu udah lupain dia? Hei! Apapun alasannya, tetep aja salah. Kalo kondisinya dia belum move on dari kamu, dia akan berfikir kalo kamu kejam, gak peka, dan menginjak harga dirinya. Dan kalo dia udah move on, dia akan berfikir kalo kamu belum move on dari dia, dan justru mempermalukan dirimu sendiri.

Baca Juga: Diundang Ke Nikahan Mantan? Jangan Panik, Lakukan 6 Hal Ini!