Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Ondel-ondel Nasibmu Kini, Miris Banget Sob!

Ramadhanu Rizkinuriza Jun 5, 2017 4:37 AM
Sebentar lagi ulang taun kota Jakarta nih, pasti bakal banyak ondel-ondel yang mejeng dimana-mana. Lo pada udah tau belum gimana ceritanya bisa nongol tuh ondel-ondel? Terus gimana kondisinya sekarang

Halo manteman! Sebentar lagi ulang taun kota Jakarta nih, pasti bakal banyak ondel-ondel yang mejeng dimana-mana. Lo pada udah tau belum gimana ceritanya bisa nongol tuh ondel-ondel? Terus gimana kondisinya sekarang? Mari dah kita simak!

ondel ondel 1

Sumber: wikipedia.co.id

Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering tampil di pesta-pesta rakyat. Doi dianggep sebagai representasi leluhur yang ngejaga anak cucunya atau penduduk di suatu desa. Bentuknya berupa boneka besar, tingginya sekitar 2.5 meter, diameter 80 centimeter, dan dibuat dari anyaman bambu yang diatur biar gampang buat dipikul dari dalem. Bagian wajah berupa topeng dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki biasanya dicat warna merah, kalo yang perempuan dicat putih. Foto di atas itu sepasang ondel-ondel pada perayaan pembukaan cabang Hotel des Indes tahun 1923, serem gak sob?

ondel ondel 5

Sumber: jelajah-nesia.blogspot.com

Awalnya, ondel-ondel berguna sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan, makanya mukanya relatif serem-serem. Tapi saat ini ondel-ondel lebih sering dipake jadi penyemarak pesta rakyat, penyambutan tamu bahkan pajangan di gedung-gedung. Lebih parahnya lagi, saat ini ondel-ondel dan musik pengiringnya bisa kita temuin di jalan-jalan raya, mereka ngamen sob. Miris banget ya? Mari kita simak kompilasi fotonya.

ondel ondel 2

Sumber: portid.blogspot.com

ondel ondel 3

Sumber: merdeka.com

ondel ondel 6

Sumber: brillio.net

ondel ondel 7

Sumber: megapolitan.harianterbit.com

Nah itu dia sob potret dari nasib ondel-ondel sekarang. Tentu butuh perhatian dari pemerintah dan masyarakat juga biar ondel-ondel ini tetap lestari tanpa harus turun ke jalan kayak gitu ya. Atau dari lo pada ada yang punya saran? Langsung komen di bawah ye!