Jumpa lagi manteman! Tiap bulan Ramadan, pasti lo udah kenyang sama iklan-iklan sirup, provider, sarung, teh, dan lain-lain. Tapi jangan salah, dulu banyak iklan di bulan Ramadan yang memorable banget deh dan sarat pesan moral. Anjas. Yuk lah mari kita telisik~

1. Iklan Djarum - Dicipratin Becekan (2004)

Iklan ini pasti bikin lo flashback ke masa kecil, apalagi lagunya Ebiet G. Ade yang nempel banget. Di iklan ini anak muda yang naik motor sedih banget deh, udah dicipratin becekan, kormanya diambil pula. Wah kelewatan emang bapak-bapak yang bawa mobil tuh. Di sini kayak semacem dites gitu sejauh mana kesabaran kita. Lanjutannya, mereka ketemu tuh pas solat Eid. Sebvvah kebetulan ajaib.

2. Iklan Indomie - Hari Ini Kita Puasa (2000)

Iklan yang satu ini lebih tua lagi nih sob. Tayang di tahun 2000, iklan ini nayangin keluarga yang lagi mau makan bareng. Hmm, mau makan bareng keluarga tapi baju+atributnya komplit bener ya? Hihihi.

3. Iklan Djarum - Kepala Sekolah Jual Motor (2007)

Kasian banget bapak kepsek yang satu ini. Istrinya sakit keras dan satu-satunya jalan buat dia dapet uang yaitu jual motornya. Sebenernya bisa aja dia korupsi dana murid, tapi doi jujur sob. Akhirnya pas hari lebaran murid-muridnya ngasih hadiah sepeda buat doi. Wah, mengharukan bener ya :')

4. Iklan Djarum - Ibu Kos (2006)

Iklan ini menceritakan tentang mahasiswa yang punya ibu kost dan udah nganggep kayak ibunya sendiri. Sampe 15 tahun setelahnya, pas lebaran doi masih sungkem ke ibu kostnya. Inget gak sama iklan ini sob?

5. Iklan Djarum - Pak Pos (2009)

Di iklan ini si bapak pos kayaknya rada bete gitu sama istrinya, efek lelah pekerjaan kali ya? Nah di momen lebaran, istrinya minta maaf lewat kartu ucapan dan sukses bikin hati sang suami luluh sob. Romantis pisan.

6. Iklan Gudang Garam - Lebaran (2007)

Salah satu iklan di bulan Ramadan yang paling memorable buat gue. Iklan ini nampilin orang-orang yang nyanyi ala drama musikal gitu deh, saut-sautan. Biasanya mulai tayang pas deket-deket lebaran. Seru!

7. Iklan AXIS - Hap

Biar kata belum lama-lama banget, iklan dari AXIS ini juga mayan nempel nih sob. Si Hap yang obsesi buat jadi kiper, hampir putus asa sampai akhirnya ketemu Ustad Jefri (Alm). Beliau bilang Hap gaboleh nyerah dan terus menangkap semua kebaikan. Mantap.

Itu tadi 7 iklan yang menurut gue paling berkesan dan selalu bikin keinget sama bulan Ramadan. Mana favorit lo sob? Komen langsung ga usah malu.