Indonesia emang punya sejuta tradisi yang masih lestari sampe sekarang. Salah satunya adalah ritual kematian, pemakaman atau penguburan yang aneh dan menyeramkan. Kira-kira kayak apa aja ya ritual penguburan yang menjadi tradisi di tanah Indonesia ini? Cekidot cuy!

1. Ritual Pemakaman Trunyan

ritual kematian

Sumber: anandatour.web.id

Ritual yang pertama berasal dari pulau Dewata, alias Bali. Nah! Pulau Bali emang menyimpan hal mistis ya cuy, contohnya banyak banget sesajen yang bisa lo temuin di sepanjang jalan. Tapi, ada satu desa yag terkenal sebagai desa penguburan mayat, yaitu desa Trunyan. 

Desan Trunyan menjadi tempat peristirahatan terakhir mereka yang udah meninggal. Tapi, jenazah mereka ditaro gitu aja di atas tanah, bukan dikubur di dalem tanah cuy. Uniknya, semua jenazah yang membusuk gak pernah ngeluarin bau tak sedap. Soalnya di sana terdapat pohon Trunyan yang menetralisir bau busuk dari jenazah. Wah ngeri banget cuy!

2. Kubur Bayi di Pohon

ritual kematian

Sumber: kinja.com

Selanjutnya adalah ritual pemakaman manusia di Toraja. Hmm, emang Toraja terkenal banget sama berbagai ritual pemakaman yang serem cuy. Nah buat keturunan Tana Toraja yang meninggal sebelum giginya tumbuh, alias masih bayi, akan dikubur di lubang dalam pohon. Hanya pohon Tarra yang boleh dijadikan kuburan bagi para bayi ini.

Penguburan pun di dasarkan pada kasta mereka. Para bayi diletakan di dalam lubang tanpa dibalut kain, dan dianggap bahwa bayi tersebut seperti kembali ke dalam rahim. Tujuannya adalah agar kelahiran bay selanjutnya akan selamat.

3. Pemakaman Suku Minahasa

ritual kematian

Sumber: bp.blogspot.com

Selanjutnya adalah ritual pemakaman suku minahasa yang merupakan sebuah sejarah. Suku Minahasa memposisikan jenazah duduk sambil memeluk kakinya sendiri. Menurut kepercayaan mereka, orang yang meninggal dalam posisi ini dianggap meninggal dalam keadaan suci dan akan membawa kabaikan. 

Jenazah ditaro dalam sebuah kubur batu dan kubur batu selalu menghadap ke arah utara, yang dianggap sebagai asal muasal nenek moyang mereka.  Anehnya, jenazah yang ditaro dalam kubur batu nantinya akan berubah menjadi abu, meski nggak di kremasi. Waduh merinding cuy!

4. Ritual Pemakaman Tau Tau

ritual kematian

Sumber; realindonesia.co.id

Baliknya ke Tana Toraja, ada ritual pemakaman yang sedikit menyeramkan. Ritual Tau Tau adalah tradisi menguburkan jenazah dalam peti mati kecil yang berada di goa-goa. Setelah jenazah di letakan dalam peti mati yang kecil, akan dibuat patung yang mirip dengan jenazah. Nah patung ini disebut Tau Tau dan diletakan dekat dengan makam. Kebayang gak kalo tiba-tiba patungnya gerak atau matanya ngelirik ke arah lo? Hiii...

5. Ritual Ma Nene

ritual kematian

Sumber: pixanews.com

Terakhir, masih dari Tana Toraja nih cuy. Ini adala tradisi yang masih lestari sampe sekarang, tradisi ini disebut Ma Nene. Tradisi ini berlangsung beberapa tahun sekali pada bulan Agustus dan jenazah yang sudah berada di liang kubur akan digali kembali oleh keluarganya. Mereka akan dimandikan dan dberikan pakaian yang bagus.

Lalu, para jenazah akan diajak berjalan mengelilingi desa layaknya seperti orang yang masih hidup. Waduh serem banget cuy...