Punya kekayaan di atas rata-rata orang biasanya bikin orang-orang pengen hidup bermewah-mewahan. Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk beli barang yang mereka mau. Tapi, gak semua orang kaya begitu lho. Kayak di bawah ini nih. Kumpulan milyader yang tetap hidup sederhana walaupun sebenernya mereka bisa aja beli segala yang mereka mau. Panutan gak seehh??

1. Bill Gates

Source: http://fortune.com/2018/01/09/bill-gates-jpm18-keynote/

Orang terkaya kedua di dunia ini hobi banget beramal. Tahun 2017, Bill Gates menyumbangkan sekitar US$ 4,6 juta untuk kegiatan kemanusiaan. Angka itu setara dengan 5 persen dari nilai kekayaannya. Nilai donasi itu juga merupakan yang terbesar yang dikeluarkan oleh Gates dalam 17 tahun terakhir. Wah dabest!

 

2. Mark Zuckerberg

Source: https://www.eonline.com/news/770429/turns-out-one-of-the-kings-of-social-media-has-a-pretty-terrible-password

Pendiri Facebook ini tercatat sebagai orang kelima paling kaya di dunia. Tapi kenyataan itu gak mengubah kebiasaan Mark Zuckerberg buat hidup sederhana. Dia hampir selalu pakek kaos abu-abu dan hoodie setiap hari. Satu-satunya barang termahal yang pernah doi beli adalah sebuah rumah di Palo Alto seharga US$ 7 juta atau setara Rp 91 miliar.

 

3. Amancio Ortega

Source: https://misfits.io/5-lessons-learnt-life-worlds-richest-man-zara-owner-amancio-ortega/

Amancio Ortega adalah miliarder dunia dengan kekayaan US$ 82,3 miliar. Memiliki kekayaan berlimpah gak mengubah gaya hidup Ortega. Dia gak pernah jaim buat bergabung sama karyawan - karyawannya di kantor pusat Zara buat makan siang di kafetaria. Asik nih kalo punya bos macam ini.

 

4. Ingvar Kamprad

Source: https://cdn.newsapi.com.au/image/v1/7fe3f8dd6ea9fb8e211ff95df427e850

Pendiri IKEA ini mengawali bisnisnya saat berusia 17 tahun. Kekayaannya mencapai US$ 3,3 miliar atau setara dengan Rp 431 triliun. Walaupun gitu, dia tetap hidup sederhana dengan makan di restoran sederhana, menawar saat berbelanja di pasar, dan terbang dengan pesawat kelas ekonomi.

 

5. Carlos Slim Helu

Source: http://tareqi.blogspot.com/2013/07/carlos-slim-helu-rekor-manusia-paling.html

Carlos masuk dalam peringkat lima besar orang terkaya dunia. Walaupun gitu, dia mengaku gak menemukan alasan buat menghabiskan uang untuk berbelanja barang mewah. Carlos juga tetap memilih tinggal di rumah yang udah 30 tahun lamanya ia tinggali daripada tinggal di rumah mewah.

 

6. Warren Buffet

Source: https://www.nbcnews.com/businessmain/warren-buffett-how-teach-your-children-about-money-2D11641893

Terkenal sebagai miliarder yang hidup sederhana, Buffet menganggap uang bukanlah segalanya. Dia tetap tinggal di rumah sederhana seharga US$ 31.500 selama lebih dari 50 tahun. Pendiri Berkshire Hathaway ini juga gak punya kapal pesiar mewah, pesawat pribadi, bahkan Buffet gak pernah memberikan uang ke anaknya karena ingin mereka mandiri secara finansial.

Investor paling sukses di dunia ini pertama kali berinvestasi pada usia 11 tahun. Meski udah berusia 85 tahun, dia tetap pergi bekerja setiap hari karena gak pernah kehilangan passion untuk investasi. Saat ini Buffet memiliki kekayaan US$ 60,8 miliar.

 

7. Jim C Walton

Source: http://hellopress.info/list/o/jim-walton.apw

Jim Walton adalah orang terkaya ke-15 di dunia dengan total kekayaan US$ 33,6 miliar. Dia adalah anak bungsu dari Sam Walton, pendiri Walmart, sebuah perusahaan ritel terbesar di dunia. Pria berkacamata ini hidup dengan filosofi yang dianut ayahnya yaitu, harus tetap rendah hati dan berhemat sebanyak apapun uang yang dimiliki. Hemat gengs!

 

8. Azim Premji

Source: http://newsmobile.in/articles/2018/07/24/stanford-dropout-travels-economy-unknown-facts-about-azim-premji-on-his-birthday/

Azim Premji, pengusaha India yang memimpin Wipro Limited, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konsultan IT. Kini dia memiliki 75 persen saham dari perusahaan yang didirikan ayahnya dan masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US$ 17,4 miliar atau setara dengan Rp 227 triliun. Meski gitu, Azim selalu hidup sederhana. Dia selalu terbang dengan pesawat kelas ekonomi dan masih mengendarai Honda City yang sudah dimilikinya selama 10 tahun terakhir.

Dia mendonasikan lebih dari seperempat kekayaannya buat orang miskin. Menurutnya, semakin banyak kita beramal semakin banyak uang yang akan dihasilkan.