Bukan Lautan, tapi kolam susu, kail dan jala cukup menghidupimu. Sepenggal lagu lawas Koes Plus itu cukup jadi gambaran betapa suburnya tanah kita, penghasil ribuan pangan yang lezat!

Mengulik 4 Kuliner Sehat Ala NusantaraSource: Hallosehat.com
Kuliner nusantara gak pernah lepas dari cita rasa sayur yang segar

Kalau punya salad, sebagai negera cicin api yang tanahnya selalu siap menghasilkan ragam pangan, juga gak mau kalah dong. Yup, kalau ditarik sejarahnya, Indonesia punya banyak tradisi makan sayur. Buktinya? ya gampang banget, 4 kuliner khas nusantara ini nih yang bikin nenek moyang kita dulu sehat dan jago mengarungi lautan.


1. Gado-Gado

Mengecap 4 Kuliner Sehat Ala NusantaraSource: Wikipedia.com
Makanan favorit sejuta umat khas nusantara

Nah, kuliner yang satu ini pastinya sudah gak asing sama lidah kamu, atau bahkan jadi salah satu kuliner lokal favorit kamu. Gak beda dengan salad, semangkuk gado-gado juga diisi dengan sayur-mayur segar, sebutir telur, dan yang paling bikin nagih adalah saus kacang. 

Menariknya, tiap daerah gado-gado punya ciri khasnya masing-masing. Ada gado-gado betawi, gado-gado medan, bahkan di pulau jawa aja beda, gado-gado jawa barat, timur,dan tengah, punya cita rasa yang unik. Slurrp!

Baca Juga: 7 Manfaat Jahe, Gak Cuma Menghangatkan Tubuh Kamu Loh


2. Karedok


Mengecap 4 Kuliner Sehat Ala Nusantara

Source: Foodtechnology.com
Kuliner sunda yang rasanya Raos pisan


Sering nih kalian ketukar antara gado-gado dan karedok,kuliner asal jawa barat ini harus disajikan fresh dan mentah. Tentu aja, setelah proses cuci bersih ya. Justru nih, karena disajikan mentah, sensasi kriuk dari kol dan kawan-kawannya itu yang bikin ketagihan. Kreesh... Tapi buat kamu yang gak terlalu suka makanan mentah, sebaiknya pikir dua kali ya guys!

Baca Juga: Meskipun Kurang Pupoler, Jajanan Khas Sunda Ini Dijamin Bikin Ngiler!


3. Pecel Sayur


Mengecap 4 Kuliner Sehat Ala NusantaraSource: Kaskus.co.id
Pecel sayur yang jual Mbok Gendong, nostalgia kuliner lawas

Nah, pesaing di nomor urut tiga, ada si manis pecel sayur yang gak kalah menggoyang lidah. Paduan sayur, lontong, dan saus kacangnya, bikin kamu gak bisa lupa, apalagi saat lagi melancong ke daerah Jogja, Solo, dan Semarang. Beda dengan dua pesaingnya tadi, sensasi saus kacang pecel sayur cenderung manis dan pekat. 

Oh iya, satu lagi ciri khas si pecel sayur, kita bisa minta tambah  gorengan sama si mbok yang dipotong kecil-kecil, rasanya? ya kamu deskripsiin sendiri deh gimana nampolnya!


4. Lotek 


Mengulik 4 Kuliner Sehat Ala NusantaraSource: Tastemad.com
Lotek khas Sunda yang melegenda

Serupa tapi tak sama, inilah lotek yang populer banget di tanah sangkuriang. Komposisi sayur, dan saus kacang hampir sama dengan 3 kuliner tadi, tapi rasa lotek agak pedas. Tambahan terasi, dan bawang putih yang kuat, bikin lotek jadi punya ciri sendiri yang khas. Buat yang gak terlalu familiar sama makanan ini, pasti mikir ini gado-gado. Tapi beda ya guys, jangan sampai salah order!

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris Ini Wajib Hukumnya Kamu Cobain Saat Berlibur Ke Lombok!


Dukung Petani Lokal

Mengecap 4 Kuliner Sehat Ala NusantaraSource: Berandaperempuan.com
Makan sayur lokal adalah bentuk dukungan kamu terhadap petani lokal

Empat kuliner tadi bikin kita sadar kalau kuliner kita yang kaya dan beragam itu adalah kolaborasi yang apik antara kekayaan alam kita dengan keunikan tradisi kita di masing-masing daerah. Selagi bisa pilih yang lokal, kenapa enggak kan? makan sayuran lokal juga ikut mendukung perjuangan petani sayur kita loh, semoga aja Indonesia terus jadi negara agraris, jangan sampai terkikis. 

Baca Juga: 5 Jenis Teh Indonesia Paling Diminati, yang Jenis Teh Favoritmu?