Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Mau Travelling ke Nauru? Coba Cek Dulu Beberapa Fakta Pulau Nauru Berikut

Adimart Arminadi Jan 25, 2017 6:00 AM
Membahas fakta Pulau Nauru. Kita perlu tahu pulau merupakan salah satu negara terkecil di dunia setelah Vatikan dan Monako. Luasnya hanya 21 km2, di bawah luas <strong><a href="http://dagelan.co/hinda
Membahas fakta Pulau Nauru. Kita perlu tahu pulau merupakan salah satu negara terkecil di dunia setelah Vatikan dan Monako. Luasnya hanya 21 km2, di bawah luas Kota Bogor. Letaknya berada di kawasan Mikronesia dan merupakan bagian dari negara-negara kawasan Oseania :D

Nauru dahulu merupakan negara yang makmur berkat ditemukannya fosil kotoran burung berusia ribuan tahun yang kaya akan fosfat. Nah, buat kamu yang pengen nekat ke sana, cek fakta pulau Nauru berikut :D

1. Akses Ke Sana Yang Susah

fakta pulau Nauru
Sumber : Alluringworlds.com


Kalo kamu googling tentang akses menuju Nauru, mungkin kamu akan kebingungan. Karena emang ngga ada maskapai penerbangan yang melayani rute ke Nauru. Satu-satunya maskapai penerbangan di sana, Air Nauru yang sempat tutup pada tahun 2005 dan membuat negera ini terisolir :D

Beruntung atas bantuan dari Cina, maskapai tersebut sudah buka kembali dan berganti nama menjadi Our Airline. Sekarang kita sudah bisa berkunjung ke negara itu lewat akses udara :D

2. Fasilitas Yang Seadanya

Fakta Tentang Nauru
Sumber : Tripadvisor.com


Fakta Pulau Nauru selanjutnya. Di sini kamu ngga akan nemuin yang namanya kota besar (lah luas pulaunya aja cuma 21 km2). Para penduduk tinggal di pemukiman-pemukiman kecil yang bernama distrik. Ada beberapa hotel yang cukup bagus walaupun masih jauh di bawah standar :D

Walaupun negara ini tandus, kamu masih bisa menikmati keindahan pantai-pantai kecilnya kok. Jadi tetap enak buat wisata :D

3. Keadaan Penduduk

Fakta Tentang Nauru
Sumber : Npr.org


Nauru menjadi negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. Hal ini disebabkan oleh pola hidup mereka dahulu yang tak terkontrol. Dahulu kala, Nauru merupakan salah satu negara terkaya di dunia berkat kandungan fosfor di sana. Hampir seluruh warga mendapatkan hasil dari fosfat tersebut :D

Tiba-tiba kaya mendadak, warga Nauru cenderung menjadi boros dan doyan hura-hura. Mereka membeli semua barang mewah mulai dari mobil, kapal, rumah dan sebagainya. Namun kekayaan mereka tidak diimbangi dengan pola pikir yang baik :D

Saat tiba-tiba fosfat mereka habis, negara ini langsung terpuruk menjadi salah satu negara miskin di dunia. Tinggal warganya yang pernah kaya menjadi malas-malasan dan akhirnya obesitas. Bahkan tingkat pengangguran di Nauru mencapai 90% :D

4. Keadaan Alam

Fakta Tentang Nauru
Sumber : Newsweek.com


Akibat dari aktifitas pertambangan yang membabi buta tanpa perencanaan matang, Nauru kini menjadi negara dengan kerusakan alam yang sangat parah. Bahkan menurut beberapa ahli, 90% tanah di sana sudah tidak bisa dipakai lagi :D

Kita tidak akan bisa menemukan hutan, kebun hijau bahkan pohon-pohon kelapa di pinggir pantai sudah roboh semua. Kalo kamu melihat keadaan Nauru dari udara, maka akan terlihat pemandangan mengerikan :D

5. Negara Banyak Hutang

Fakta Tentang Nauru
Sumber : Loopnauru.com


Pemerintahan Nauru terpaksa harus meminjam dana dari Australia untun keberlangsungan ekonominya. Mereka sudah menjual semua properti seperti gedung, pesawat, kapal pesiar mewah dan lain-lain :D

Sayangnya itu semua masih belum bisa menutup hutang mereka yang lebih besar daripada APBN. Mereka menawarkan diri kepada Australia untuk menjadi tempat pengungsian manusia-manusia perahu dengan imbalan 20 juta dolar :D

Nah kira-kira begitu fakta pulau Nauru. Gimana kamu masih tertarik untuk ke sana? Yang jelas dari fakta pulau Nauru di atas kita dapat memetik pelajaran, kalo sesuatu yang berlebihan itu pada dasarnya ngga baik. Apalagi kalo mengorbankan alam sampe dirusak kaya gitu. Buat kita yang tinggal di Indonesia, jangan sampe deh kejadian Nauru terjadi di sini :D