Setiap kota di Indonesia pasti punya aneka makanan khasnya masing-masing. Kayak Jogja terkenal dengan Gudegnya, Malang punya Nasi Goreng Mawut, Solo punya Nasi Liwet. Nah, kali ini gue mau bahas makanan khas Surabaya yang juga gak kalah enaknya. Jadi pada laper ya guys dan ngebayangin buat cepet-cepet nyicipin. Ayo kulineran.

1. Nasi Krawu

makanan khas surabaya

Sumber : eastjava.com

Nasi Krawu pas banget dijadiin menu buat sarapan. Nasi Krawu terdiri dari nasi putih hangat yang dikasih suwiran daging, jeroan sapi, dan sambal terasi, ditambah dengan taburan serundeng warna kuning dan orange yang gurih banget. Bakalan memuaskan lidah dan perutmu gengs.

2. Sate Klopo

makanan khas surabaya

Sumber: bukanrastaman.com

Klopo dalam bahasa jawa artinya kelapa. Sate Klopo itu gimana sih maksudnya? Jadi, perpaduan kelapa yang disangrai, dikasih bumbu khas yang dicampur daging, kemudian dibentuk lah sate bulat-bulat dan dibakar. Untuk pilihan dagingnya ada sapi, ayam, udang, sumsum, dan usus. Kebayang dong nikmatnya? Ternyata Sate Klopo udah jadi makanan yang legendaris banget lho.

3. Tahu Tek

makanan khas surabaya

Sumber: masterresep.com

Makanan yang cukup terkenal di Surabaya ini, ternyata banyak dicari para orang saat wisata kuliner. Tahu Tek terdiri tahu goreng, lontong, kentang, toge, telur dengan taburan seledri dan disiram petis diatasnya. Walaupun harganya cukup murah sekitar 8 ribu aja, eitss.. tapi jangan salah enaknya nampol gengs.

4. Rawon Setan

makanan khas surabaya

sumber: bukuresep.net

Kalau dengar namanya kelihatan serem yak? Tenang aja kok ini cuma nama unik dari makanan satu ini. Bukan.. bukan bareng setan makannya. Tapi, semacam soto yang disajikan dengan kuah hitam pekat, isinya daging sapi, toge, bisa juga ditambah jeroan atau kikil sapi. Citarasa kuahnya bakalan bikin kamu ketagihan deh. Ngiler ya gengs?

5. Warung Kepiting Cak Gundul

makanan khas surabaya

sumber: eatjogja.com

Suka seafood guys? Ada nih di Surabaya, warung yang udah terkenal sejak tahun 1992-an. Melipir yuk ke Warung Kepiting Cak Gundul, menyediakan menu andalan menggoyang lidah, seperti kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Endess banget yak? Datengin aja langsung di jalan Kupang Indah.

6. Lontong Balap

makanan khas surabaya

sumber: eatjogja.com

Terdengar dari namanya lucu yak gengs. Makanan satu ini udah jadi ikonnya Surabaya, berisi lontong, toge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, sambal, dan kecap. Kelihatan sekilas mirip kayak ketoprak ya? Tapi, beda guys dari soal resep bumbunya, yummy banget deh. Pas disantap baik saat sarapan atau saat kulineran di malam hari.

Bagi kamu arek-arek Suroboyo pasti udah hafal banget sama makanan di atas. Soal kulineran emang deh Surabaya paling TOP BGT! Pokoknya harus, wajib, kudu cobain. Dijamin uwenaaak pooolllll. Mantav!