Indonesia kan punya suku dan budaya yang luar biasa kaya ya gengs, alias beragam dan banyak banget. Nah, salah satu sukunya adalah Baduy yang berada di Provinsi Banten. Kengkawan tahu dong dengan suku Baduy? Itu loh suku yang terisolir dari dunia luar dan tidak bersentuhan dengan teknologi.

Biar lebih mengenal suku Baduy, mending simak ulasan di bawah ini. Ini dia fakta-fakta Suku Baduy yang masih jarang diketahui orang. Kepo? Cus dibaca, cekidot!

1. Dilarang naik kendaraan, cus jalan kaki

fakta suku baduy

Sumber: phinemo.com

Meskipun ada larangan naik kendaraan, tidak menjadi halangan warga suku Baduy untuk mengunjungi kerabatnya di luar kota gengs. Terus naik apa? Jalan kaki! Bukan Cuma berkunjung, mereka juga berjualan ke kota.

Bahkan, salah satu masyarakat suku Baduy mengaku pernah jalan kaki dari kampung Cikeusik (Banten) ke Bekasi dan Bogor. Duh, kuat ya gengs kakinya.

 

2. Beda pakaian Suku Baduy dalam dan luar

fakta suku baduy

Sumber: yukepo.com

Kengkawan tahu nggak apa yang membedakan suku Baduy dalam dan luar? Ternyata bedanya terlihat dari baju yang mereka pakai gengs. Kalau Baduy dalam, bajunya warna putih dan pakai ikat kepala putih.

Sedangkan Baduy luar, bajunya hitam dan biru gelap. Jadi nggak ada tuh yang pake baju warna ngejreng atau motif polkadot. No!

3. Larangan berkunjung ke Baduy selama tiga bulan

fakta suku baduy

Sumber: ashadinatha.wordpress.com

Meskipun bukan beragama islam, masyarakat Baduy juga punya kewajiban puasa tiga kali dalam setahun hingga tiga bulan berturut-turut gengs.

Puasa ini disebut dengan “Kawalu”, dan selama puasa berlangsung suku Baduy dalam tidak menerima kunjungan. Hanya boleh di Baduy luar. Itu pun nggak dibolehin nginep gengs.

4. Perjodohan masih berlaku

fakta suku baduy

Sumber: triptrus.com

Ternyata di suku Baduy masih menganut kisah Siti Nurbaya alias perjodohan gengs. Para gadis dan perjaka di sana akan dijodohkan dengan sesama suku Baduy.

Jadi, kalau anak gadisnya sudah masuk usia 14 tahun, orangtuanya akan langsung mencarikan laki-laki untuk dijadikan menantu. Duh, nggak kemudaan tuh tante 14 tahun?

5. Di Baduy Dalam, Pu’un dianggap presiden

fakta suku baduy

Sumber: bantennews.co.id

Pu’un itu sebutan kepala adat di suku Baduy gengs. Kepala suku ini punya derajat yang lebih tinggi dibanding masyarakat Baduy lainnya.

Yaa, ibaratnya Pu’un ini presiden dari Suku Baduy yang punya wewenang buat ngatur kapan harus panen atau tanam. Dan nggak semua warga Baduy bisa ketemu Pu’un.

6. Ayam adalah makanan mewah

fakta suku baduy

Sumber: kompasiana.com

Fakta Suku Baduy, makan ayam itu adalah santapan mewah gengs. Mereka makan ayam nggak tiap hari, nggak sering-sering. Paling satu bulan sekali, atau saat upacara adat.

Padahal, banyak ayam yang berkeliaran di sekitar kampung. Jadi, kalau kengkawan lagi main di Baduy yaa jangan ngarep-ngarep makan ayam ya. Kalau delivery boleh nggak ya?

7. Peralatan mandi yang alami

fakta suku baduy

Sumber: pegipegi.com

Kalau kengkawan mandi pasti peralatan wajib yang digunakan nggak jauh-jauh dari odol, sikat gigi, sampo, dan sabun. Belum lagi kalau perempuan, ditambah conditioner, body lotion, dan pernak-pernik lainnya.

Tapii, kalau lagi nginep di Baduy jangan harap bisa bawa alat tersebut gengs. Mereka nggak mau lingkungannya tercemar bahan kimia dari alat-alat mandi. Terus sabunnya? Pakai batu! Sikat gigi? Pakai sabut kelapa!

Nah, itu dia fakta-fakta suku Baduy gengs. Gimana gimana? Udah punya gambaran dong kehidupan di sana bagaimana? Kuy lah kita jalan-jalan ke sana. Btw, kengkawan mau berkunjung ke Baduy dalam atau luar?