Makanan khas Belanda yang Wajib Dicoba Kalau Berkunjung ke Sana, Bikin Sehat!

Belanda atau yang biasa disebut sebagai negara kincir angina merupakan negara yang unik, karena letak negaranya lebih rendah dari permukan laut yang ada di sekitarnya. Belanda memang mempunyai destinasi wisata yang sangat bagus dan waji banget kalian kunjungi jika sedang melakukan travelling ke Belanda. Salah satu wisatanya yang terkenal yaitu menelusuri sungai, menggunakan perahu yang sudah disiapkan.

Namun gak cuma tempat wisatanya saja yang wajib kalian kunjungi jika ke Belanda, kalian juga wajib mencicipi makanan-makanan khas dari negara yang berbatasan dengan Belgia ini, Guys! Berikut ini beberapa makanan yang wajb kalian cobain kalau berkunjung ke Belanda, Guys!

 

1. Keju Edam

Source: www.Thinkstock.com
Keju merupakan makanan tradisi orang belanda, seperti keju Edam yang terkenal karena rendah lemak dan kaya akan kalsium.

Keju mungkin sudah menjadi makanan tradisi untuk orang Belanda, Guys karena memang negara satu ini merupakan negara penghasil keju. Nama kejunya yang tersohor yaitu Keju Edam yang juga dikenal sangat rendah lemak. Itu berarti kalau kalian mau makan keju ini, gak perlu deh tuh takut jadi gendut, soalnya kan rendah lemak. Oh iya, selain rendah lemak, keju edam juga mempunyai kadar protein berjumlah 25 persen serta kalsium yang sangat tinggi. Keju edam diberi lapisan parafin berwarna merah dengan rasanya yang sedikit asin, namun tektusnya sangat lembut sekali.

 

2. Waterzooi dan Kippenwaterzoi

Source: www.LibelleLekker.com
Makanan satu ini berbentuk seperti sup, dan cara penyajiannya biasa dilengkapi dengan roti Baguette.

Dari namanya aja udah susah banget disebut ya. Makanan satu ini merupakan makanan khas Belanda yang wajib dikonsumsi saat musim dingin. Jadi, kalau kamu sedang ke Belanda dan musim dingin, wajib banget makan-makanan yang satu ini. Waterzooi dan Kippenwaterzoi merupakan makanan berbentuk sup yang awalnya merupakan sup ikan saja, namun karena pergeseran zaman, sup tersebut kini isinya bisa diganti dengan daging ayam. Jika kalian makan-makanan ini di Belanda, biasanya disajikan bersama dengan roti Baguette.

Baca Juga: 6 Restoran Teraneh di Dunia, Ada yang Berkonsep Menghina Pelanggannya!

 

3. Stamppot

Source: www.EetPaleo.com
Stamppot biasa dikonsumsi orang Belanda sebagai makanan untuk menghangatkan tubuh mereka di musim dingin.

Belanda yang terkenal dengan udara dinginnya, selain terdapat sup, Belanda juga mempunyai makanan yang bisa menghangatkan tubuh, nama makanan ini yaitu Stamppot yang terbuat dari kentang mashed potatotes dengan campuran wortel serta sayuran hijau lainnya. Selain rasanya yang lezat, makanan satu ini juga sehat. Kalau mau lebih nikmat lagi, kamu bisa menambahkan sosis Rookworst yang mempunyai ukuran jumbo, dijamin bikin perutmu kenyang!

 

4. Hutspot

Source: www.Reddit.com 
Biasanya warga Belanda menyantap Hutspot sambil ditemani dengan Jenever bir atau lebih di kenal dengan bir Belanda.

Kalau makanan yang satu ini, buat kalian semua yang menyukai daging, Guys. Bayangin aja, daging sapi disajikan di atas kentang yang sudah dilembutkan, hmm.. gak kebayang kan pasti enaknya kayak gimana? Terus makanan yang satu ini, selain bahan utamanya daging juga ditambahkan dengan campuran sayuran wortel, buncis, kentang  dan bawang bombay. Kalau makan Hutspot, biasanya warga Belanda menyantapnya sambil ditemani dengan Jenever bir atau lebih di kenal dengan bir Belanda.

Baca Juga: Jangan Ngaku Pecinta Pedas Kalau Belum Cobain Sambal Ini!

 

5. Sup Ercis

Source: www.cookpad.com
Meski memiliki tekstur seperti bubur, hal yang membedakan Sup Ercis dengan bubur adalah bahan-bahannya yang lebih kaya akan sayuran.

Jika sedang di Belanda ingin mencicipi makanan seperti bubur, kamu wajib mencoba Sup Ercis, Guys. Yap, makanan yang satu ini, memang mempunyai tektur lembut seperti bubur, namun yang membedakannya yaitu bahan-bahan untuk membuatnya yang terdiri dari kentang, daging sapi atau ayam dan ada wortelnya.

Baca Juga: Bukan Sushi, Ini Dia Makanan Rumahan Yang Populer di Jepang

Itulah makanan khas Belanda yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke sana, semua makanan khas Belanda memang terkenal sehat-sehat, karena bahan bakunya, terdiri dari campuran sayuran. Tertarik buat mencobanya?

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...