Acara besar yang ditunggu oleh semua mahasiswa dan mahasiswi di penjuru dunia adalah wisuda. Wisuda berarti sederet perjuangan lo saat belajar di bangku kuliah telah usai dan artinya lo siap untuk melangkah ke dunia berikutnya. Umumnya, acara wisuda di Indonesia memang formal, seperti penyerahan ijasah, lalu pemindahan tali toga, ada beberapa sambutan dan mentok hiburan dari salah satu mahasiswa yang mau menyumbang suaranya untuk bernyanyi. Nah, kalian tau ngga sih bahwa ada tradisi kelulusan yang justru acaranya spektakuler? Intip yuk di sini, kampus mana aja sih? 

1. University Of Coimbra, Portugal

blog.uniplaces.com

Kalo lo diterima di kampus ini, lo akan menerima pita dengan warna yang sesuai bidang studinya. Itulah tradisi di University of Coimbra, Portugal. Nah, setelah lulus, acara wisuda akan berlangsung meriah dengan tradisi membakar pita tersebut. Tradisi kaya gini juga dicontoh lho oleh universitas lainnya di Portugal. 

2. Kanazawa College of Art, Jepang 

sidomi.com

Di Indonesia perbedaan busana wisuda wanita dan pria, jelas beda. Wanita sibuk dengan kebaya dan rok batik, sedangkan pria sibuk menyiapkan jas yang gagah. Tapi, di negara Jepang justru membebaskan nih mahasiswa yang lulus untuk mengikuti acara wisuda dengan kostum apapun, termasuk cosplay. Seru ya? 

3. Norwegian University of Science and Technology, Norwegia 

blog.uniplaces.com

Nah, kampus yang ini ngga kalah seru. Sekitar satu bulan sebelum acara kelulusan, mahasiswa di Norwegia memulai tradisi russefeiring, yang artinya tradisi berdandan secara keseluruhan mewakili warna bidang studinya. Bayangkan, mahasiswa di sana juga secara berkelompok membeli sebuah bus besar yang di pasang sound sistem besar untuk di hias. Kompak ya? 

4. University of Padua, Italy 

www.flickr.com

Coba lu bayangin, udah capek capek belajar, lulus dan pas wisuda malah di ejek sama temen-temen. Sedih ya? Tapi, ini adalah sebuah tradisi di Padua dan di sebagian besar universitas lainnya di Italia. Wisuda artinya kesempatan yang baik untuk menghina di depan publik. What????? Yap, mahasiswa yang lulus akan diejek, disuruh berpakaian jelek, dan akan digambar karikatur oleh teman-teman dan keluarganya. Tapi, hal ini ga buat mereka sedih, justru jadi satu hal yang menyenangkan. 

5. US Naval Academi, USA 

Navy Live

Kalian pasti tau dong, tradisi ini juga ada di Indonesia, yang biasanya dilakuin oleh sekolah kedinasan, misalnya angkatan darat, laut dan udara. Tradisi melempar topi rupanya bermula di US Naval Academy, Amerika Serikat guys. Sebagai bentuk kelulusan, mahasiswa akan melempar topi yang artinya mereka tidak lagi membutuhkan topi tersebut. Tradisi ini sampai sekarang dipraktekan lho di sebagian besar upacara wisuda di berbagai kampus di seluruh dunia. 

Buat yang berkesempatan kuliah di luar negeri, share dong pengalaman kalian merayakan kelulusan wisuda di kampus masing-masing? Tentunya ga kalah seru ya dengan di Indonesia.