Nasi adalah makanan pokok wajib orang Indonesia. Sumber karbohidrat berwarna putih ini menjadi hidangan utama untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Biasanya nasi yang lo makan tampilannya biasa-biasa aja kan gengs, kayak nasi putih campur lauk. Udah gitu aja… Nah kali ini gue mau kasih tahu soal olahan nasi dengan sajian yang berbeda. Apa aja tuh? Kuy liat dijamin bikin ngidam:D

1. Rice Balls (Onigiri)

olahan nasi

Sumber : blog.tripvisto.com

Kalau lihat bentuknya lucu banget yak? Rice Balls atau yang biasa disebut onigiri ini adalah makanan tradisional khas Jepang yang berupa nasi kepal. Kemudian dibungkus oleh rumput laut nori, dibumbui garam yang didalamnya terdapat umeboshi (acar Jepang), okaka (serutan kering dan konbu, atau salmon. Bisa dibuat rumah lho gengs.

2. Nasi Jambalaya

makanan olahan nasi

Sumber : berrykitchen

Kalau dengar nama nasi yang satu ini pasti agak asing deh guys. Nasi Jambalaya ini adalah masakan favorit warga Lousiana, pengaruh bawaan dari Spanyol dan Perancis. Bahan utama membuat nasi ini, terdiri dari beras, daging, sayuran, dan air kaldu. Untuk bumbunya sendiri kamu bisa nambahin oregano, parsley, pasta tomat. Hmm kayanya enak ya gengs?

3. Nasi Bukhari

makanan olahan nasi

Sumber : pergikuliner.com

Olahan nasi yang satu ini berasal dari Timur Tengah, terutama negara Afghanistan. Bahan utamaya terdiri dari beras basmati, bawang, wortel, tomat, dan daging. Untuk bumbunya, ada kapulaga, cengkeh, kayu manis, jinten, saffron, garam, gula, dan merica. Tertarik buat bikin sendiri di rumah guys?

4. Risotto

masakan olahan nasi

Sumber : wikepo

 

Tampilan olahan nasi ini emang mirip kayak bubur nasi, tapi citarasanya berbeda banget lho. Ternyata Risotto banyak dijual di restoran Italia. Bahan utamanya, beras, bawang, mentega, kaldu, sayuran dan daging. Coba deh gengs bikin sendiri, biar gak penasaran dan gak jauh-jauh ke Italia :D

5. Nasi Ulam

masakan olahan nasi

Sumber : berrykitchen

Nah, kalau jenis olahan nasi yang ini namanya nasi ulam. Kedengarannya kayak asing, tapi sebenarnya nasi ulam ini udah banyak yang jual. Nasi ini dihidangkan dengan berbagai bumbu, ditambah dengan kemangi, ayam, telur, dan bihun nasi berwarna coklat ini bisa kamu santap saat sarapan atau makan siang. 

Gimana gengs beberapa masakan olahan nasi di atas bikin pengen yak buat cepet-cepet nyobain. Kalian bisa buat sendiri dengan mencari resepnya di internet kok. Gampang kan, siapa tau olahan nasi buatan kalian lebih enak. Mana menurut kalian yang paling bikin kenyang?:D