Guys, waktu emang gak berasa banget yak. Tiba-tiba udah mau akhir tahun aja nih, tentu liburan juga udah menanti dong. Cobain yuk jalan-jalan ke daerah Makassar, bagi kalian yang belum pernah menginjakkan kaki di sini pasti penasaran deh. Hmm.. ada apa aja ya di sana? Mari kita explore!

1. Pantai Losari

jejakpiknik.com

Siapa sih yang nggak tahu pantai losari? Pantai ini emang udah terkenal banget, pantai yang terletak di jalan Penghibur ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap pengunjung yang datang dari Makassar.

Kalau kamu ke sini banyak hal yang bisa dilakukan, seperti naik banana boat, memancing, berlayar dengan perahu, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk wisata kuliner khas Makassar, mulai dari pisang epe, coto, sop konro, dan es pallu butung.

2. Malino

http://hellomakassar.com

Malino adalah tempat wisata yang berada di dataran tinggi dan menawarkan panorama khas penggunungan. Kawasan ini berada sekitar 90 km dari pusat kota Makassar. Selama perjalanan menuju Malino, kamu akan disuguhkan pemandangan hutan pinus dan batu kapur yang indah.

Disini, ada banyak air terjun yang ndah seperti Air Terjun Tangga dan Air Terjun Takapala. Selain itu, ada juga kebun teh. Cocok nih bagi kalian yang pengen menghilangkan kepenatan dari Ibu Kota.

3. Pemandian Air Panas Lejja

http://cdn-media.viva.id

Pemandian air panas ini terletak di kawasan hutan lindung di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Pemandangan sekitar kolam pemandian sangat indah dengan banyak pepohonan rindang dan udaranya yang sejuk.

Pas banget nih guys kalau lagi mau bersantai bersama keluarga. Untuk biayanya sendiri sangat murah sekitar sebesar 5 ribu untuk dewasa dan 3.500 untuk anak-anak. Uniknya, air panas ini dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit kulit dan rematik karena ada kandungan belerangnya.

4. Taman Nasional Bantimurung

dolandolen.com

Taman nasional Bantimurung berada di Kabupaten Maros atau sekitar 45km dari pusat kota Makassar. Tempat wisata ini luasnya mencapai 43.750 hektar dengan wilayahya yang melingkupi bukit kapur, air terjun.

Ketika memasuki taman ini terdapat sebuah patung kupu-kupu raksasa yang siap menyambut pengunjung yang datang. Kamu juga bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu. Tersediajuga wahana flying fox. Seru ya:D

5. Jalan Somba Opu

ayogitabisa.com

Kalau udah puas jalan-jalan, beribur rasanya tidak lengkap kalau nggak mengunjungi pusat oleh-oleh. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Losari, ada Jalan Somba Opu yang ramai biasanya pengunjung mencari oleh-oleh khas Makassar di sini, seperti kerajinan tangan dan makanan yang khas. Jangan lupa ya mampir ke Makassar :D