Di ujung paling selatan planet bumi kita ini, ada salah satu daratan paling masif dan misterius di dunia, yaitu Antartika. Benua ini membentang hingga mencakup lebih dari 14 juta kilometer persegi, Ini yang bikin Antartika jadi benua terbesar kelima di dunia. Terletak hampir sepenuhnya dalam Lingkaran Arktik, yang berarti bahwa suhu secara konsisten di bawah nol sepanjang tahun, wah gak kebayang dong dinginnya kayak apa?

Kondisi yang ekstrem bikin kehidupan di benua ini nampak jarang, tetapi hewan yang menempati lanskap beku ini beradaptasi dengan baik untuk menangani kondisi yang bisa dibilang sangat keras, hal itu juga terlihat secara teratur oleh para penjelajah dan ilmuwan yang ada di sana. Meskipun bentang alam di Antartika tampak agak sepi, sebenarnya tempat ini adalah salah satu tempat paling menarik di dunia. Dari misteriusnya Antartika, ada beberapa hal menarik nih yang mungkin selama ini kamu gak tahu tentang kehidupan di sana, kuy simak info lengkapnya!

 

1. Gak Ada Siang Hari di Musim Dingin, Gak Ada Malam Hari di Musim Panas

Source: www.arm.gov
Letaknya yang jauh dari garis khatulistiwa, membuat Antartika tampak gelap di musim dingin dan selalu tampak terang di musim panas.

Pagi-pagi kita biasanya buka jendela disambut dengan sinar matahari pagi yang hangat, hal ini gak akan terjadi di musim dingin Antartika. Bagaimana nggak, karena jauhnya Antartika dari garis Khatulistiwa, gak ada matahari muncul di musim dingin. Karena kemiringan Bumi, malam hari di sana lebih dari 24 jam. Sebaliknya, di musim panas kita gak akan menemui malam hari di Antartika. bahkan ketika waktu menunjukkan tengah malam, matahari masih akan muncul. Dalam hal ini, Antartika kebalikan dari Arktik atau kutub Utara. Di sana, juga mengalami hal serupa, di mana jika Kutub Utara siang hari, di Antartika malam hari.

 

2. Memiliki Seluruh Zona Waktu Bumi

Source: www.wikiwand.com
Salah satu keunikan Antarika adalah, tempat ini memiliki seluruh zona waktu yang ada di bumi.

Karena letaknya yang berada di ujung planet kita ini, Antartika memiliki seluruh zona waktu yang ada di bumi. Semua garis bujur yang kita gunakan untuk menentukan zona waktu bertemu di kedua kutub, Utara dan Selatan. Jadi secara harfiah, jika kalian tinggal di Kutub Selatan kamu bisa memasuki berbagai zona waktu hanya dengan berjalan beberapa langkah. Karena hal ini, perayaan tahun baru adalah hal yang menarik di sana. Menurut mereka yang pernah menghuni fasilitas riset di Kutub Selatan, tahun baru adalah saatnya pesta karena mereka secara harfiah bisa merasakan detik pergantian tahun dari setiap waktu di Bumi.

Baca Juga: Makhluk Mengerikan Yang Selalu Ada Dalam Peta Bajak Laut, Cuma Mitos Apa Beneran Ada?

 

3. Lapisan Es yang Super Tebal

Source: www.1zoom.net
Antarika menyimpan 70% air tawar di seluruh pelanet bumi.

70 persen air tawar di planet bumi terdapat di lapisan es yang menutupi Antartika. Di beberapa tempat, ketebalan es di Antartika bisa mencapai 4 km. Jika es di Antartika mencair, permukaan laut dunia akan naik 60-65 meter. Hanya kurang dari 2% saja wilayah Antartika yang tidak tertutup es, termasuk McMurdo Dry Valleys yang disebut sebagai tempat terkering di dunia. Fenomena es mencair sebenarnya sudah terjadi sekarang ini karena pengaruh pemanasan global. So, sebaiknya kita sebagai makhluk yang tinggal di Bumi harus lebih menjaga alam lagi ya!

 

4. Lebih Dingin Dari Kulkas

Source: www.snowbrains.com
Suhu terendah yang pernah tercacat di Antartika adalah minus 89,2 derajat Celsius.

Udah gak mengejutkan lagi kalo Antartika adalah tempat terdingin di dunia. Namun mungkin kalian gak punya gambaran sedingin apa. Suhu rata-rata saja sekitar minus 51 derajat Celcius. Juli selalu jadi bulan terdingin di Antartika dengan suhu rata-rata minus 60 derajat Celcius hingga minus 63 derajat Celcius. Ini saja tak cukup, soalnya temperatur terdingin yang pernah dicatat di Antartika sampai suhu minus 89,2 derajat Celcius. bahkan freezer di kulkas kita saja gak sampai minus 20 derajat Celsius loh, Guys!

Baca Juga: Penemuan Arkeologi Penting yang Mengungkap Tabir Sejarah

 

5. Dry Valleys Antartika, Tempat Paling Kering di Bumi

Source: www.atlasobscura.com
Dry Valleys memiliki luas 0.03% dari luas benua Antartika dan menjadi tempat paling kering di sana.

Meskpiun dikenal dengan tempat yang memiliki suhu yang super dingin, di sana terdapat juga tempat yang gak tertutup oleh salju, yaitu Dry Valley. Tempat tersebut merupakan sebuah kawasan di Antartika yang gak tertutupi salju abadi yang pada umumnya merupakan ciri khas dari Antartika. Lebih dari dua juta tahun, gak ada curah hujan di lembah ini. Selain itu, tempat ini juga tidak mengandung uap air (air, es, atau salju), akan tetapi memiliki tingkat kelembapan yang sangat tinggi.

Luas Dry Valleys mencakup 0.03 persen dari luas benua Antartika. Sebagaimana yang diketahui, sekitar 14 juta kilometer persegi dari total luas benua Antartika terselimuti salju yang ketebalannya bisa mencapai 2000 meter bahkan 4.800 meter. Pada musim dingin, es juga membekukan lautan, sehingga sulit membedakan mana daratan mana lautan.

Baca Juga: Lagi di Jayapura? Tempat Wisata Ini Bisa Jadi Rekomendasi Buat Kamu Kunjungi!