Kreasi Dari Kemeja Lama, Bisa Jadi Macem-Macem!

Kemeja Lama
Source: manmadediy.com

Kreasi dari kemeja lama. Bisa jadi macem-macem!
Lo punya kemeja yang udah kekecilan atau kebesaran? Jangan dibuang! Lo bisa sulap kemeja itu jadi macem-macem barang fungsional, lho. Nah, ini dia 7 swakarya yang bisa lo coba buat dari kemeja lama.

1.Sarung bantal

Kemeja 1

Source: dapurprint.co.id


Buat bikin sarung bantal dari kemeja, alat dan bahan yang dibutuhin adalah gunting, spidol, benang, jarum, dan resleting/tali. Sebelumnya, siapin dulu bantal sebagai patokan ukuran sarung bantal dari kemejanya ya. Ukur dengan cara memasukkan bantal ke dalam kemeja dan diberi tanda menggunakan spidol. Setelah itu, keluarin bantalnya dan jahit batas-batas yang udah ditandain pake spidol tadi. Jangan lupa sisain satu sisi yang tidak dijait rapat dan beri resleting/tali untuk tempat memasukkan bantal. Voila… jadi deh sarung bantal dari kemeja lama lo.

2.Tas

Kemeja 2

Source: rockingmama.id

Nah, yang ini caranya cukup gampang. Pertama, jahit bagian depan kemeja (belakang kancing). Lalu tentukan Panjang tas sesuai selera dan jahit rapat bagian bawah kemeja. Sambung kedua lengan buat dijadikan pegangan tasnya. Selesai! Gampang kan?

3.Diubah menjadi baju baru

Kemeja 3

Source: idemodelbusana.com


Gimana kalo masih pengen pake kemejanya? Gampang! Lo bisa kreasikan kemeja lo jadi baju baru. Ada beberapa ide untuk mengubah kemeja lama lo jadi baju baru. Berikut adalah contohnya:

Kemeja 4

Source: idemodelbusana.com

4.Syal

Kemeja 5

Source: zevyjoy.com

Ternyata kemeja lama lo yang kegedean juga bisa diubah jadi salah satu fashion item ini lho. Syal. Penasaran? Begini caranya. Buang bagian kerah dan lengannya. Gunting bagian pinggir kemeja. Setelah itu rentangkan kain kemeja. Gunting dan buang bagian kancingnya. Sekarang, lo tinggal menjahit dan menyatukan lagi deh, kain-kain kemejanya

5.Baju anak

Kemeja 6

Source: cerpen.co.id


Yang satu ini cocok buat lo yang bingung mau kasih kado apa buat keponakan atau adik-adik lo. Tenang, dengan sedikit menyulap kemeja lama lo, lo bisa bikin baju anak-anak. Cukup letakkan baju anak di atas kemeja lo buat jadi patokan. Setelah itu tandai dengan spidol dan gunting. Beri sisa satu cm di luar garis buat dijahit ya. Setelah itu tinggal rapikan dan jahit aja. Lebihan kainnya bisa untuk kreasi di bagian lengan baju, ikat pinggang, atau bisa juga dijadiin aksesori yang matching sama bajunya. Keren kan? Ini adalah beberapa contoh kreasi baju anak dari kemeja lama.

6.Rok

Kemeja 7

Source: idemodelbusana.com


Alat dan bahan yang dibutuhin buat mengubah kemeja lama jadi rok adalah gunting, benang, dan jarum. Ada beberapa cara ya, tergantung model rok yang diinginkan. Berikut dua contohnya. Cara pertama tinggal potong bagian atas kemeja dimulai dari krah sampai di bawah lengan, setelah itu tinggal rapikan bekas guntingan dengan dijahit sesuai dengan ukuran pinggang kamu. Jadi deh rok rempel dari kemeja bekas lo. Cara kedua punya prinsip dengan cara pertama. Hanya aja, setelah dipotong, sesuaikan dengan ukuran rok yang kamu punya dan tinggal jahit ulang dan jadi!

Kemeja 8

Source: idemodelbusana.com

7.Alas gelas, alas piring, dan lap

Kemeja 9

Source: beyourselfwoman.com


Nah yang ini paling mudah tahapannya. Untuk alas gelas, lo tinggal letakkan gelas di atas kemeja dengan cara terbalik dan tandai sekitar dua sampai tiga sentimeter dari bagian luar bibir gelas. Potong, jahit, dan rapikan. Untuk membuat alas piring bisa menggunakan cara yang sama ya. Sedangkan untuk membuat lap, tinggal potong-potong kemeja dengan ukuran yang diinginkan dan jahit bagian pinggirnya.

Gimana? Simple dan bermanfaat ya daripada dibuang. Selamat mencoba.

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...