Source: https://www.amazon.com/Handcraft-Little-Justice-Hipster-Underwear/dp/B00DCKPI2K

Sebagian besar dari kita gak pernah memikirkan pakaian dalam apa yang akan kita pakai. Kita biasanya cenderung lebih fokus pada pakaian luar kita. Ternyata itu kebiasaan yang salah lho. Berikut adalah kesalahan-kesalahan pemilihan pakaian dalam yang mungkin kalian buat.

1. Memilih pakaian dalam dengan bahan yang salah

Source: https://www.target.com/p/fruit-of-the-loom-174-women-s-coolblend-4pk-bikini-colors-may-vary/-/A-52450719

Jujur deh, pasti kalian jarang atau bahkan gak pernah memikirkan pakaian dalam kalian terbuat dari bahan apa. Mulai sekarang perhatikan ya. Pakaian dalam terbaik terbuat dari bahan katun. Pakaian dalam dengan bahan sutra atau sintetis dapat menahan kelembaban yang bisa meningkatkan resiko munculnya jamur dan infeksi bakteri.

Kalo kalian terlanjur nyaman dengan pakaian dalam dengan bahan sutra atau sintetis, lapisi bagian intinya dengan kain katun kalo kalian berencana memakainya dalam waktu agak lama.

2. Menggunakan ukuran yang salah

Source: https://www.aliexpress.com/item/2016-New-Arrival-women-s-briefs-lingeries-Plus-Size-XXL-6XL-Big-Size-underwear-women-panties/

Udah jelas kalo menggunakan pakaian dalam yang terlalu longgar bisa gak nyaman dan bisa aja melorot kapanpun. Pakaian dalam yang terlalu ketat bahkan lebih parah lagi efek sampingnya. Pakaian dalam yang terlalu ketat bisa menyebabkan gesekan dan iritasi di bagian intim kalian.

Selain itu, gak adanya ruang untuk udara menyebabkan daerah intim kalian lembab dan jadi tempat yang mudah untuk tumbuhnya jamur. Jadi, jangan salah lagi pilih pakaian dalam ya!

3. Punya kulit yang sensitif tapi memilih pakaian dalam berwarna

Source: https://www.aliexpress.com/item/Childred-Cotton-Big-Girls-White-Panties-Kids-Floral-Underwear-High-Quality-Cute-Girl-Soft-Underpants-10/

Emang menyenangkan bisa punya pakaian dalam dengan berbagai macam warna dan motif. Tapi, kalo kalian punya kulit di daerah intim yang sensitif, usahakan hindari ya! Pewarna kain bisa mengiritasi kulit halus di sekitar daerah intim. Apalagi jenis pewarna yang luntur saat dicuci, akibatnya bisa lebih fatal lagi.

4. Menggunakan pakaian dalam yang salah saat berolahraga

Source: https://medium.com/@drstephanie/why-you-shouldnt-have-protein-right-after-your-workout-fb9c3f2be9e7

Terlalu serius memilih pakaian yang stylish buat berolahraga dan malah melupakan pakaian dalam yang tepat? Ini bisa jadi masalah serius. Menggunakan pakaian dalam yang salah bukan cuma bisa buat kalian gak nyaman, tapi juga bisa mengganggu kesehatan kalian.

Saat berolahraga, tubuh kita memproduksi lebih banyak keringat. Menggunakan pakaian dalam yeng ketat bisa membuat udara sulit masuk dan “mengurung” keringat di bagian intim kalian. Ini bisa menyebabkan infeksi dan tumbuhnya jamur. Jadi, gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat dan pilih yang gak terlalu ketat.

5. Gak mengganti pakaian dalam setelah berolahraga

Source: https://www.shape.com/fitness/tips/3-things-you-need-do-immediately-after-workout

Jamur bisa berkembang biak dengan cepat di tempat yang lembab, gelap, dan hangat. Setelah berolahraga, daerah intim kalian adalah tempat paling mendukung pertumbuhan jamur. Bukan cuma meningkatkan resiko tumbuhnya jamur, tapi gak mengganti pakaian dalam segera setelah berolahraga juga bisa menyebabkan infeksi di area selangkangan akibat gesekan celana dalam yang penuh keringat dengan kulit selangkangan.

6. Mengeringkan pakaian dalam dengan mesin pengering

Source: http://vietbao.vn/Doi-song-Gia-dinh/Cu-dung-quan-lot-the-nay-bao-sao-chi-em-lai-de-viem-nhiem-phu-khoa/170317387/246/

Mungkin lebih gampang mencuci pakaian dalam kalian dengan mesin cuci dan mengeringkannya disana sekaligus. Padahal, itu bisa jadi masalah. Menurut Women's Health. Pakar lingerie, Jenny Altman, panas bisa memecah kain, yang berarti keelastisan pakaian dalam kalian akan berkurang dengan cepat, alias gampang kendor. Supaya lebih awet, keringkan pakaian dalam dengan dijemur di bawah sinar matahari. Karena ukuran pakaian dalam relatif kecil, gak butuh waktu lama kok biar kering!

7. Jarang beli yang baru

Source: http://chavellys.com/aprende-a-combinar-tus-prendas-intimas/

Menggunakan pakaian dalam sampe compang camping dan jarang beli yang baru? Bukan cuma bisa keliatan jelek, tapi juga bisa menimbulkan masalah lain. Pakaian dalam yang udah terlalu lama bisa kehilangan elatisitas dan jadi kendor. Pakaian dalam yang kendor bisa gak nyaman dan menambah gesekan. Ini bisa menimbulkan luka iritasi di daerah intim kalian. Segera buang dan beli yang baru!