Kepulauan Svalbard, Pesisir Dingin di Utara Bumi

 

Pulau yang ada di wilayah Norwegia ini, diselimuti salju abadi yang selalu menemani kamu. Tempatnya itu tepat banget di pesisir, makanya namanya itu Svalbard yang berarti “Pesisir Dingin”. Svalbard itu pertama kali muncul pada tahun 1194 dalam catatan sejarah Islandia. Tetapi, tanah ini baru dicantumkan di peta setelah ”ditemukan” 400 tahun kemudia  pada tahun 1596.

 

Sejarahnya sih, ketika itu, sekelompok penjelajah asal Belanda yang dipimpin oleh Willem Barents sedang berlayar ke utara sewaktu pengamat di kapal itu melihat tanah tak dikenal di cakrawala, barisan gunung yang bergerigi. Para penjelajah ini tiba di bagian barat laut Svalbard, yang Barents namai ”Spitsbergen”, yang berarti ”Gunung-Gunung Runcing”.

Kalau kami nanti mampir kesini, urutannya itu abis dari bandara Svalbard kamu sewa mobil deh terus jalan dulu Longyearbyen, sebuah tempat yang termasuk modern, karena menyediakan fasilitas umum, seperti supermarket, hotel, perpustakaan umum, bank dan taman kanak-kanak. Nah disitu kamu bisa menetap dan menikmati aurora, sebuah fenomena alam yang menjadi cirri khas kutub utara. Uniknya, kegelapan pada musim dingin sering kali dihalau oleh aurora borealis, atau cahaya kutub utara. Sebaliknya, matahari menerangi Svalbard pada tengah malam selama bulan-bulan musim semi serta musim panas.

Terus nih kalo kamu jalan-jalan di sekitar Svalbard, harus hati-hati loh sama Beruang kutub, raja daerah Artika. Beruang kutub emang dianggap banyak orang sebagai mamalia laut, karena menghabiskan sebagian besar waktunya di lempeng es laut sambil berburu anjing laut. Tetapi, kamu bisa aja bertemu beruang kutub yang mengembara sendirian hampir di seluruh penjuru Svalbard. Jadi ya kamu harus hati-hati, kalo bisa pake pemandu wisata untuk mengelilingi pulau ini, karena pasti mereka menyediakan senapan untuk menjaga diri dari terkaman hewan buas tersebut. 

Uniknya di Svalbard ini ada juga sebuah kubah di salah satu pulau paling utara di kepulauan ini. Ini adalah sebuah bunker tempat menyimpan bibit dan biji-bijian tumbuhan secara global, terutama tanaman asli Svalbard.

Kubah ini dibangun di atas sebuah pertambangan batu bara yang telah ditinggalkan. Tempat ini kerap disebut Doomsday Seed Vault ini merupakan kebijakan asuransi dunia terhadap adanya bencana botani. Dengan demikian, produksi pangan pun akan tetap terjaga, terutama ketika bencana regional ataupun global terjadi di Bumi.

Nah, uniknya kepulauan ini sempet terekspose dengan salah satu video klip band asal Inggris, Clean Bandit. Mereka melakukan syuting video klip yang keren di kepulauan ini dengan menggunakan alat transportasi khas kutub utara yaitu kereta yang ditarik serigala dan juga menari-menari di tengah selimut salju yang memanjakan mata. Ditambah lagi nih lagu mereka itu enak banget loh, judulnya itu Come Over. Sedikit bercerita tentang lagu ini, dinyanyikan oleh Grace Chatto dan kawan-kawan nada yang dibawakan itu asik banget loh. Nah cocok deh untuk membayangkan bergoyang-goyang ditengah salju yang menyelimuti kutub utara di kepulauan Svalbard

Nah gimana sobat Dagelan, pasti kamu dari tadi kebayang kan dinginnya kepulauan Svalbard ini?

Ya siapa tau kamu lagi mampir-mampir ke Denmark, Islandia, Inggris atau Norwegia, cobain deh mampi ke tempat yang satu ini kalo kamu emang pengen liat aurora. Selain fenomena alam aurora, ada juga loh suasan flora dan fauna dan beberapa kebiasaan warga local yang pastinya bikin kamu takjub deh! Cus deh buruan nabung, terus mampir kesana!
 

 

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...