Banyak yang bilang kalo cowok yang punya perut buncit itu gemesin. Siapa yang setuju, angkat tangannyaaaa. Kalo yang punya pikiran kaya gitu, kayanya butuh pencerahan nih. Perut buncit gak selamanya gemesin lho. Perut buncit itu banyak jenisnya. Dan, bisa aja perut buncit kalian menyimpan “masalah” yang gak kalian sadari. Mau tau jenis perut buncit? Ini dia, baca ya.

 

1. Perut kembung

Source: https://www.feedme.id/nyantai/penyebab-perut-buncit/

Perut buncit karena kembung biasanya mengeluarkan bunyi kayak drum saat ditepuk. Mereka yang mengalami perut kembung merasa ada gelembung udara di saluran pencernaan. Biasanya, berat badan gak mengalami perubahan yang drastis ya kalo buncitnya karena kembung. Tapi ukuran lingkar pinggang berubah, udah pasti sih. Namanya juga buncit pak. Penyebabnya apa sih? Jadi, saat makanan dalam perjalanan menuju usus dan dihancurkan, bakteri yang memakan makanan tersebut bakal membuat enam sampai delapan liter gas. Nah, kalo bakteri usus mengalami kesulitan dalam menghancurkan makanan tertentu, mereka bakal mulai melakukan fermentasi, bikin lebih banyak angin, yang akhirnya mendorong dinding perut ke arah luar. Jenis makanan yang bisa memicu perut kembung di antaranya ada gandum, bawang putih, buah ceri, jamur, dan lain sebagainya.

 

2. Perut bir

Source: http://joy105.com/index.php/2018/03/27/what-he-thought-was-a-beer-belly-was-a-30-pound-cancerous-tumor/

Jenis perut buncit ini biasanya dialami pria dewasa nih. Perut buncit karena minum bir biasanya berbentuk menonjol ke depan hingga sebatas pinggang, tapi bagian tubuh bawah gak mengalami kegemukan. Jadi Cuma peutnya aja gitu. Anggota badan lainnya tetep aja biasa. Penyebab perut bir udah pasti karena terlalu banyak konsumsi alkohol. Eits, bukan Cuma karena itu ya, perut bur juga bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan. Lemak pada orang yang banyak mengonsumsi alkohol terletak mulai dari perut ke panggul dan juga dapat menelusup di antara organ-organ dalam, seperti isi perut, usus, dan hati. Lemak jenis ini disebut sebagai lemak visceral, lemak yang bisa mendorong dinding perut  ke luar sampai keliatan buncit.

 

3. Perut stres

Source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/alasan-tidak-bisa-memiliki-perut-rata/

Ya, perut juga bisa stres, dan bentuknya mencuat ke depan, tapi lebih kendor dibandingkan perut bir.  Tonjolan perut sering dimulai dari bagian bawah dada, lalu membentuk roll lembut dan menggantung di atas pinggang. Kalo terus-menerus stres, cadangan lemak bakalan bersarang di perut bagian bawah, dekat dengan liver, dan memperlambat proses pembakaran lemak. Kalo lo punya perut buncit tipe ini, atasi dengan mengurangi tingkat stres dan cukup tidur.

 

4. Perut pir

Source: https://www.humanresourcesonline.net/company-making-employees-fat/

Ini dia perutnya para pekerja kantoran. Ciri-cirinya adalah pinggang yang kecil tapi lemak menggelambir mulai dari area dada sampai perut . Jadi sekilas bentuk badan mirip buah pir. Kalo sel-sel lemak di daerah ini terstimulasi secara berlebihan, berat badan bakal terus bertambah dan badan lo makin mirip buah pir. Yoi gak tuh? Untuk mencegah bagian bawah tubuh makin besar, hindari makan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan konsumsi lebih banyak biji-bijian dan makanan berserat.

 

5. Perut tiroid

Source: https://www.eatthis.com/hypothyroidism/

Pada jenis perut tiroid, bukan cuma perut yang membesar, tapi juga beberapa bagian tubuh lainnya, kayak lengan dan kaki, jadi penderitanya seakan-akan keliatan membengkak. Penyebabnya adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher yang membuat hormon tiroksin, yang mengontrol seberapa cepat lo memproses kalori dalam makanan. Untuk mengatasi kondisi ini, lakukan pemeriksaan ke dokter biar akurat karena gejalanya terkadang gak jelas. Gejala yang harus diwaspadai adalah mudah capek, kaki dingin, dan metabolisme melambat. Bahaya ya kalo didiemin.

 

Jadi, perut buncit bukan selalu karena ada lemak yang menumpuk di bagian perut. Ada banyak kemungkinan munculnya perut buncit. Mulai sekarang, lebih perhatian sama badan sendiri ya.