Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Kelakuan Bikers yang Membahayakan dan Bikin Orang Lain Kesel

Adimart Arminadi Dec 27, 2016 5:17 AM
Sepeda motor emang menjadi sarana transportasi paling ampuh untuk menghadapi kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta. Ngga heran dong kalo pertumbuhan sepeda motor di Indonesia cukup tinggi. Kaya
Sepeda motor emang menjadi sarana transportasi paling ampuh untuk menghadapi kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta. Ngga heran dong kalo pertumbuhan sepeda motor di Indonesia cukup tinggi. Kayanya hampir semua kalangan punya sepeda motor deh, mulai dari anak SMP sampe pekerja kantoran. Tapi saya yakin kok di luar sana masih banyak pegendara motor yang taat dengan peraturan dan sangat memperhatikan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain. Tapi masih banyak juga loh yang suka seenaknya kalo berkendara, padahal kan jalanan itu milik bersama. Apa aja contohnya? Yuk bikers kita simak.

1. Ngebut-ngebutan

Bikers
Sumber : Beraneh.blogspot.com


Karena kena macet terus, sekalinya ketemu jalan kosong udah berasa lagi di sirkuit. Apalagi kalo ada pengendara yang cepet panas, ngeliat motor sebelahnya ngebut, eh dia ikut-ikutan ngebut. Giliran pengguna jalan lain pada ketar-ketir deh. Seharusnya sih mereka tahu kalo jalanan itu milik bersama, jadi sudah seharusnya dong saling menghormati dengan pengendara lain. Lagian semua orang juga pengen buru-buru sampe rumah kok.

2. Knalpot Bising dan Ngebul

Bikers
Sumber : Malesbanget.com


Buat kamu yang punya motor dengan knalpot bising pernah kepikiran ngga sih kalo orang-orang pada keganggu sama suara berisiknya? Apalagi udah berisik terus pake digeber-geber segala lagi. Suara sember knalpot gitu emang bagus yah? Udah gitu motor kamu Cuma matic yang emang sengaja didesain dari pabriknya pake knalpot yang kalem untuk meminimalisir suara, eh malah seenaknya diganti pake knalpot berisik. Dobel nyebelinnya kalo knalpotnya ngebul terus sengaja di arahin agak ke atas. Kasian deh yang kedapetan di belakangnya kebagian asep knalpot.

3. Merokok Sambil Berkendara

Bikers
Sumber : Otomercon.com


Selain berbahaya, merokok sambil berkendara juga ngga baik buat kesehatan loh guys, soalnya bisa bikin paru-paru basah. Udah gitu yang bikin pengendara lain risih adalah abu rokok yang kamu buang sembarangan bisa menyebabkan pengendara lain yang sedang sial jadi kelilipan. Apalagi kalo abunya masih panas. Kebayang kan kayak apa perihnya tuh mata yang kena abu panas? Makanya, lebih baik kalo emang mau ngerokok bagusnya sih berhenti dulu aja yah, guys.

4. Menerobos Lampu Merah

Bikers
Sumber : Annida-online.com


Ngga Cuma motor aja sih yang suka bandel, angkutan umum dan mobil pribadi juga suka kok. Tapi yang paling sering sih sepeda motor. Soalnya kan emang bentuknya yang fleksibel jadi memungkinkan untuk mereka-mereka yang ngga sabaran buat nerobos lampu merah. Kalo lagi untung kamu bisa selamat sampe seberang, kalo sedikit sial palingan kena klakson dan makian orang-orang, kalo lagi bener-bener sial kamu bisa ketabrak kendaraan lain. Eits, tapi jangan seneng dulu kalo kamu berhasil sampe seberang dengan selamat, siapa tahu udah ada polisi yang lagi nungguin kamu.

5. Berhenti Seenaknya

Bikers
Sumber : Republika.co.id


Padahal udah jelas-jelas ada rambu dilarang berhenti atau parkir, tapi tetep aja pada bandel. Kalo ditanya pasti alesannya Cuma sebentar lagi nunggu orang. Padahal keadaan jalan lagi macet-macetnya. Apalagi sekarang ditambah ojek online yang makin banyak. Seharusnya sih setiap gedung udah nyediain tempat buat para ojek online ini menunggu, tapi kebanyakan masih belum ada. Jadinya mereka harus nunggu di pinggir jalan yang udah macet deh. Kan kasian juga drivernya jadi kena omel orang karena bikin macet.

6. Ngga Mau Disalahin

Bikers
Sumber : Otosia.com


Jelas-jelas dia yang nyerempet tapi tetep aja orang lain yang disalahin. Siapa hayo yang kaya gini di jalan? Keadaan jalanan yang padat emang bikin tensi para pengendara cepet naik. Jadi udah wajar banget kalo ada yang kesenggol dikit langsung marah-marah. Nah biasanya nih para pengendara motor suka ngga mau disalahin kalo udah nyerempet kendaraan lain, apalagi mobil. Tinggal bilang aja, "jangan mentang-mentang naik mobil bisa seenaknya dong. Situ kan orang kaya mampu beli mobil, lah saya Cuma bawa motor".

7. Modifikasi yang Tidak Sesuai

Bikers
Sumber : Motorplus-online.com


Apapun modelnya, yang namanya modifikasi motor apalagi sampai menghilangkan nilai keamanan kendaraan tersebut, udah sepatutnya menyalahi aturan. Saya yakin kok, para desainer motor tersebut sudah merancang sebaik mungkin motor yang kamu pakai ini dengan perhitungan yang matang supaya nantinya para pengendara motor bisa berkendara dengan aman. Tapi apa yang terjadi? Dengan alasan keindahan atau supaya bisa lebih kenceng, banyak motor-motor yang dimodifikasi sembarangan yang selain membahayakan diri sendiri juga orang lain.

8. Lewat Trotoar

Bikers
Sumber : Jateng.tribunnews.com


Di antara semua pengguna jalan, mungkin Cuma pejalan kaki yang haknya dipakai pengguna lain. Trotoar sekarang ini udah berubah fungsi mulai dari tempat parkir, tempat jualan sampe ada yang buka warung tenda. Belum lagi ditambah ulah para pengendara motor yang ngga sabar yang meyerobot lewat trotoar. Yang nyebelin lagi, udah tau lagi ada pejalan kaki eh malah diklaksonin biar bisa lewat.

Sudah seharusnya yang namanya fasilitas umum dirawat, dijaga dan dipakai bersama-sama. Jadi coba mulai sekarang kita hormati para pengguna jalan yang lain. Andai saja kita semua tertib, bisa jadi kemacetan berkurang loh. Buat kalian yang sudah menjadi biker yang sopan, keep it guys! Buat kamu yang masih suka melanggar, ayo coba belajar ptuhi peraturan biar kota kota menjadi lebih baik.