Kepikunan gak semata-mata terjadi karena faktor umur lho. Buktinya, sekarang banyak kok orang yang masih muda tapi daya ingatnya parah. Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa sebabin kepikunan. Daripada keburu terlanjur, yuk kita kurangi kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin kita pikun kayak yang di bawah ini:

 

1. Sering dengerin musik dengan volume keras

Source: http://thechimeramagazine.com/2018/03/09/preacher-vulture-discusses-10-random-songs-cause-hes-bored/loud-music/

Mendengarkan musik dalam perjalanan, saat berolahraga, bekerja, atau saat santai emang jadi hiburan tersendiri. Apalagi menggunakan headset, ibaratnya seseorang jadi asyik dengan dunianya sendiri. Padahal secara gak langsung, kebiasaan ini bisa bikin kita cepet pikun. Kenapa? Karena sering-sering menggunakan headset atau mendengarkan music dengan volume keras itu bisa merusak pendengaran. Dan orang yang udah kehilangan pendengaran cenderung lebih gampang pikun.

Sebuah penelitian pada 2011 yang dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Kedokteran Johns Hopkins University dan National Institute of Aging menyebutkan bahwa mereka yang kehilangan kemampuan pendengaran lebih rentan terhadap kepikunan. Saat pendengaran berkurang, seseorang akan mulai merasa terisolasi dari lingkungan sosial, yang ternyata adalah salah satu faktor yang mempercepat kepikunan.



2. Gak digunakan buat belajar

Source: http://internationalenglishexamstips.blogspot.com/2017/07/effective-study-techniques-for-lazy-head.html#.W7YuI2gza01

Belajar hal baru erat kaitannya pada peningkatan aktivitas otak. Saat otak gak dibiasakan belajar hal-hal yang baru, maka otak bakal lebih cepat mengalami penuaan yang mengarah pada kepikunan. Bukan hanya kepikunan, masalah lain seperti alzheimer pun bisa menyerang.



3. Gak menjaga pertemanan

Source: https://people.howstuffworks.com/what-is-friendship.htm

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2011 yang dipublikasikan oleh Journal of the International Neuropsychological Society menyebutkan bahwa lingkaran pertemanan yang mengalami penurunan jumlah akan meningkatkan resiko kepikunan.



4. Makan Terlalu Banyak

Source: https://www.diggitmagazine.com/column/mukbang-ludic-way-have-meal

Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, bisa berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun dan cenderung gampang mengalami kepikunan dini.

 

5. Kurang Tidur

Source: https://blog.fitwell.co/discover-why-youre-feeling-sleepy-or-tired-during-the-daytime-121d72a1779b

Otak memerlukan tidur sebagai masa beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama bakal mempercepat kerusakan sel-sel otak.

 

6. Jarang berkomunikasi

Source: http://veteranstochrist.org/ministry/the-weight-of-your-words/attachment/tape-on-mouth/

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual bisa memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi bakal menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

7. Memikirkan banyak hal saat sakit

Source: https://www.qerja.com/journal/view/8163-menurut-penelitian-ini-empat-cara-agar-berhenti-overthinking/

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat sedang sakit ternyata bisa menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak lho. Alhasil, otak bakal gampang pikun!

 

8. Terlalu lama menggunakan smartphone

Source: https://www.readersdigest.ca/health/healthy-living/5-ways-avoid-technology-addiction/

Penyebab utamanya tentu aja adalah radiasi. Ya, pancaran gelombang alias radiasi yang berasal dari smartphone bisa menyerang dan membahayakan otak penggunanya. Apalagi kalo lo pake dalam jangka waktu lama atau secara terus-menerus. Radiasi bernama RF-EMR adalah radiasi yang bisa lo alami kalo gunain smartphone secara berlebihan. Radiasi ini menyebabkan penampilan ingatan figural rusak dan menurunkan kemampuan otak dalam mengingat bentuk-bentuk abstrak.

 

9. Sering Bertelepon di Telinga Kanan

Source: https://www.carloisles.com/free-call-to-philippines-for-ofw/

Hasil penelitian Swiss TPH juga mengungkap fakta yaitu kecenderungan pengguna smartphone, terutama generasi muda, menggunakan smartphone di telinga bagian kanan entah untuk bertelepon ataupun aktivitas lain. Ternyata, hal itu sangat berpengaruh pada lebih cepatnya kerusakan ingatan! Jaringan kulit dan otak yang ada di sebelah kanan ternyata lebih mudah menyalurkan gelombang yang dihasilkan dari radiasi smartphone. Hasilnya, dampak buruk radiasi tersebut semakin mudah menjangkit pengguna. Salah satu yang paling terlihat efeknya adalah penurunan fungsi otak dalam mengingat alias pikun di usia dini.

 

Wah, serem juga ya kalo masih muda tapi udah pikun. Dan ternyata penyebabnya hampir setiap hari kita lakuin tanpa sadar. Nah, buat meminimalisir kepikunan dini, lo bisa lakuin upaya-upaya pencegahan kayak yang ada di bawah ini:

1. Jadikan Olahraga sebagai kebutuhan dan rutinitas harian

2. membiasakan diri dengan tidur yang cukup.

3. Gunakan gadget dengan bijak.

4. Kendalikan rasa stress yang menyelimuti pikiran

5. Segera obati depresi

6. Cobalah dengan melakukan permainan yang berhubungan dengan daya ingat.

7. Jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan mengasah kemampuan otak.

8. Berusaha meningkatkan konsentrasi dan memfokuskan pikiran.

9. Tumbuhkan rasa optimis dalam diri.