Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Kebiasaan Sepele Yang Mempercepat Proses Penuaan Kulit, Gak Nyangka

Nurus Sobah Nov 21, 2018 6:00 AM
Gak lain gak bukan, hal ini karena banyak perempuan di luar sana yang udah mengalami tanda-tanda penuaan dini padahal usia mereka masih relatif muda.

Source: https://www.leafscience.org/skin-aging/

Akhir-akhir ini banyak bermunculan skincare yang punya fungsi anti-aging. Gak lain gak bukan, hal ini karena banyak perempuan di luar sana yang udah mengalami tanda-tanda penuaan dini padahal usia mereka masih relatif muda. Kenapa ya? ternyata, ada kebiasaan-kebiasaan sepele yang bisa memicu munculnya tanda penuaan dini lho. Apa aja sih? Ini dia:

 

1. Konsumsi alkohol secara berlebihan

Source: https://www.msn.com/en-us/health/wellness/do-you-drink-too-much-watch-out-for-these-signs/ss-BBN0eYW

Lo suka minum-minuman beralkohol? Hati-hati lho. Menenggak alkohol lebih dari 2 gelas sehari bakal jadi ancaman buat kulit lho. Kebiasaan buruk itu bisa mengurangi kadar kolagen, yaitu protein dalam tubuh yang menjaga kulit awet muda. Selain itu, konsumsi alkohol bisa membuat kulit lo dehidrasi, menyerap kelembaban dari kulit, hal tersebut bisa mempercepat proses kerutan dan inflamasi kulit.

 

2. Tidur dengan sarung bantal berbahan katun

Source: http://1000awesomethings.com/2011/08/09/183-sleep-lines/

Siapa yang suka nemuin garis-garis bekas lipatan sprei atau sarung bantal di pipi? Kalo terlalu sering bisa memicu munculnya kerutan lho. Apalagi kalo lo pake sarung bantal berbahan katun yang gampang kusut. Menurut ahli dermatologi, mendingan pake sarung bantal yang berbahan sutra buat menghindari kerutan dini. Kedengerannya emang lebay dan mahal ya. tapi, ini investasi lho. Daripada harus usaha ngilangin kerutan kalo udah pada muncul? Lebih susah kan? Mendingan mencegah daripada mengobati.

 

3. Bekerja terlalu keras setiap hari

Source: https://www.yahoo.com/lifestyle/young-people-want-work-life-balance-and-older-165552524.html

Bekerja dengan optimal setiap hari emang suatu kepuasan tersendiri buat lo yang “gila kerja”. Tapi, kalo lama kelamaan kebiasaan itu bisa berpotensi buruk buat kesehatan lo. saat melakukan banyak pekerjaan sekaligus, badan lo dipaksa buat melewati level stress melebihi kemampuannya. Dan kalo udah mencapai stress kronis, akibat yang ditimbulkan bakal lebih kompleks lagi. Khususnya buat kulit lo. yaitu, mempercepat proses penuaan, meningkatkan inflamasi kulit, menghancurkan kolagen, dan mempengaruhi penuaan epidermis. Kerja keras boleh, tapi sayangi diri sendiri juga penting ya. imbangi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi air putih yang banyak.

 

4. Mengurangi konsumsi lemak sehat

Source: https://www.betternutrition.com/recipes/sunflower-seed-butter

Tubuh butuh asupan lemak baik buat menjaga keseimbangan hormon dan keutuhan struktur sel membran. Lemak baik juga bisa bikin kulit lo jadi lebih sehat dan glowing! Contohnya, buah alpukat punya fungsi anti-aging dengan kandungan xanthophyll dan vitamin E yang menaikkan kadar kolagen dan elastin. Biji bunga matahari juga kaya dengan vitamin E, selenium, dan copper yang menjaga kulit agar tampak awet muda. Plus, biji-biji tersebut juga mengandung omega-6 dan linoleicacid yang membantu regenerasi sel kulit!

 

5. Perubahan temperatur yang drastis

Source: https://www.proactiv.com/en_us/skin-types-acne/dry-skin.html

Siapa diantara kalian yang suka berlama-lama dalam kamar yang dingin? Atau mungkin suka berendam air panas sepulang kerja? Kalo tubuh lo sering terkena temperatur udara yang terlalu dingin atau panas bisa mengurangi kelembaban kulit lo. kulit yang kering bisa menyebabkan inflamasi, mengurangi kolagen dan elastin di kulit lo. Alhasil, kulit lo bakal lebih cepet mengalami proses penuaan.

 

6. Mengaplikasikan parfum di leher

Source: https://www.faizabeautycream.com/blog/changes-in-beauty-routine-to-make-big-difference/landscape-1494415956-spraying-perfume/

Konon katanya, kalo menyemprotkan parfum di area leher bakal lebih lebih awet seharian. Emang gak salah ya, tapi tau gak sih? Kondisi kulit leher yang tipis dan lembut gak tahan dengan kandungan alkohol dalam parfum. Apalagi kalo diaplikasikan sebelum terkena sinar matahari. Itu bakal lebih memperburuk keadaan kulit lo. Ada kandungan dalam parfum yang bisa bereaksi saat terpapar sinar UV. Kulit leher lo bakal kering dan mempercepat proses munculnya kerutan di leher. Hmm… mending pake di pergelangan tangan sama rambut aja ya. Biar pas kibas-kibas rambut kecium wanginya. Hehe.

 

7. Minum menggunakan sedotan

Source: https://www.notonthehighstreet.com/greentulip/product/reusable-drinking-straws

Pasti kaget kan? Siapa yang bakal nyangka kalo kebiasaan sepele yang dilakuin hampir semua orang di Indonesia ini bisa mempercepat penuaan kulit? Saat menggunakan sedotan, otot dekat bibir bakal mengerucut dan kalo dilakukan secara terus-menerus alias sering, bisa mengakibatkan kerutan di sekitar mulut lho. Mendingan minum langsung dari gelasnya deh! Sekalian buat ngurangi penggunaan plastik gitu lho.

 

Gak nyangka ya, hal-hal yang keliatannya sepele bisa bikin kulit lo cepet “tua”. Nah, mulai sekarang kurangi kegiatan-kegiatan di atas ya. Sayangi kulit sejak dini 😊