Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Kamu Sering Ngerasa Kesepian? Coba Deh Lakuin Hal Ini!

Nurus Sobah Jan 23, 2019 1:00 PM
cara ampuh mengusir kesepian.

Guys, jujur deh seberapa sering kamu merasa kesepian? Kesepian gak cuma datang pada saat kamu lagi sendirian aja loh, kesepian juga bisa datang bahkan saat kamu lagi berada di keramaian. Jadi lajang atau jomblo bisa membuat kamu merasa kesepian, tapi bahkan kalo kamu berada dalam hubungan yang bahagia kamu mungkin masih berjuang dengan kesepian dari waktu ke waktu.

Untungnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat kamu merasa kesepian agar merasa lebih baik. Nah cocok banget nih buat kamu terapkan di hidup kamu kalau kamu masih suka merasa kesepian! Yuk simak info lengkapnya, cekidot!

 

1. Mendengarkan dan Membaca

Source: www.videoblocks.com

Mendengarkan cerita juga punya manfaat tambahan untuk membuat kamu merasa terhubung dengan orang lain.

Cara terbaik untuk keluar dari kesepian adalah membaca atau mendengarkan cerita. Kamu bisa mendengarkan berita yang mengkhusukan diri untuk mendengar kisah nyata pendengarnya. Kamu juga bisa membaca buku yang berkisah nyata. Mendengarkan cerita juga punya manfaat tambahan untuk membuat kamu merasa terhubung dengan orang lain. Mendengarkan cerita adalah cara yang menarik secara emosional dan bebas risiko untuk merasa terhubung dengan orang lain. Kamu bisa melalui perjalanan emosional, mendapatkan wawasan, dan perspektif ke dalam situasi sendiri.

Baca Juga: Punya 5 Ciri Ini? Berarti Kamu Berhati Sempit! Hindari dari Sekarang!

 

2. Menjadi Sukarelawan

Source: www.ndfya.com

Donasikan waktu kamu untuk orang lain dan kamu akan melihat seberapa cepat kesepian kamu lenyap.

Salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merasa kesepian adalah memberi. Kesendirian bisa berubah dengan sendirinya, meningkatkan keterasingan, memunculkan pikiran dan perasaan negatif yang meningkatkan rasa keterasingan seseorang. Ini membutuhkan upaya emosional yang sangat besar, tapi membantu orang lain dalam beberapa cara bisa mengurangi rasa kesepian dan memutus siklus negatif yang bisa dihasilkan. Penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal Online menunjukkan bahwa menjadi sukarelawan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Sekarang ini, banyak tempat yang membutuhkan tenaga sukarelawan, seperti sekolah-sekolah di pelosok, panti jompo, atau panti asuhan. Donasikan waktu kamu untuk orang lain dan kamu akan melihat seberapa cepat kesepian kamu lenyap.

Baca Juga: PDKT Sering Gagal? Caranya Salah Tuh, Jauhi Cara PDKT Kayak Begini!

 

3. Berkarya

Source: c.stocksy.com

Berkarya dengan melukis juga bisa membantu meringankan kesepianmu.

Berkarya seperti melakukan kerajinan tangan atau melukis juga bisa membantu meringankan kesepian kamu. Aspek kesepian yang paling menantang adalah perasaan hampa dan kerinduan untuk berhubungan dengan orang-orang, tetapi beberapa di antaranya bisa dihilangkan dengan mengeluarkan “sesuatu” dari dalam diri kamu.

Kegiatan kreatif apa pun bisa membantu, seperti menulis, menggambar, membuat tembikar, menciptakan puisi, atau menyanyi. Saat kamu menciptakan sesuatu, kamu mulai dari ruang kosong, halaman kosong, kanvas kosong, lalu kamu harus membuat pilihan tentang cara mengisi ruang kosong itu. Saat kamu menciptakan, kamu berhubungan dengan batin kamu. Belajar untuk mengekspresikan kehidupan batin kamu dengan cara ini juga bisa menambah keterampilan dan mengembangkannya dengan latihan. Hal itu bisa memperkuat diri.

 

4. Meditasi

Source: us.iahv.org

Latihan ini akan membantu kamu merasa terhubung dan berempati dengan orang lain yang kesepian.

Pernah gak kamu bermeditasi? Meditasi benar-benar bisa membantu kamu kalo kamu merasa kesepian. Duduk dengan tenang dan ketahuilah bahwa orang lain di luar sana merasakan perasaan kesepian yang sama, jadi kirim energi ke semua orang di luar sana yang menderita perasaan yang sama ini. dengan begitu kamu akan merasakan energi penyembuhan. Sama seperti mendengarkan cerita akan menghubungkan kamu dengan emosi orang lain, latihan ini akan membantu kamu merasa terhubung dan berempati dengan orang lain yang kesepian, yang akan membantu kamu merasa kurang sendirian.

Baca Juga: Hindari Mengatakan 6 Kalimat Ini ke Dirimu Sendiri Kalo Ingin Sukses!

 

5. Gerakkan Tubuhmu

Source: www.petsecure.com.au

Saat kamu bergerak, kamu akan merasakan kesepian kamu mulai terangkat.

Berolahraga atau sekadar menggerakkan tubuh kamu bisa membantu perasaan kesepian kamu hilang juga. Saat kamu merasa kesepian, kamu akhirnya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan tentang apa yang kamu rasakan. Kesepian sering kali berhubungan dengan isolasi dan ketidakaktifan, jadi lawanlah perasaan itu dengan memaksa tubuhmu bergerak. Endorfin alami yang dilepaskan melalui olahraga membantu kamu merasa lebih baik, dan konsentrasi yang dibutuhkan selama gerakan fisik membantu mengalihkan pikiran kamu dari kesendirian.

Baca Juga: Lo Merasa Benar dengan 5 Pemikiran Ini, Girls? Siap-siap Jomblo!

Kamu bisa pergi ke gym, berlatih menari, mengajak peliharaan kamu berjalan-jalan, melakukan yoga, atau menggerakkan tubuh kamu dengan cara apa pun yang terasa terbaik bagi kamu. Saat kamu bergerak, kamu akan merasakan kesepian kamu mulai terangkat..