Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Kalian Mahasiswa Pengen Punya Penghasilan Tambahan? Coba 5 Pekerjaan Sampingan Ini Nih!

Aji Wibowo Apr 9, 2019 4:00 AM
5 pekerjaan sampingan yang wajib dicoba oleh mahasiswa

Menjadi seorang mahasiswa tentunya kita dituntut untuk jadi lebih mandiri dari sebelumnya. Salah satu hal yang mulai dipelajari pada fase perkuliahan adalah terjun menuju dunia kerja dan mencari pundi-pundi uang sendiri. Tapi, ngatur waktu antara kuliah dan kerja itu juga bukan hal yang simpel lo gengs!

Beberapa mahasiswa biasanya akan mencari uang tambahan khususnya bagi mereka yang merantau. Apalagi, mahasiswa itu punya pacar yang selalu ngajak nongkrong hampir tiap harinya. Nah, daripada kalian pusing cari ide, Dagelan.co punya saran nih untuk pekerjaan sampingan yang bisa banget dilakuin mahasiswa tanpa mengganggu fokus perkuliahan mereka. Cedikott!!


1. Penulis Lepas / Content Writer


Pekerjaan penulis lepasSource : Theimarketingcafe.com
Content Writer

Pekerjaan pertama yang bisa banget dilakuin oleh mahasiswa adalah menjadi penulis lepas. Jaman sekarang siapa sih yang ga kenal media online? Rasanya enggak ada deh. Kalian bisa cari info lowongan penulis online yang bertebaran di media-media sosial. Selain enggak ribet, pekerjaan ini biasanya juga bisa dilakuin di rumah. Kalian hanya perlu modal internet ataupun laptop untuk menunjang pekerjaan kalian. Untungnya juga lumayan kalo karya kalian banyak diposting oleh media yang bersangkutan. Simpel dan worth it kan guys?

Baca Juga: Dianggap Aneh, Pekerjaan Ini Justru Punya Gaji Selangit! Kalian Minat?


2. Guru Les Privat


Pekerjaan guru les privatSource : Kompasiana.com
Guru Les Privat


Mahasiswa tentu harus cerdas memanfaatkan kemampuan yang mereka punya. Nah, bagi kalian yang merasa cukup pintar menguasai pelajaran-pelajaran perkuliahan, kalian juga bisa loh nawarin jasa les kepada teman-teman kalian yang kesulitan mengerti materi. Selain berbagi ilmu yang sama-sama berguna, kalian juga bisa menentukan sendiri durasi waktu les serta gaji yang akan kalian dapatkan. Gampang juga kan?


3. Asisten Dosen


Pekerjaan asisten dosenSource : Youthmanual.com
Asisten Dosen

Enggak berbeda jauh dengan opsi di atas, kalian juga bisa loh nglamar menjadi asisten dosen di kampus kalian masing-masing. Selain menambah pengetahuan untuk proses perkuliahan, kalian juga bisa mendekatkan relasi dengan dosen yang memberi materi. Kalian akan bekerja dalam sistem yang jelas dan mendapatkan gaji yang biasanya juga tetap dari persetujuan awal. Selain itu, siapa tahu juga kalo nanti dosen kalian bakal jatuh cinta atau kasih kemudahan menuju kelulusan?

Baca Juga: 10 Tanda Kalo Elo Mahasiswa Baru


4. Event Organizer


Pekerjaan Event OrganizerSource : Mtievents.com
Event Organizer


Event Organizer adalah opsi pekerjaan sampingan lain yang bisa dilakukan mahasiswa dengan relatif mudah. Umumnya, Event Organizer akan mengatur acara-acara yang akan dihelat pada akhir pekan. Dengan akhir pekan yang biasanya diisi hari libur dari kampus, kalian bisa menggunakannya untuk mencari duit dong. Tapi, bagi kalian yang punya pacar, siap-siap nahan rindu ya buat ga ketemu. Gak bisa dipungkirin, pacar kalian akan sibuk dan nggak punya waktu untuk malam mingguan.


5. Ojek Online


Pekerjaan ojek onlineSource : Ridetime.ca
Ojek Online


Opsi terakhir yang bisa dilakuin oleh mahasiswa untuk cari duit adalah menjadi driver ojek online atau OJOL. Siapa sih sekarang yang kesulitan cari transportasi untuk kesana kemari? nah kalian juga bisa dong menjadi salah satu dari mereka untuk mengantarkan para penumpang. Tapi, pekerjaan ini butuh modal yang cukup besar gengs. Kalian setidaknya harus punya motor atau mobil untuk jadi sarana kalian bekerja nanti. Tapi kalo emang udah punya, ngapain malu untuk mencoba, lumayan lho dapetnya!

Baca Juga: Waduh! 2 Perusahaan Game Besar Lakukan PHK Besar-Besaran Selama Tahun 2019. Kenapa Ya?

Nah, itu gengs beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kalian lakuin sebagai mahasiswa. Selain bermanfaat, kalian juga bisa menambah uang saku tanpa harus lagi minta-minta ke orang tua. Dan yang paling kerennya lagi, kalian udah nyolong start untuk ngisi pengalaman kerja kalian sebelum nanti lulus dan menyandang gelar sarjana!