Jauhi 5 Sifat Ini Biar Gak Gampang Dimanfaatkan Orang Lain!

Manusia dikatakan mahluk sosial karena di dalam hidupnya gak bisa melepaskan diri dari pengaruh manusia lain. Selain itu, pada diri manusia ada dorongan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain. Ada kebutuhan sosial untuk hidup berkelompok dengan orang lain. Seringkali didasari oleh kesamaan ciri atau kepentingan masing-masing. Misalnya nih, orang kaya cenderung berteman dengan orang kaya. Orang yang berprofesi sebagai artis, cenderung mencari teman sesama artis. Begitu seterusnya.

Sudah kodratnya kalau manusia itu bertindak sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungan untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya demi kelangsungan hidup sejenisnya. Sebagai makhluk sosial siapa sih yang gak suka punya banyak teman?

Jumlah relasi atau teman sering dijadikan parameter untuk menentukan kualitas seseorang. Makin banyak hubungan yang terjalin, membuat kita dicap sebagai orang baik dan pintar berkomunikasi. Tapi kadang tanpa disadari, ada kalanya kalian berada dalam hubungan toxic atau racun. Ada kalanya beberapa orang mendekati kalian karena kalian mudah dimanfaatkan. Gimana caranya untuk menghindari hal kayak begitu? Yuk kenali lima tanda seseorang yang mudah dimanfaatkan orang lain. Jangan sampai kalian termasuk salah satunya ya.

 

1. Sulit membuat pilihan

Hindari sifat ragu, hal ini bisa bikin kalian gampang dimanfatkan oeh orang lain.

Pernah gak sih kalian merasa terjebak dalam pilihan yang sulit? Dalam hidup ini wajar kok kita merasa ragu. Bingung mau memilih yang mana ketika semua pilihan terasa layak dipertimbangkan. Tapi kalau perasaan ini muncul terlalu sering, kalian harus mulai waspada. Sulit membuat pilihan adalah salah satu tanda mudah dimanfaatkan orang lain. Hal tersebut bisa bikin kalian selalu bergantung pada saran orang lain dan gak berani membuat keputusan sendiri. Sesekali memang perlu mendengarkan saran orang lain. Tapi kalau terlalu banyak memberi akses, bisa-bisa kita jadi dikendalikan.

 

2. Punya Sifat Gak Enakan

Kalian gak harus selalu mementingkan urusan orang lain saat diri sendiri lebih butuh perhatian

Orang Indonesia terkenal dengan adat ketimurannya yang dinilai punya jiwa sosial tinggi, sering menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Tapi jangan disamakan dengan sifat gak enakan loh ya. Lain cerita dengan orang yang dikit-dikit merasa gak enak, sampai membuatnya kehilangan diri sendiri. Salah satu tandanya adalah sulit berkata tidak.

Kalian gak harus selalu mementingkan urusan orang lain saat diri sendiri lebih butuh perhatian. Jika rasanya sulit sekali menolak permintaan orang lain, jangan-jangan kalian sudah menjadi sosok yang mudah dikendalikan. Sikap gak enakan malah bisa jadi bumerang, awalnya berniat baik tapi lama-lama gak sadar sedang dimanfaatkan.

Baca Juga: Jangan Takut Keluar Dari Lingkaran Pertemanan Yang Memberikan Pengaruh Negatif

 

3. Mudah Terbawa Arus Trend

Orang yang mudah terbawa arus trend cenderung mudah dimanfaatkan oleh orang lain.

Menurut kalian, apa bedanya pribadi yang up to date dengan mudah terbawa trend? Sekilas terlihat sama saja, padahal prinsipnya beda jauh loh. Orang yang selalu tahu perkembangan terkini, biasanya hanya fokus pada pengetahuannya. Dia gak harus mengikuti atau terbawa pengaruh trend baru. Memang dia jadi kelihatan kekinian dan banyak tahu, tapi hal ini gak membuatnya kehilangan diri sendiri.

Lain halnya dengan orang yang mudah terbawa arus trend. Dia berusaha mengubah penampilan dan sudut pandangnya agar sama dengan orang kebanyakan. Kalau keterusan, bisa-bisa gak sadar nih kalau lagi dimanfaatkan orang lain.

 

4. Haus Pujian

Orang yang haus pujian cenderung sering mencari perhatian, hal inilah yang membuatnya mudah dimanfaatkan orang lain.

Punya sifat haus pujian itu merugikan banget loh. Kalau bisa sih ya, sifat satu ini dijauhin deh dari diri kalian. Selain dicap tukang cari perhatian, nantinya kalian jadi mudah dimanfaatkan orang lain. Asal dipuji sedikit, kalian akan melakukan banyak hal dengan senang hati. Sampai gak sadar diri bahwa sebenernya kalian itu hanya dimanfaatkan saja.

Baca Juga: Mengalami Hal Ini? Tandanya Lo Harus Move On Dari Mantan Sekarang Juga!

 

5. Sering Merasa Takut Gak Punya Teman

Pikiran takut gak punya teman ini bisa membuat kalian gak sadar sedang dimanfaatkan orang lain.

Hakikat manusia memang hidup sebagai makhluk sosial. Gak betah hidup sendirian, selalu butuh orang lain. Tapi kondisi ini gak boleh membuat kalian berpikir takut gak punya teman. Akan selalu ada orang-orang baik di sekeliling kita selama kita terus menyebarkan aura positif.

Pikiran takut gak punya teman ini bisa membuat kalian gak sadar sedang dimanfaatkan orang lain. Demi bisa berteman dengan dia, kalian rela melakukan apa saja. Mengikuti gaya hidupnya sampai mungkin gak sadar mengorbankan hal-hal berharga dalam hidup kalian.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Bersikap Baik Terhadap Musuh Kamu

 

Bersikap terlalu baik dan mudah dimanfaatkan kadang sulit dibedakan. Kalian harus lebih mawas diri nih. Coba renungkan sebentar, ada gak tanda-tanda di atas yang sering lo lakukan?

Mau komen? Klik di Sini Kuy!
Loading ...