Kata kunci pencarian harus 4 sampai 20 karakter

Jangan Ngaku Pecinta Pedas Kalau Belum Cobain Sambal Ini !

Nurus Sobah Dec 28, 2018 3:00 AM
Berbagai Macam Jenis Sambal Khas Indonesia

Buat orang-orang yang punya lidah asli Indonesia, pasti makanan terasa kurang lengkap kalau gak pakai sambal. Sambal ini seperti pelengkap hampir semua masakan yang gak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Indonesia sendiri kaya akan aneka menu sambal tradisional dari berbagai daerah yang diracik dengan cara unik.

Berikut ini adalah sambal-sambal khas di Indonesia yang bikin makanmu jadi lebih komplit. Ayo coba yang mana nih sambal favoritmu?

 

1. Sambal Bawang

Source: www.sajiansedap.grid.id

Sambal bawang dikenal karena rasanya yang segar dan super pedas.

Sambal ini walaupun terbilang sangat simpel namun sangat digemari oleh pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas. Sambal ini agak menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru makin membuat nikmat dan pedas. Rasa bawang putih yang kuat pada sambal ini akan semakin membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah rasa sambal ini semakin sedap sambal ini. Meskipun pedas dan pasti bikin menangis, sambal ini bakal bikin kamu ketagihan loh!

 

2. Sambal Dabu-dabu

Source: www.cookpad.com

Sambal dabu dabu paling cocok dinikmati dengan aneka seafood.

Untuk kamu yang berasal dari Manado, pasti udah kenal banget sama sambal yang satu ini. Sambal dabu-dabu merupakan sambal yang berbahan baku cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, garam, dan perasan jeruk nipis. Sambal satu ini bisa bikin mulut kalian ngerasain sensasi segar dan enak sekaligus. Sambal ini biasanya disajikan secara mentah, kalian gak perlu ngulek dan cukup diiris-iris kecil aja. Aneka seafood bakar cocok sekali dilahap bersama sambel nikmat ini.

Baca Juga: Pecinta Makanan Pedas, Berani Coba 5 Cabai Terpedas di Dunia Ini Gak?

 

3. Sambal Roa

Source: www.dream.co.id

Sambal roa merupakan sambal khas Manado.

Sambal ini temennya sambal dabu-dabu nih, andalannya orang Manado. Sambal dengan perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan kemudian dicampur tumisan bumbu khas, juga ditambah pelengkap bahan lainnya, membuat sambal yang satu ini spesial banget. Rasa sedap dan khas ikan roa ini benar-benar membuat sambal ini gak tergantikan deh.  Namun tenang aja, sudah banyak sambal roa ini yang dijual bebas di supermarket, mulai dari botolan hingga kaleng yang bisa tahan lama.

 

4. Sambal Tempoyak

Source: www.resepkuekeringku.com

Sambal tempoyak bisa dibilang unik karena ketika sambal lain menggunakan campuran bawang, sambal satu ini diolah dari daging durian.

Tempoyak adalah daging buah durian yang sudah difermentasi. Mungkin banyak yang merasa aneh ya, kok durian hasil fermentasi dijadiin sambal sih? Tapi ternyata sambal ini punya banyak penggemarnya juga loh, Guys! Untuk membuat sambal yang satu ini, durian perlu difermentasi selama satu minggu di dalam toples yang ditutup rapat. Setelah itu campurkan durian yang sudah difermentasi dengan sambal yang sudah diulek dan tumis. Rasanya? Pedas dan asin bercampur dengan asam dan manis dari durian bercampur jadi satu.

Baca Juga: Patut Dicoba, Inilah Makanan yang Bikin Kamu Tetap Awet Muda!

 

5. Sambal Korek

Source: www.id.tastemade.com

Sambal korek merupakan sambal khas Solo, Jawa tengah dan dikenal karena rasanya yang super pedas.

Berasal dari Solo di Jawa Tengah, sambal ini hanya terdiri dari empat bahan seperti cabai merah kecil, bawang merah, bawang putih dan garam. Bahan-bahan tersebut kemudian dicacah dan kemudian dicampur dengan minyak panas sebelum disajikan. Nama Korek secara harfiah berarti mengikis, yaitu bagaimana orang makan saus pedas super pedas ini. Mereka akan mengikis sambal sedikit demi sedikit karena terlalu banyak akan terlalu panas untuk dirasa oleh lidah.

 

6. Sambal Matah

Source: www.gotravelly.com

Sambal khas Bali satu ini dikenal segar karena diolah dari perpaduan serai, terasi, tomat dan bahan lainnya.

Sambal Matah adalah jenis sambal segar dari Bali yang pedas dan sekaligus menyegarkan. Ini adalah jenis sambal lain yang menggunakan bahan baku segar, termasuk cabai merah, cabai hijau, bawang merah, tomat hijau, serai, terasi (terasi), daun jeruk purut, dan air jeruk purut. Sambal ini adalah jenis sambal paling populer yang berasal dari Bali dan dapat ditemukan di hampir semua restoran Bali.

Baca Juga: Pecinta Bakmi Wajib Coba, 7 Rekomendasi Bakmi Enak dan Melegenda di Jakarta!