Kuliner Filipina emang gak setenar makanan dari negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia atau Thailand. Tapi, jangan salah Guys! Hal tersebut bukan karena makanan di Filipina gak enak. Hanya aja, memang masih banyak orang yang ternyata belum tahu tentang makanan yang ada di sana.

Untuk itu, kalo kamu berminat atau ada rencana untuk travelling ke Filipina, berikut adalah makanan unik khas Filipina yang patut kamu coba, Guys1 Yuk simak info lengkapnya berikut ini!

 

1. Lechon atau Babi Panggang

Source: wikimedia.org

Babi panggang adalah makanan pokok setiap kali ada perayaan di Filipina.

Babi panggang adalah makanan pokok setiap kali ada perayaan di Filipina, tentunya bagi kamu yang menganggap makanan ini gak halal ya gak patut dicoba. Makanan  satu ini kerap dihidangkan di acara seperti ulang tahun, Natal, Fiesta, dan Pernikahan. Pada kesempatan tersebut gak akan lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Lechon banyak disajikan ketika Natal, dan wajib memesan dua minggu sebelumnya ke penjual kalau gak mau kehabisan. Tapi makanan ini juga gak disarankan bagi yang punya tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

 

2. Dinuguan

Source: www.driftstories.com

Dinuguan menggunakan daging babi, tapi kadang-kadang juga menggunakan usus babi dan hati babi.

Dinuguan merupakan darah dan daging babi yang direbus dan dimasak pedas, dengan perpaduan bumbu bawang putih, cabai, dan cuka. Dinuguan biasa disajikan dengan nasi putih atau kue beras. Kamu bisa menambahkan santan dalam darah dan buat yang doyan pedas bisa menambahkan cabai. Dinuguan menggunakan daging babi, tapi kadang-kadang juga menggunakan usus babi dan hati.

Baca Juga: Berani Makan Kuliner Ekstrem dari China Ini? Ada Cakar Buaya Juga!

 

3. Gaya Adobo

Source: www.delish.com

Gaya Adobo adalah kuliner yang dibuat dari daging ayam atau babi yang direbus di dalam cuka.

Selain bisa ditemukan di Filipina, gaya adobo juga bisa ditemukan di negara-negara Amerika Latin dan bahkan Spanyol. Gaya Adobo di Filipina udah ada sebelum Spanyol menjajah Filipina pada tahun 1521. Dulu Orang Spanyol sering melihat orang Filipina memasak ayam atau babi dengan direbus dalam cuka, karenanya, mereka menyebutnya adobo (dalam bahasa Spanyol berarti bumbu). Ada dua bahan utama untuk adobo adalah ayam dan daging babi. Atau bisa menggabungkan yang biasa disebut BPA (ayam-babi adobo). Hampir semua orang Filipina tahu gimana memasak adobo.

 

4. Kinilaw

Source: nutriasia.com

Kinilaw adalah ikan tuna mentah yang dimasak dalam cuka.

Makanan satu ini bisa ditemukan hampir di setiap restoran yang ada di Mindanao, terutama di General Santos City di selatan Mindanao. Kinilaw adalah ikan tuna mentah yang dimasak dalam cuka. Jenis makanan ini mirip sashimi Jepang. Bahan-bahan lainnya adalah jahe, kalamansi (lemon lokal) jus, cabai kecil disebut siling labuyo, santan, dayap (buah lemon berwarna hijau) yang memberikan rasa asam yang berbeda, dan bawang. Atau bisa juga menambahkan daging babi panggang.

Baca Juga: Perlu Gak Sih Menganti Air Rebusan Mie Instan dengan yang Baru? Ini Penjelasannya!

 

5. Kakanins (Desserts Filipina)

Source: www.pinterest.es

Bibingka merupakan makanan khas penutup Filipina.

Makanan penutup khas Filipina ada banyak, diantaranya ada Bibingka yaitu kue beras lokal yang dipanggang dengan arang dan ditaburi dengan keju di atasnya. Hmm.. kebayang kan lezatnya kayak gimana?

 

Source: za.pinterest.com

Biko terbuat dari beras ketan.

Ada juga biko yang merupakan beras ketan yang dimasak dengan santan.

 

Source: panduanwisata.id

Halo-halo sejenis koktail buah dengan es dan susu.

Selain itu ada Halo-halo, koktail buah yang diracik dengan es dan susu gak jarang juga yang disajikan dalam batok kelapa.

 

Source: instructables.com

Puto

Serta Puto, kue beras yang disajikan dengan Dinuguan.

 

6. Bagaybay

Source: splatmanila.com

Bagaybay adalah istilah asli untuk telur laki-laki tuna

Bagaybay adalah istilah asli untuk telur laki-laki tuna. Dan bisa dimasak adobo-gaya atau panggang. Karena memasak dengan cara tersebut akan menghasilkan cita rasa lezat.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Indonesia Paling Diminati, yang Jenis Teh Favoritmu?

 

7. Kalderetang

Source: www.youtube.com

Makanan ini merupakan hidangan yang dibuat dari kambing dengan tomat, cuka, pasta, dan merica.

Makanan ini merupakan hidangan yang dibuat dari kambing dengan tomat, cuka, pasta, dan merica. Kentang dan wortel juga bisa ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Di Ilocos, sebuah provinsi di utara Filipina, mereka dapat memasak daging kambing dalam berbagai cara (panggang, goreng, dengan sup, dan lain-lain). Tapi dari semua itu, kambing Kalderetang masih favorit.

Baca Juga: Gak Suka Susu, Makan Makanan Ini Untuk Memenuhi Asupan Kalsium Kamu!