Hari raya Imlek sebentar lagi gengs! gak nyadar ternyata tinggal 4 hari lagi. Mumpung tanggal merah, ini adalah waktu yang tepat untuk traveling dan menyaksikan perayaan Imlek yang meriah. Nah kalo kalian semua bingung harus kemana, nih gue kasih tau beberapa kota di Indonesia yang paling meriah merayakan hari raya Imlek! Cekidot gengs!

1. Singkawang

hari raya imlek
Sumber: tritamarentcar.com


Singkawang merupakan kota yang langganan masuk tv ketika hari raya Imlek tiba. Tidak hanya diliput oleh televisi dan media dalam negeri, perayaan Imlek di Singkawang juga diliput oleh media mancanegara.

Di sana ada sebuah vihara bernama Budi Dharma dan sekitarnya merupakan tempat yang punya suasana dan aura seperti di Cina. Dan tiap tahunnya, Singkawang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara saat perayaan Imlek, malah sampe Cap Go Meh lho gengs! :D

2. Palembang

hari raya imlek
Sumber: koransn.com


Kamu juga bisa nih ngunjungin Palembang. Di kota ini kengkawan bisa puas banget nikmatin serunya rangkaian acara Imlek. Tempatnya itu di area Chinatown Dempo, Palembang, tepatnya di dekat vihara Padma Mula.

Dalam acara ini akan banyak dipenuhi dengan pertunjukan seni serta kuliner hingga bazar yang akan dibanjiri dengan pernak-pernik Imlek. Seru dah pokoknya! :D

3. Medan

hari raya imlek
Sumber: panduanwisata.id


Masih di Sumatera juga, kalian juga bisa mengunjungi kota Medan untuk menyaksikan kemeriahan perayaan Imlek. Disana, kalian bisa mengunjungi vihara terbesar di Indonesia yaitu vihara Maha Maitreya. Nama tempatnya aja udah "maha" kan? Apalagi benda-benda didalemnya gengs.. pasti gak kalah gede dah :D

4. Solo

hari raya imlek
Sumber: chic-id.com


Perayaan Imlek di Solo bisa dibilang paling unik dan Indonesia banget. Saat Imlek tiba akan ada banyak acara seperti karnaval budaya, umbul mantram, wisata perahu hias, hingga pesta kembang api.

Semua acara tersebut disatukan dalam balutan kegiatan Imlek khas kota Solo bernama Grebeg Sudiro, yang berkonsep paduan budaya Jaw dan Tionghoa. Dan ketika acara puncak tiba, akan ada kirab budaya yang berisi pameran kuliner khas balon, gunungan kue keranjang dan tak ketinggalan atraksi barongsai! :D

5. Semarang

hari raya imlek
Sumber: beritadaerah.com


Buat kalian yang akan ke daerah semarang, coba deh menuju kawasan pecinan Semarang. Di sana bakal jadi pusat perayaan Imlek di Semarang gengs. Gimana nggak? di Semarang itu total ada 11 vihara, 10 diantaranya ada di kawasan pecinan Semarang gengs!

Selain itu ada pula kegiatan berupa Pasar Imlek Semawis. Berbagai kegiatan seni dan budaya peranakan Tionghoa diselenggarakan dengan meriah disana. Di pasar ini, kengkawan juga dipuaskan dengan berbagai kuliner lezat seperti pisang plenet, nasi ayam, es puter hingga kue serabi! sabi gak tuh?? :D

6. Tangerang

hari raya imlek
Sumber: yellowpages.co.id


Buat yang berada di Banten, Tangsel dan sekitarnya, kalian bisa nih mengunjungi kawasan Cina Benteng, tepatnya di kelenteng Boen Tek Bio. Selain rame, kawasan Cina Benteng ini juga bersejarah loh gengs. Selain mengunjungi perayaan Imlek, kengkawan juga bisa menikmati kuliner khas Imlek, sambil duduk-duduk di pinggir sungai Cisadane. Kane banget! :D

7. Bogor

hari raya imlek
Sumber: google


Buat orang Jakarta yang mau ngadem dikit sambil liat kemeriahan Imlek, bisa nih mengunjungi kelenteng Hok Tek Bio di Jalan Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor.

Lebih sabi lagi kalo kita datengin juga tempat ini pas Cap Go Meh. Biasanya akan ada Cap Go Meh Bogor Street Festival yang berlangsung sangat meriah. Nah.. pesta pesta dah lu :D

8. Jakarta

hari raya imlek
Sumber: google


Nah buat orang Jakarta yang kejebak gabisa kemana-kemana, cobain dah naik Transjakarta ke arah Petak 9 Glodok, terus jalan dikit ke dalem, ketemu deh vihara Dharma Bhakti. Karena di Jakarta, sudah pasti gak kalah meriah dibanding kota-kota lain. Disini yang paling meriah adalah ketika teman-teman Tionghoa memiliki ritual melepas burung kembali ke alam liar. Wah seru banget deh, kalian harus liat sendiri! :D

Nah itu tadi 8 kota di Indonesia yang paling meriah merayakan Imlek? Ada yang pernah ke salah satu tempat diatas? Ceritain coba serunya kaya gimana di kolom komen! :D