Sudah bukan rahasia umum kalo seorang penjaga gawang, ato biasa disebut kiper, bertugas menjaga barisan terakhir pertahanan tim sepakbola. Bahkan, ada beberapa kiper yang jago banget dalam urusan ngejaga gawang, sebut saja nama Buffon, Casillas, De Gea dan masih banyak lagi. Namun ternyata gengs, ada loh beberapa kiper kelas dunia yang piawai menghalau serangan lawan sekaligus jago banget ngejebol gawang lawan. Siapa aja sih mereka? :D

1. Hans Jorg Butt

Kiper Kelas Dunia
cupofgoodhop.blogspot.com


Semasa bermain, Butt dikenal sebagai suksesor Oliver Kahn di Timnas Jerman. Namun saying, karir internasional Butt bersama Der Panzer tak terlalu moncer. Namun, eks kiper Bayer Leverkusen ini ternyata cukup piawai loh dalam mengeksekusi bola-bola mati. Total doi udah ngebukuin 32 gol dalam karir sepakbolanya :D

2. Dimitar Ivankov

Kiper Kelas Dunia
terceirotempo.bol.uol.com.br


Nama ini mungkin cukup asing buat kalangan bolamania. Namun jangan salah, legenda hidup sepakbola Bulgaria ini sukses loh mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 31 kali :D

3. Ren(195, 233) Higuita

Kiper Kelas Dunia
DailyMail.co.uk


Kiper nyentrik satu ini emang seorang entertainer sejati. Dulu pas doi masih aktif di lapangan hijau, Higuita kerap nyuguhin berbagai aksi menarik seperti akrobatik, tendangan scorpion bahkan ngebantu tim menyerang. Sebagai kiper kelas dunia, Higuita sudah mencetak 41 gol untuk klub dan 3 gol untuk timnas Kolombia. Wow :D

4. Jos(195, 233) Luis Chilavert

Kiper Kelas Dunia
Sportskeeda.com


Kiper bertubuh gempal ini emang jagonya bola mati. Doi bisa ngejebol gawang lawan lewat free kick maupun penalty. Bahkan tim nasional Paraguay juga ga segen nempelin ban kapten di lengan Chilavert. Total, pemain yang terkenal anti kompromi ini sudah menyarangkan 46 gol untuk berbagai klub yang dibela serta 8 gol untuk timnas Paraguay :D

5. Rogerio Ceni

Kiper Kelas Dunia
blogpontapeinicial.wordpress.com


Cuma doi nih gengs kiper yang bisa nyetak 131 gol sepanjang karirnya. Hebatnya lagi, Ceni ngebukuin golnya hanya di satu klub, Sao Paulo. Namun saying, kehebatan Ceni di level klub ga ngerembet ke timnas Brazil. Selama 10 tahun ngebela panji kuning biru, Ceni belom pernah mencetak satu gol pun :D