Halo kengkawan yang budiman! Kalian udah punya uban diusia muda? Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Emang sih rambu asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin. Hal ini biasanya terjadi di usia 40 tahun ke atas, atau karena faktor genetika dari lahir.

Banyak dari kita, para anak muda, yang gak sadar kalo udah memiliki uban diusia muda. Buat yang sadar kalo udah memiliki uban biasanya kita cuek dan membiarkan uban itu tumbuh. Nah, gua saranin kalian jangan cuek, karena apa? Karena ternyata tumbuhnya uban pada usia muda, sekitar 20-30tahunan merupakan indikator adanya penyakit berbahaya pada tubuh.

Waduhm serem juga ya gengs. Penasaran penyakit apa aja sih, yang di Indikasi oleh tumbuhnya uban pada usia muda? Kuy kita simak artikel ini ampe abis. Cekicroot!

1. Penyakit Jantung

uban diusia muda

Sumber: firefighterfurnace.com

Waduh, baru penyakit yang pertama aja udah bahaya banget ya gengs. Menurut para Ahli Jantung, tumbuhnya uban pada usia muda bisa jadi dikarenakan oleh fungsi jantung yang mulai melemah. Memang sih bukan gejala tahap awal, tapi gak ada salahnya kan untuk selalu waspada.

2. Akumulasi Peroksida (Pembusukan Rambut)

uban diusia muda

Sumber: express.co.uk

Yap, uban diusia muda bisa jadi karena rambut lu sudah membusuk. Biasanya, folikel rambut menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida. Namun, saat terakumulasi, rambutnya akan membusuk. Kondisi ini bisa diobati dengan senyawa UVB-activated, yang juga digunakan untuk gangguan pigmentasi kulit. Oleh karena itu selalu jaga kesehatan rambut ya gengs.

3. Kurangnya Vitamin D3 dan B12

uban diusia muda

Sumber: pinimg.com

Para ilmuwan ternama menemukan, bahwa kekurangan vitamin D3 menyebabkan hilangnya melanin (zat yang memberi warna pada kulit dan rambut). Hal yang sama berlaku untuk kekurangan vitamin B12. Kalo tubuh kehilangan vitamin D3 dan B12, maka daya tahan tubuh akan berkurang, sehingga penyakit mudah datang. Selalu jaga asupan vitamin ya gengs!

4. Penyakit Paru-Paru

uban diusia muda

Sumber: pinterest.com

Kalo lu seorang perokok yang berat, jangan kaget kalo diusia 20 tahunan lu udah memiliki uban. Sudah terbukti ternyata orang yang sering merokok berpotensi tumbuh uban diusia yang lebih muda. Nah, kalo udah sering merokok otomatis penyakit pada pari-paru dan pernapasan lebih mudah menyerang lu gengs.

Nah, itu dia gengs penyakit berbahaya diindikasi oleh uban diusia muda. Gimana masih cuek sama munculnya uban? Gua saranin sedari muda selalu jaga kesehatan ya gengs. Jangan males-malesan berolah raga dan menjalankan pola hidup sehat yaaw.